Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, September 01, 2013

If I...

Laos merupakan salah satu anggota ASEAN yang bergabung pada tanggal 23 Juli 1997. Pemerintahan Laos termasuk sebagai Negara komunis, meskipun sekarang dapat mengizinkan perusahAn swasta untuk berdiri dan beroperasi di Negara tersebut. Kepala Negara adalah Presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Laos merupakan Negara yang diselimuti hutan lebat yang kebanyakan bergunung-gunung, di mana salah satunya yang tertinggi adalah Phou Bia. Laos juga memiliki beberapa dataran rendah dan dataran tinggi. Sungai Mekong membentuk sebagian besar dari perbatasannyadengan Thailand, sementara rangkaian pegunungan dari rantai Annam membentuk sebagian besar perbatasan timurnya dengan Vietnam, penyebab inilah salah satu penyebab jika banyak yang beranggapan jika Laos tenggelam di bawah bayangan-bayang Negara ASEAN yang semakin maju, khususnya Negara tetangga Laos yaituThailanD dan Vietnam.

Seiring berjalannya waktu, Laos sudah membuka diri untuk bekerjasama dengan dunia internasional, khususnya Negara anggota ASEAN. Jika saya merupakan Negara Laos investasi yang saya lakukan adalah :



Thailand

Merupakan salah satu Negara tetangga dari laos. Karena sebelumnya pernah ada wacana berupa pembangunan rel kereta api. Maka saya akan mempercepat pekerjaan pembuatan rel kereta yang menghubungkan antara Vientiane dengan jalan besar yang ada di Thailand. Dengan perbaikan infrastruktur berharap dapat mempermudah akses perdagangan antara Laos dengan Thailand.investasi melalui infrastruktur merupakan langkah yang tepat, karena produk-produk dari Thailand banyak yang menggempur Negara Laos, dengan perbaikan infrastruk akan meningkatkan daya saing terhadap produk lokal (Laos) untuk di ekspor ke luar negeri (Thailand). Selanjutnya, sasaran infrastruktur hingga ke desa-desa hingga desa terpencil sekalipun, agar pemerataan pendapatan tak hanya berpusat kepada kota-kota besar yang ada di Laos, namun juga dapat dinikmati oleh desa-desa.

Indonesia

Saya (Negara Laos) akan melakukan investasi ke Indonesia, yaitu melakukan konversi binatang. Karena kehidupan binatang terutama kebun binatang di Indonesia kurang terawat, karena Laos diselimuti oleh hutan lebat dan ternyata banyak terdapat hewa, kesempatan ini dapat sebagai konversi dalam kehidupan hewan, agar bangsa Indonesia banyak melakukan riset untuk kelangsungan hewan yang ada di kebun binatang maupun hewan yang ada di hutan Indonesia. Sebagai timbal baliknya, perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia yang terkenal pesat dalam perkembangannya dapat mendirikan perusahaan telekomunikasi di Negara Laos. Menguntungkan bagi kedua Negara tersebut, Indonesia dapat memperluas jaringan pasar dan Laos dapat memperbaiki sistem komunikasinya dengan adanya jalan untuk mempermudah komunikasi dapat meningkatkan perdagangan yang ada di Laos, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Vietnam.

Vietnam juga merupakan Negara tetangga Laos, namun sejarah hubungan Laos dengan Vietnam kurang harmonis karena adanya perang saudara di Laos. Maka, investasi yang dilakukan adalah hubungan politik terlebih dahulu, diplomatic politik yang dilakukan adalah adanya pendekatan berupa konferensi maupun adanya perjanjian-perjanjian yang disepakati oleh kedua Negara tersebut. Jika hubungan politik telah berangsur pulih, maka langkah yang dilakukan adalah memperluas perdagangan berupa barang tambang yang dimiliki oleh Laos. Sektor pertambangan biji besi yang digunakan sebagai bahan utama untuk barang-barang keperluan rumah tangga sebagai komoditas ekspor yang dilakukan oleh Laos. Sebenarnya banyak Negara yang dapat diekspor selain Vietnam. Seperti Negara RRC (Republik Rakyat China) atau bahkan ekspor untuk Negara anggota ASEAN.

Malaysia.

Negara yang berupa Negara persemakmuran dan banyak etnis yang dapat hidup berdampingan di Malaysia (India, Melayu, Peranakan). Laos dapat berkerjasama dalam bidang pariwisata. Mempromosikan pariwisata dengan cara menggelar kesenian yang berkolaborasi dengan festival yang ada di Malaysia. Media Laos yang telah menerbitkan surat kabar berbahasa asing ( Vientiane Times) dapat ikut peran serta dalam mempromosikan pariwisata Laos, maupun dapat memperluas jaringan dengan mendirikan kantor cabang di Negara Malaysia. 
Untuk investasi diplomatik antara Laos dengan Negara ASEAN lainnya, seperti halnya kerjasama antara Vietnam yaitu perdagangan hasil pertambangan yang memang merupakan sumber utama dari Laos, mineral dan biji besi sangat dibutuhkan oleh Negara-negara berkembang maupun maju seperti Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, dan Myanmar. Pertambangan yang dihasilkan oleh Negara Laos merupakan bukti investasi yang bisa diharapkan untuk perkembangan Laos karena pertambangan sudah diekspor ke RRC.
Diharapkan dengan adanya investasi diplomatik dapat meningkatkan daya jual Laos di dunia internasional khususnya aggota ASEAN, meskipun letak geografi Laos yang sangat berdekatan dengan Vietnam dan Thailand (Golden Triangel) dan demografi yang merupakan salah satu faktor penghambat peran aktifnya sebagai anggota ASEAN dapat membuktikan bahwa apa yang dilakukan Laos (investasi diplomatik) semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk dan pemerataan infrasturktur.




SUMBER :
ASEAN
Ministry of ForeignAffairs of Lao PDR 
KBRI-Vientiane

Wikipedia (Laos)

2 komentar:

  1. Selama ini Laos emang kurang terdengar ya. Pdhl potensinya tak kalah dgn negara anggota ASEAN yg lain.
    Temanya #10daysforASEAN berat2 ya.. Salut bgt buat yg ikutan, tulisannya keren2.. ^^

    BalasHapus
  2. kira-kira apa ya yang cocok investasi dari laos ke indonesia atau sebaliknya?

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)