Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, Agustus 28, 2013

Indonesia : InLove

Tag line (slogan) diciptakan agar nama tertentu (brand) dapat tertanam di benak hati setiap orang. Tag line juga menjadi pembeda antara brand yang satu dengan yang lainnya. Seperti halnya jika kita membaca tag line “Truly Asia” pasti kita akan menyebut tourism tag line of Malaysia, karena memang tag line tersebut sudah tertanam di benak kita, tidak akan tertukar dengan tag line dengan Negara lain karena setiap Negara memiliki tag line wisata yang berbeda. Lalu, apa tag line yang cocok untuk wisata setelah memiliki tag line wonderful Indonesia?

Menurut pribadi Saya, akan mengusulkan sebuah tag line yaitu “InLove”.

Apa arti dari InLove?

InLove Merupakan singkatan dari (In)donesia (L)ots (O)f (V)ariety (E)nter. Jika diterjemahkan dalam pengertian secara bahasa adalah Indonesia memiliki banyak variasi, kemudian arti kata “enter” merupakan gerbang masuk dari semua variasi wisata yang ada, kata “enter” juga dimaksudkan jika kita search tentang wisata Indonesia di Google, hanya ketik “tourism of Indonesia” kemudian tekan “enter” maka masuklah banyak informasi tentang wisata Indonesia.

Selain itu, jika diartikan secara umum, tanpa “membedah” singkatan InLove, akan terkesan romantis. Diharapkan semua wisatawan yang akan menikmati sejumlah tempat wisata di Indonesia akan jatuh cinta dengan Indonesia.

Apa latar belakang pengambilan tag line InLove?

Pertama, ketika mengunjungi Indonesia Travel, melihat begitu banyak kekayaan wisata Indonesia, Saya begitu kagum. Dan ketika menyorot ke bawah website tersebut, ada sejumlah kesan yang disampaikan beberapa wisatawan mancanegara ketika berwisata di Indonesia, terlihat juga artis mancanegara Gywneth Paltrow yang merupakan artis film. Di situlah tercetus, mengambil tag line yang beraroma film dan sisi romantis, maka memakai tag line InLove yang terkesan romantis dan seperti judul film. Romantis juga akan menimbulkan kesan yang nyaman dan ramah, jadi wisatawan tidak perlu khawatir untuk berwisata di Indonesia.

Saya pun ingin menyatukan semua tujuan wisata Indonesia dengan sisi romantis, lihat saja kisah candi prambanan, bukankah candi itu berkisah tentang kisah percintaan? Lihatlah pulau Bali, bukankah sering dijadikan lokasi film lokal hingga film mancanegara? Lihatlah banyaknya wisata bahari di Indonesia, bukankah juga banyak orang yang melangsungkan pernikahan di bawah laut? Tag line InLove mencerminkan semua itu.

InLove yang menunjukkan sisi romantis agar menyentuh hati wisatawan, menyentuh secara personal tiap wisatawan, tidak hanya hubungan antara wisatawan dengan tujuan wisata, melainkan hubungan personal dengan menyentuh kenangan yang diciptakan saat berwisata di Indonesia, seperti “Aku pernah berbulan madu di Raja ampat, dan sangat menyenangkan menyelam di sana” maka akan banyak cerita yang diungkapkan saat berbulan madu di Raja ampat, tentunya dengan harapan wisatawan akan kembali lagi ke Indonesia.

Ide tag line ini juga tercetus ketika melihat banyaknya kaos yang bertuliskan cinta akan daerahnya masing-masing seperti : I Love Bandung, I Love Surabaya dan sebagainya. Maka dalam segi marketing, untuk penjualan souvenir, dapat menciptakan souvernir kaos atau yang lainnya yang tentu saja dengan menonjolkan sisi romantis.



Apakah tag line tersebut cocok untuk Indonesia? Apa bedanya (keistimewaan) tag line tersebut dari keistemewaan Negara ASEAN yang lainnya?
Tag line InLove cocok untuk wisata Indonesia. Karena melihat banyanyak (Variety) wisata di Indonesia, maka diperlukan tag line yang dapat mencerminkan semua wiasata yang ada di Indonesia. Saya mengusulkan InLove sebagai “Tourism tag line of Indonesia”.

Keistimewaannya adalah menyentuh dalam sisi personal wisatawan, dan jika mendengar kata “InLove” akan terkesan romantis, nyaman dan tentu saja ramah. Keistimewaan yang lainnya adalah unik. Disebut unik karena memadukan kata “Indonesia” dengan “Love” menjadi InLove. Tentu saja “Love” ada kepanjangannya yang telah Saya jelaskan di atas, atau boleh saja menterjemahkan dengan kata “Love” itu sendiri.

Apa harapan akan tag line InLove?

Harapan Saya dalam tag line tersebut, wisatawan dapat mencintai Indonesia, tak sekedar hanya sebagai tujuan wisata. Tetapi juga mencintai dalam artis luas, mencintai kebersihan, mencintai kelangsungan hidup lingkungan lokasi wisata Indonesia.

Membuat penasaran. Dengan tag line InLove yang seperti judul film, akan menarik perhatian masyarakat mancanegara, setelah mereka search apa itu InLove, berharap semakin membuat keinginan untuk berwisata ke Indonesia.

Menciptakan peluang bisnis. InLove, tag line yang tidak memakan tempat jika di cetak di kaos, mug atau yang lainnya. Juga berharap kepada insan perfilman Indonesia yang dari tahun ke tahun film Indonesia juga semakin berkembang, akan mencetuskan ide untuk membuat film yang berjudul “InLove”.

InLove = (In)donesia (L)ots (O)f (V)ariety (E)nter


Yuk, melihat Indonesia dalam sisi romantis.


2 komentar:

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)