Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, Agustus 24, 2013

Online Shop? Lebih baik pakai gambar milik sendiri

Ternyata sebuah masalah membuat kita lebih awas dalam melangkah, karena aku kira aku ini mahkluk kecil yang mungkin biasa-biasa saja dalam hidup alias gak neko-neko, jalan sesuai koridorNya. Tapi ternyata sang pencipta masih mencintai aku agar aku lebih serius mungkin lebih WASPADA tentunya. Memang sekarang bahkan dari beberapa tahun lalu menggeluti dunia jual beli dan semakin menekuni dunia itu. Akhirnya juga aku menggeluti dunia online shop

Mengapa harus online shop?

Pertama kali, memang bukan secara langsung terjun ke dunia online shop. Pertama kali merintis ya sebagai dagang kecil-kecil di sekolah dan ternyata keterusan sampai kuliah meskipun saat kuliah barang yang aku jual sudah “berat” alias jualan baju (reseller) bahkan jualan pulsa juga pernah, lebih laris karena sangat dibutuhkan oleh teman-teman mahasiswa. Barulah saat lulus sudah merencanakan untuk membuka online shop karena melihat celah yang sangat tepat untuk membentuk sebuah jaringan, meskipun juga banyak pesaingnya.

Niat saat itu tidak hanya agar dapat uang dari berjualan, tetapi ingin menyerap tenaga kerja yang tujuan akhirnya juga meningkatkan taraf hidup pekerjaku, semoga terlaksana. Amin.



BACA JUGA : ONLINE SHOP BERKONSEP MALL




Untuk cerita lengkap tentang perjalanan online shop yang aku punya, dibahas next postingan saja ya, atau lebih Tanya ke aku yang lebih personal. Aku di sini memposting untuk salam kenal dengan salah satu online shop (selebihnya aku menyebut si “ITU”) karena suatu kejadian, aku mengenal si “ITU”.



 Sesama online shop yang berjualan di area yang sama seharusnya diperlukan sikap saling menghargai. Sikap saling menghargai bisa dalam bentuk tidak menggunakan gambar online shop yang lain.

Tapi kan kata si “ITU” dapat gambarnya dari distributornya :

Aku menjawab : aku sudah kepo akun twitter si “ITU” dan ternyata melihat followernya juga banyak, kemungkinan follower membeli sebuah produk dari si “ITU” kemungkinan juga banyak yang order. Masak sih harus pakai foto dari distributor mulu? Sampai kapan sih pakai gambar dari distributor?

Ingat! Customer lebih suka gambar yang asli (di foto sendiri) daripada nyomot dari gugel *eh, maksudnya dari distributor*. Ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dari si customer ke pedagang, menghindari dari tipu-tipu dan bertujuan juga meyakinkan jika “aku benar-benar jualan produk ini”.

Jika si “ITU” menggunakan sistem dropship dari distributornya, yang kemungkinan besar tidak “menyentuh” barang yang dijualnya karena pengiriman ke costumer langsung dilakukan oleh distributor, mbok ya sekali-kali membeli produk yang dijual, nggak ada salahnya membeli sendiri produk yang dijual bertujuan nantinya jika ada costumer yang bertanya tentang rasa, perbandingan produk yang si “ITU” jual dengan produk lainnya (oiya, dalam kasus ini adalah aku dan si “ITU” sama-sama menjual cemilan.



Harusnya complain ke distributor bukan ke si “ITU” (kata si “ITU”)

Aku menjawab : loh, aku kebetulan menemukan gambar aku yang dipakai saat si “ITU” berpromosi. Maka aku coba berkenalan dengan si “ITU” agar tidak mengulangi perbuatannya.

Lain lagi kasusnya jika aku ketemu gambar jualanku di pakai untuk berpromosi yaitu si distributornya, pasti aku akan mengajak berkenalan juga.

Dari kejadian ini aku mengambil pelajaran agar lebih WASPADA, kali ini dan untuk seterusnya, akan memakai watermark yang seGEDE gaban, karena waktu dulu aku menggunakan watermark berwarna putih cenderung transparan.

Semoga sakit hatiku akan segera berkesudahan dan gambar yang sudah beredar dari si “ITU” anggap saja sebagai amal agar bisnisku untuk ke depannya. Amin.

Oiya, sengaja tidak publish gambar produk mana yang jadi perbincangan perkenalan ini, karena memang postingan ini bertujuan untuk berkenalan dan semoga ada tanggapan positif dari si “ITU”. Postingan ini tidak ada niat untuk berpromosi secara terselubung, jadi kalau ada yang penasaran online shop aku itu apa dan bagaimana, Tanya secara pribadi aja ya ^_^

2 komentar:

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)