Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, Januari 24, 2014

Gula Aren Bukan Gula Jawa

Bagi Ibu - Ibu atau wanita muda yang doyan ke dapur untuk masak, enggak asing dong dengan berbagai bumbu dapur apalagi untuk penyedap rasa untuk ditambahkan aneka sajian. Garam dan gula merupakan penyedap rasa yang paling utama. Kalau enggak ada salah satu dari garam atau gula, rasanya kurang mantap. Tetapi fungsi lain dari gula, tbukan hanya sekedar penyedap, melainkan sebagai pemanis aneka minuma, dessert ataupun jajanan. Yang aku tahu jenis gula yang biasa aku pakai adalah gulan pasir (yang bentuknya butiran halus berwarna putih) dan gula jawa (gula merah).

Kalau gula pasir tentunya sudah umum ya, tetapi kalau terus - menerus mengkonsumsi gula pasir, juga tidak bagus bagi kesehatan apalagi rasa manisnya yang berlebihan bisa berdampak buruk untuk kesehatan (contoh umumnya adalah terkena diabetes), yang sering diet (biasanya kalangan wanita) juga sering menghindari yang namanya gula. Sama seperti gula pasir, gula jawa juga biasanya sering digunakan sebagai pemanis, tetapi aku sering melihat kalau gula jawa sering dipakai sebagai pelengkap jajanan pasar. Biasanya sebagai saos klepon, cenil, ketan. dan juga sebagai isian kue putu. Rasa manis gula jawa lebih legit dan cocok untuk jajanan pasar.



BACA JUGA : TIPS PHOTOGRAPY UNTUK PEMULA




Eh, sekarang jenis gula enggak hanya ada dua, yaitu gula aren. Aku tahu gula aren karena pernah sih di supermarket yang cukup besar di Surabaya. Aku kira gula aren adalah gula jawa, hanya beda namnaya saja. Saat itu melihat gula aren bentuknya kecil - kecil bulat. Secara fisik memang sama, berwarna merah. Tetapi kalau dilihat lebih dekat, sebenarnya gula aren dan gula jawa itu berbeda. Gula jawa memiliki warna merah yang lebih gelap. Sedangkan gula aren memiliki warna merah yang lebih cerah. Membeli gula aren (yang disangka gula jawa) untuk dicampur dengan wedang jahe. Secara warna dan rasa juga agak beda ya. Kalau gula merah dicampur ke dalam minuman, minuman tersebut akan berubah warna menjadi pekat. Tetapi jika gula aren, agak keruh (merah pucat). Kalau secara rasa juga lebih manis gula jawa. Dan dari situlah tahu kalau salah membeli gula (harusnya membeli gula merah, eh beli gula aren).

Gula merah dan gula aren ini memang seperti pinang dibelah dua, kembar tetapi ya enggak kembar. Dari asal - usulnya saja sudah beda. Kalau gula merah berasal dari nira Pohon Kelapa, kalau gula aren berasal dari nira Pohon Aren.

Pohon Aren (credit : www.gulaorganik.com)
Arenga Plam sugar merupakan suatu brand yang berkecimpung dalam dunia pemanis sehat yaitu gula aren. Produk Arenga adalah organic plam sugar (gula semut organik). Organic plam sugar merupakan pemanis alami tidak mengandung zat kimia sintetis maupun pewarna buatan. Dimulai dari sejak penyadapan nira aren sampai proses pembutiran gula yang disebut juga gula semut aren (plam zuiker).

Banyak kelebihan dari Arenga organic plam sugar , yaitu :
  • Rendah Kalori (cocok buat diet)
  • Kaya akan mineral.
  • Selain kalsium, magnesium, kalium, terdapat juga protein dan serat.
Kalau sudah melihat kelebihannya, pasti tergiur untuk mencoba Arenga organic plam sugar. Apa yang membedakan brand Arenga dengan produk lainnya ? 
  • Praktis. memakai gula aren kini tidak lagi perlu mencincang, mencairkan dan menyaring terlebih.
  • Berbutir halus seperti gula pasir, Arenga Organic Palm Sugar  mudah larut dalam teh, kopi, susu, coklat,cereal dll.
  • Dibuat dari nira aren bermutu,  Palm Sugar Arenga berbau harum dengan kompleks rasa yang unik . Cocok digunakan sebagai bumbu masak seperti kari, gulai, sayur asem, gado-gado dll.
  • Sejak ratusan tahun lalu ramuan herbal Indonesia sudah menggunakan gula aren sebagai penguat khasiat dan pemanis.

Selain dalam bentuk gula semut, Arenga Organic  juga berupa gula aren cair atau sirup gula aren.

Berbagai bentuk Arenga organic plam sugar. (credit)

Dengan kemasan dan bentuk yang berbeda - beda, akan memudahkan kita untuk mengkonsumsinya.

Masih bingung digunakan apa saja organic plam sugar? Cocok untuk dicampur dengan teh hitam, saus pempek atau yang suka minum jamu tetapi sedikit "tersiksa" dengan rasanya yang pahit, bisa menambahkan Arenga organic plam sugar

Jika ingin membeli produk Arenga bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, yang disesuaikan dengan berbagai kemasan yang tersedia, yaitu :

Kemasan retail : 
  • Organic Plam Sugar kemasan 225 gram.
  • Liquid plam sugar terdiri dari panda, original, durian dan nangka (segar buat minuma di siang hari).
Arenga kemasan bulky 

Selain produk organic plam sugar. Arenga juga memproduksi madu hutan (Arenga Madu Hutan Mentah, Arengan Madu Hutan Anak, Arenga Madu Hutan Super, dan Arenga Madu Hutan Propolis).


Yuk, membiasakan hidup sehat dari yang kecil , yaitu menjaga asupan gula yang kita konsumsi.

Ikutan menulis tentang pemanis sehat yuuuuuuk..

2 komentar:

  1. ooh ada madunya juga ya, aku mau lihat ah harganya :)

    BalasHapus
  2. Langsung aja ya mbak, kalau gl merah yg ada rasa sdkt gatal (jw:serik) itu gl aren apa gl kelapa mbak? Trus gimana cara menghilangkannya ya? Saya trmsk pencinta gl merah tp srng kecewa dgn rasa serik ini. Tk bgt mbak sari

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)