Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, Oktober 17, 2013

Wonderful Indonesia di Ujung Jari

Pada perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, merupakan pertanda jika masyarakat merupakan masyarakat informasi, mudahnya mendapatkan informaasi dan ditunjang oleh gadget semakin hari semakin berinovasi, membuat kita “haus” akan informasi. Mendapatkan infornasi tidak perlu menunggu lama, karena semua informasi berada dalam genggaman kita. Dunia hanya berada di ujung jari. Penduduk dunia maya atau bisa disebut Netizen, selalu memanfaatkan dunia maya untuk memenuhi kebutuhan akan rasa “haus” informasi. Hanya dengan mengetik beberapa kalimat di mesin pencari, semua informasi yang dicari akan segera tersaji dengan cepat. Tak terkecuali untuk mencari sebuah informasi salah satu Negara, apa lagi kalau bukan mencari tempat wisata suatu Negara. Diperlukan sebuah situs sebagai sumber informasi pariwisata suatu Negara, tentu saja situs tersebut harus official (resmi) agar informasi yang disajikan dapat dipercaya kebenarannya. Indonesia travel, merupakan situs resmi informasi pariwisata Indonesia. Selain merupakan situs informasi, Indonesia travel merupakan salah satu cara mempromosikan pariwisata Indonesia melalui dunia maya. Bisa jadi, Netizen luar Negeri tertarik ke luar Negeri, dengan adanya situs Indonesia travel dapat membantu Netizen mencari informasi tentang pariwisata Indonesia sebanyak mungkin

Saat mejelajah situs Indonesia travel, terkesan dengan desain web yang simple namun berasa “Indonesia banget” karena ada slide-slide foto pariwisata di Indonesia. Tetapi saat scroll ke bawah, agak terganggu dengan tulisan “headline” dan “event”, terkesan 'penuh' kurang sedap dipandang karena memang banyak tulisannya, padahal di sudah cantik dengan adanya slide. Jika harus ada “headline” dan “event” web Indonesia travel itu terasa update, lebih baik ada tulisan berjalan di header, atau bisa dijadikan sebagai sub menu. Link share yang berada di pojok kanan bawah, saya rasa tidak perlu, terkesan link share yang seperti itu adalah link gratisan dan sudah umum dipakai di blog, jika di pakai di web Indonesia travel yang internasional terkesan murah alias kurang elegan. Padahal sudah cukup tombol share itu terletak di dalam postingan. Keaktifan di sosial media, cukup aktif dengan sering berinteraksi dengan follower, tidak ada waktu jeda yang terlalu lama untuk mengisi konten di twitter dan fanpage facebook. Informasi konten, sangat menarik karena bukan hanya informasi tentang tempat wisata saja, tetapi juga berbagai macam kegiatan (festival, expo, dll). Kelengkapan destinasi, tampak lengkap dengan adanya sub menu yang berisi informasi tempat wisata seluruh Indonesia. Update news, sering saya temui berita yang update di twitter Indonesia travel , karena memang follower juga banyak dan aktif twit tentang quiz atau game, juga retwet tentang kegiatan pariwisata followernya, berasa "hidup" jika menyimak twitter Indonesia travel . interaktifitas. Antara situs, media sosial (twitter, fanpage facebook) saling melengkapai, yaitu konten twitter disajikan secara real time, fanpage facebook disajikan secara general karena banyak sekali mengupload gambar destinasi pariwisata yang menimbulkan kekaguman, sedangkan web menyajikan konten sesuai dengan jadwal kunjungan wisata. Jadi tidak terasa kejar-kejaran untuk mengetahui update Indonesia Travel. Yang terakhir yaitu Quiz. Pernah ikut Quiz dan membuat saya senyum-senyum sendiri karena skor saya sangat rendah, karena memang kurang akan wawasan tentang pariwisata Indonesia. Jadi, dengan adanya Quiz sekaligus membuat saya belajar tentang pariwisata.



BACA JUGA : INDONESIA ANDROID KEJAR




link share atau mungkin bisa disebut dengan widget share, saya rasa tidak perlu dicantumkan (tanda berwarna kuning)


headline dan event yang berada di halaman utama (home), saya rasa tidak perlu, karena terkesan "penuh".  Halaman utama lebih bagus hanya menampilkan slide saja.


Saran saya adanya pengurangan beberapa widget yang saya rasa kurang perlu (link share) agar web tampak simple dan tidak terkesan murah. Dan yang terkahir saran saya, ditambah dengan widget wish list. Widget ini sering saya temukan di situs buku online, yang pada saat buku out of stock atau ingin order buku lama dapat mengisi wish list tersebut. Mengapa tidak situs Indonesia travel menggunakan juga wish list untuk menampung seluruh informasi tempat wisata yang belum tercatat di situs Indonesia travel, dan dengan adanya wish list dapat segera diproses lebih lanjut jika ada tempat wisata yang belum tercatat di Indonesia travel.

Referensi sebagai pebanding situs Indonesia travel adalah situs Filipina travel, yang memang agak mirip dengan desain web Indonesia travel. Namun, Filipina tampak simple dan ringkas tidak terkesan “penuh” dalam situs Filipina travel.

halaman utama Philipines tourism

9 komentar:

  1. wah, kebetulan sekali lagi cari refrensi situs tentang traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan... :)
      main2 aja ke indonesia travel :)

      Hapus
  2. Ulasannya bagus, Mak.
    Ada saran dan kritiknya.
    Semoga sukses kontesnya, Mak ^^

    BalasHapus
  3. eh ini ikutan kontes toh? keren dah, disertai pembandingnya dgn situs filipina travel..semoga sukses yaa ^^

    BalasHapus
  4. mampir dulu deh kesana, sekalian lihat2 :)

    BalasHapus
  5. olla~
    aku baru tahu ada situs ini >.<
    mau lihat-lihat ah...
    sepertinya menarik...

    hoho.. sukses buat mbak e :)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)