Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, Juni 01, 2013

Mari mendongeng..

Sudah menyiapkan dongeng untuk hari ini? Atau sama sekali belum mendongeng? Tenang saja, karena aku juga belum pernah mendongeng, karena memang belum menikah *bedoa dalam hati semoga cepat menikah*. Terus kenapa buat postingan tentang dongeng? Karena ini berkaitan dengan hobi sekarang , yang sedang aku nikmati, yaitu buat dongeng anak. Hobi ini tersulut karena lihat satu blog yang menampilkan dongeng anak yang seru, punya teman blog juga sih. Nah, saat itu, teringat semasa kecil yang sering mendengar dongeng dari kedua orangtua. Tetapi, bukan dongeng yang sering kita dengar, seperti kancil mencuri timun, timun mas, atau sejenisnya. Melainkan dongeng dari sebuah majalah anak-anak, yaitu Bobo. Suka dengan majalah yang satu ini, apalagi saat itu ingin menjadi Nirmala (yang pernah baca Bobo pasti tahu).

Sebenarnya apa manfaat mendongeng? Menurut pengalaman, karena memang waktu kecil suka dengerin dongeng. Mendengarkan dongeng bisa membuat imajinasi kita semakin tajam, misalnya, karena sangat mengidolakan Nirmala, kalau mendengar cerita tentang Nirmala, imajinasiku langsung "jalan" ketika Nirmala sedang membantu Oki dalam kesulitan. Selain itu, mendengarkan dongeng juga mempererat hubungan orangtua dan anak, karena memang orangtuaku keduanya adalah pegawai, jadi malam hari semua keluarga berkumpul. Jadi, mendongeng adalah kegiatan yang mendekatkan aku dengan orantua. Masih banyak sebenarnya manfaat dari mendongeng, karena mendongeng, aku rajin membaca buku, karena mendongeng, aku selalu mengeluarkan semua imajinasiku dalam bentuk tulisan.



BACA JUGA : MANFAAT MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP ANAK MELALUI CERITA




Bagaimana sih cara menulis dongeng? Kalau mendapatkan pertanyaan seperti itu, sepertinya sulit dijawab, hehehe.. karena aku masih baru dalam hal perdongengan, tapi karena membaca dongeng teman-teman, sepertinya menulis dongeng pastinya anak-anak banget, tidak ada percintaan layaknya orang kasmaran, boleh cinta, asalkan cinta kepada hewan, tanaman, teman, dll. Yang kedua adalah, selalu ada nasihat atau pesan moral di dalam dongeng, tidak hanya mengandalkan imajinasi yang kuat, tetapi ada pesan moral yang dapat diambil dari dongeng. Misalnya ; Jika kita sombong akan dijauhi teman, menfaat menanam pohon, dsb.

Nah, segitu dulu yang dapat aku share, jika ada ilmu lagi tentang dongeng, nanti aku share lagi ^_^
Berikut dongeng yang pernah aku tulis, masih sedikit sih, semoga terus konsisten untuk menulis dongeng. Jika ada saran, dengan senang hati aku menerima.

Dongeng Pelangi dan Hujan


Sebenarnya kurang sreg jika ini disebut dongeng, karena terlalu sadis, tetapi teman-teman banyak yang bilang dongengnya bagus, padahal niatnya bikin flash fiction . Mungkin cara bertutur kata layaknya mendongeng.

4 komentar:

  1. Sebenernya anakku juga suka kalau di bacain dongeng sebelum tidur Mba.cuma..akunya kadang keburu ngantuk duluan..hihi..tapi kadang suka ku bacain cerita2 pendek aja..dengan ku kasih pesan moral di dalamnya...pada anakku...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga mbak cerita pendek, di link yang aku sertakan, sepertinya ceritanya pendek :D

      Hapus
  2. Makasi mba, kebetulan saya lagi mau buat postingan semacem dongeng, walaupun bukan dongeng, tapi tulisan embak bisa saya terapin nih sepertinya. Mudah2an pesan moral yang coba saya sampaikan bisa tertangkap oleh yang membaca :D
    Makasi dan mari mendongeng hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. senangnya bisa berbagi ^_^
      mari mendongeng mbak :)

      Hapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)