Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, September 21, 2014

Otak - atik blog kuliner.

Hari minggu ini lagi nyantai, eh ternyata kepikiran untuk otak - atik blog. Bukan blog ini sih, tapi blog kuliner. Emang sengaja blog kuliner diotak - atik, kayaknya template yang pertama kali kurang memuaskan. Oiya, saat ini aku punya empat blog (personal, blog buku, fiksi dan kuliner). Apa enggak ribet mengurus empat blog? Ya, enggak ribet lah, kalau sesuatu yang dikerjakan dari hati sih pastinya enggak melelahkan. Malah bersemangat untuk lebih baik lagi.

Awal mulanya sih memang punya dua blog yaitu personal dan fiksi, punya blog fiksi karena masuk grup fiksi, dari awal memang niat untuk nulis fiksi di blog terpisah, agar konsen gitu. Ya meskipun masih tulisannya ala kadarnya. Lanjut lagi memutuskan untuk punya blog buku karena memang udah ikutan grup blogger buku Indonesia dan hingga akhirnya memutuskan untuk membuat blog kuliner karena memang suka ngemil dan jajan.

Kalau ada yang bertanya, apakah enggak sia - sia buat blog lebih dari satu? Jawabnya TIDAK sama sekali, pintar - pintarnya kita mengelola blog yang kita punya. Prinsipnya sih (aku dapat dari blogger yang udah lebih senior) yang penting nulis aja dulu apa yang kita, Inshaa ALLAH nanti yang lain pada ngikut (misalnya dapat pundi - pundi maupun silaturahmi dengan blogger yang lain). Pernah juga waktu punya blog hanya satu, bingung banget yang namanya pagerank, apa itu SEO. Beuuuh rasanya sampai botak kalau search bagaimana Seo itu. Eh, pada akhirnya memang balik lagi tujuan ngeblog itu apa, kalau hanya mementingkan pundi - pundi, toh pada akhirnya juga akan berhenti ngeblog kalau tawaran pundi - pundi itu semakin sepi. Kalau ngeblog emang dari hati ya nanti bakalan ada sesuatu yang membuat kamu tersenyum karena rajin ngeblog.

Tulis aja dulu, selebihnya pengalaman akan menuntunmu. Ya, begitulah kira - kira aku kalau ngeblog. Selalu perbaiki konten, dan berusaha meningkatkan kualitas tulisan. Karena hanya google dan Tuhan yang tahu bagaimanan blog mu bisa pagerank 2, 3, 4 atau seterusnya. Ya, tulis saja.

Dan setelah menulis, bagiku kurang cukup sih kalau enggak menelusuri bagian blog, ya paling enggak utak - atik HTML ata css. Sebenarnya buanyaaaak banget tutorial tentang blog yang bisa didapatkan secara gratis. Atau pelbagai macam template blog secara gratis. Tapi, kali ini pengin utak - atik blog kuliner dari ilmu yang aku dapatkan waktu kelas online di grup emak - emak blogger waktu itu.

Akhirnya begini deh penampakkannya.

blog kuliner

Suka deh sama sidebar ada lebahnya.


Untuk saat ini sih masih mencari cara untuk membuat readmore dengan ada thumbnail gambar gitu. Ada yang tahu? Banyak sih yang kasih tutorialnya tapi kok kurang sreg ya. hehehe...

Karena untuk blog kuliner, jadinya pakai background putih agar konsennya ke foto dalam postingan, dan diberi sentuhan warna kuning-orange agar meriaaaaahhh... look at me! jadi enggak banyak sentuhan apa - apa sih, karena wana kuning itu sendiri menurutku sudah ramai, dan ada lebah kecil mewakili kuliner, karena lebah itu sendiri menghasilkan madu yang memiliki banyak manfaat. Semoga blog kulinerku juga banyak manfaat. Terutama untuk mengangkat kuliner yang ada di Sidoarjo #uhuk.

Yuk lah monggo kalau ada yang mau mampir di blog kuliner

Ada yang mau aku buatin blog sederhana seperti ini? Inbox ya.. gratis kok #eaaa Sari baik hati dan tidak sombong.

9 komentar:

  1. Wah sama kayak aku nih suka otak atik blog :D

    BalasHapus
  2. Wah sampai ada 4 (empat) blog personal. Wuiii. saya aja yang satu blog aja sudah keteteran pontang panting kesana kemari. Hiheihiehiee. Salut salut bangeds sama dirimu hihihihi. Semoga semua BLOG personalnya ke urus semuanya HIhiehiee. Kan repot juga itu memenejnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ribet kok mas, kan yang paling update kan blog personal ini, yang lainnya sih diusahakan setiap bulan ada postingan :D

      Hapus
  3. mantap, bisa punya banyak blog ..... hhehehehe,
    itu tampilannya juga simple dan pas banget ////

    BalasHapus
  4. Cakep tuh mbak.. itu pake template dafault blogger yah?

    Read more thumbnail tuh kyk gimana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pakai default tapi dipercantik saja :)

      Hapus
  5. Berbagi dong templatenya... Mungkin bisa share/develop bareng mba.. thanks

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)