Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, Februari 17, 2014

Cara Mengamankan Dokumen Penting

Selamat hari Senin. Senin semangaaaaaat. Bagaimana kabarnya? Sudah normal kembali kesibukkan seperti biasa atau ada yang lagi super duper sibuk karena bersih - bersih debu vulkanik atau bagaimana? Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya...

Kalau berbicara tentang musibah, pasti masih ingat tentang musibah di Kediri pada tanggal 14 Februari 2014. Namanya juga musibah, datangnya tiba - tiba. Tiba - tiba banjir bandang, tiba - tiba di luar rumah penuh abu vulkanik, tiba - tiba bumi berguncang. Tak ada satu pun dari kita yang ingin terkena musibah. Maka dari itu, banyak yang melakukan persiapan untuk meminimalisasi dampak musibah apalagi musibah yang datangnya dari alam, suka datang tiba - tiba. Ada yang membersihkan saluran air, ada yang memperbaiki tanggul dan lain sebagainya.



BACA JUGA : TIPS MEMBELI MESIN JAHIT UNTUK PEMULA



Nah, aku ingin memberi tips yang sederhana yaitu cara mengamankan dokumen penting. Cara ini aku lakukan karena banyak mendengar kalau orang - orang sekitarku (tetangga, teman maupun saudara) kehilangan STNK atau KTP. Entah lupa disimpan dimana tau memang benar - benar hilang. Karena kejadian tersebut, ingin sekali berjaga - jaga untuk diri sendiri dan ketika musibah itu datang (yang tentunya datangnya tiba - tiba) sudah ada persiapan batin dan jiwa raga #apalahini.

Biasanya menyimpan dokumen penting ditaruh di tempat yang lebih tinggi, seperti di atas lemari baju, dibuntel jadi satu. Atau ada yang menaruhnya di lemari khusus. Sekarang ingin membagi tips yang Insha ALLAH lebih aman dari itu semua. Cara mengamankan dokumen penting yaitu dengan cara mengupload dokumen tersebut ke email. Berikut caranya :

1. Sebelum mengupload, pastikan semua dokumen yang dianggap penting (misal : KTP, IJASAH, AKTE Kelahiran, dan lain sebagainya) discan terlebih dahulu.

2. Buka email anda. Usahakan menggunakan email yang benar - benar pribadi, tidak diketahui oleh siapapun, tanpa terkecuali agar keamanan terjamin.

3. Buka compose / new massage. Kemudian upload dokumen penting anda.

contoh menggunakan KTP
4. Tulis Subject sesuai dengan nama dokumen yang telah diupload (lihat gambar no.1). Kita tidak mengirim kemana pun, karena menyimpan dokumen penting adalah memanfaatkan draft yang ada di email. Setelah menulis subject sesuai dengan nama dokumen, kemudian klik close atau tanda silang yang ada di pojok kanan (gambar no.2). Selesai deh, secara otomatis, dokumen penting yang telah kita upload tersimpan di email dalam bentuk draft. Jika membutuhkan dokumen tersebut, cukup buka kotak draft dan kemudian download. Mudah kan?


Cara ini bisa sedikit mengurangi beban. Contohnya, ketika tiba - tiba kita terjebak kebakaran di dalam rumah (amit - amit). Pikiran kita terbagi karena ingin segera menyelamatkan ini - itu. Dengan melakukan cara mengamankan dokumen penting lewat email ini, ketika kita terkena musibah, pikiran kita hanya satu yaitu menyelamatkan diri, kalau duit kita hangus atau hilang Insha ALLAH harta masih bisa dicari. Tapi kalau dokumen hilang (apalagi akte) urusannya ribet. Ya semoga postingan ini bisa sedikit mengurangi beban, seperti sedia payung sebelum hujan. Semoga bermanfaat.



Catatan : Usahakan menggunakan email yang orang lain tidak tahu, tanpa terkecuali.

2 komentar:

  1. aku juga simpan di dunia maya deh pokoknya supaya butuh sewaktu2 jadi cepet

    BalasHapus
  2. makasih infonya, mbak. mau kulakukan segera :)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)