Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, Januari 22, 2014

Secuil Kampung di Perkotaan

Bingung juga ketika Lebaran atau ada acara keluarga, tetangga selalu bilang "Mau pulang kampung ya?". Cuma bisa senyum manis bak bidadari aja. Mau dijelasin, tapi kok ya nanti panjang kali lebar jelasinnya. Beneran, aku enggak punya kampung, sedih ya. Ceritanya begini, Nenek dari Bapak berasal dari Bondowoso, Jawa Timur. Rumahnya cukup dekatlah sama kota, jadi ya enggak terlalu pelosok gitu. Sekarang malah jarang banget ke Bondowoso, karena kedua orangtua Bapak sudah meninggal, kalau ada acara kumpul keluarga, biasanya ya ke saudara Bapak, dan lokainya juga masih di Surabaya dan Jakarta. Nah loh, masa sih pulang kampung malah ke Jakarta?. Kalau mencari secuil rasa "kampung" enggak mungkin kalau tujuannya liburan ke saudaranya Bapak.

Lain halnya dengan Mama, yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Nah, emang kota Tegal bener - bener jauh dari kebisingan dan semrawut kota Surabaya. Jadi adem dan betah kalau di rumah Nenek yang di Tegal. Eh, tapi itu dulu. Tegal berubah secara drastis, di depan rumah Mbah Uti biasanya masih tanah kosong, sekarang sudah berjubel perumahan. Dulu yang identik kalau lebaran pulang kampung adalah pulang ke Tegal, sekarang ya sama saja kota Tegal yang ramai. Ya mungkin itu adalah suatu bentuk kemajuan kota Tegal yang dinamis dalam pertumbuhan ekonomi. Sayangnya, waktu Tegal masih memiliki suasana kampung, aku belum sempat mengabadikan dalam bentuk foto. Aku kira Tegal enggak akan berubah, tetapi ternyata berubah pesat. Dulu juga belum punya kamera nih, jadi ya menyimpan Tegal waktu dulu hanya dalam ingatan saja, paham? *bagi - bagi tustel satu - satu*.




BACA JUGA : LIBURAN DI JAKARTA




Sejak ada event Malang Tempo Doeloe. Aku bela - belain loh untuk datang event tersebut, karena memang di sana terdapat suasana tempo doeloe. Kerajinan tangan, kuliner khas tempo doeloe, dan pertunjukkan hiburan masyarakat (wayang, jaranan, dll). Pastinya kalau ke sini harus berburu jajanan tempo doeloe. Mura, Enak dapat Banyak, Hati Senang!!


Postingan ini diikutsertakan dalam Turnamen Foto Perjalan #34 Kampung

4 komentar:

  1. Hihiihi, seperti saat aku kecil, kalau lebaran mudiknya ke jakarta, karena Mbah tinggal di sana :D. Sekarang masih mending, kalau mudik nebeng suami ke kampungnya di Tasikmalaya.

    BalasHapus
  2. Wiiii... semoga jadi host selanjutnya yah Mbakkk...

    BalasHapus
  3. Suasana tempo dulu dapet juga ya mbak...

    BalasHapus
  4. saya jg ga pernah pulang kampung.. smua leluhur org bandung :))

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)