Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngeblog itu sia - sia?

"Ngapain kamu ngeblog?" "Apa untungnya ngeblog?" "Apa enaknya ngeblog?" "Sia - sia aja kamu ngeblog, buang waktu!"

Pernah enggak sih ada sebuah sindiran atau malah omongan yang secara langsung kamu dengar melalui telingamu sendiri, rasanya tuh... sakitnya di sini *nunjuk hidung*. Tapi, meskipun mendapatkan sindiran, mengapa jumlah blogger tidak menurun, malah banyak blogger - blogger yang masih muda "membanjiri" dunia maya.

Suatu tindakan pastinya diawali dengan niat, pun ngeblog diawali dengan niat. Masih ingat apa niat awalmu untuk ngeblog? Hobi? Dokumentasi? Cari duit? Bikin buku? Kamu sendiri yang bisa menjawab. Kalau aku sih, memang ikut - ikutan bikin blog. Berawal dari lihat teman satu kos yang setiap hari pergi ke warnet, berjam - jam nulis, utak - atik ini itu, tapi ajaibnya, si temanku tidak merasa rugi dengan waktu yang dikorbankan di depan komputer warnet. Dan, coba tebak apa yang aku pikirkan saat itu? Yup! aku seperti orang kebanyakan yang nyinyir tentang blog, "Apa gak ada pekerjaan lain, selain nulis seperti itu?"



BACA JUGA : SUKA DUKA NGEBLOG




Ternyata dibalik kerja kerasnya, si temanku ini bercerita keasyikannya tentang ngeblog dan bertemu dengan teman - teman yang memiliki passion yang sama yaitu kuliner, teman yang dia miliki tidak hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga ada di negara tetangga bahkan di belahan dunia, hanya gara - gra ngeblog!

Oke, aku tergiur. Siapa sih yang enggak mau dikenal dan banyak teman yang keren, apalagi kalau punya kenalan chef rumahan yang profesional? Banyak feedback hanya gara - gara nulis dan jepret makanan. Dari situlah aku mulai ngeblog, hasilnya? Blarrr!! aku tutup akun, karena blogku sepi dan jarang update, dan benar - benar merasa blog ini pekerjaan yang sia - sia.

Mulai ngeblog lagi sekitar lima bulan kemudian (setelah kejadian tutup akun), masih penasaran mengapa blogku sepi, sementara blog temanku semakin ramai, bahkan dia memenangkan beberapa challenge kuliner yang diadakan temannya yang diluar negeri. Apa kamu tahu apa kesalahanku itu? Aku ngeblog sendirian, ini kesalahan pertama, blogger tanpa bergabung komunitas, dia bukan apa - apa. Siapa yang mau baca postingan blog, kalau enggak masuk komunitas, bagaimana tulisan kita bisa berkembang tanpa ada feedback dari teman - teman komunitas blogger. Ya, lebih baik kita masuk ke dalam komunitas blogger daripada kita tersesat sendirian, menjadi member blogger medan, misalnya.

Apa sampai di situ saja? Rasanya aku bukan tipe yang merasa puas, meskipun masuk ke dalam komunitas blogger, amat sangat bermanfaat. Tapi, jumlah blogger lebih dari sepuluh ribu, bahkan hampir jutaan, bagaimana caranya aku bisa "terlihat" di antara ribuan blogger, baik yang sudah bertahun - tahun ngeblog maupun blogger yang baru sebulan ngeblog.

Iya, bagiku ngeblog itu merupakan pencarian identitas kita, siapa kita, dan bagaimana kita. Blog merupakan media yang gratis dan bisa dipakai siapa saja, semakin unik blog yang dibangun, semakin "mencolok" identitas kita sebagai blogger.

Sebut saja Trinity traveler, tentunya pikiran kita langsung menebak "Oh itu ya blogger yang sudah keliling dunia." "Traveler yang sudah menerbitkan buku bestseller."

Lalu, akan timbul pertanyaan.

"Siapakah aku?"

"Aku ingin dikenal sebagai blogger apa?"


Semua jawabannya akan muncul ketika kita terus - menerus (setidaknya secara kontinu) menulis postingan di blog. Teruslah menulis, biarkan pembacamu yang memberimu jalan dan jawaban, siapakah dirimu. Mungkin, bagi yang mengatakan ngeblog itu sia - sia, mereka belum tahu rasanya bagaimana mendapatkan manfaat negblog secara materi maupun manfaat yang "tak kasat mata" bentuk dari buah silaturahmi.

Tentunya semakin hari ingin dong blognya terlihat profesional, seperti halnya blog yang aku miliki ini. Meskipun isinya masih random, tapi sudah ada pembenahan agar terlihat serius mengelola blog, dimulai dari penggunaan domain sendiri. Lebih mudah mengingat sariwidiarti.com daripada sariwidiarti.blogspot.com , bukan? Menggunakan domain sendiri banyak sekali plus-nya, rasakan sendiri kegembiraannya ketika pertama kali menerima job dari ngeblog, sedaaaap!! Nggak perlu jauh - jauh jika ingin mencari jasa domain, Qwords yang merupakan produk Indonesia, siap untuk membuka jalanmu menuju blogger profesional, sssttt... setiap bulan selalu ada penawaran menarik untuk pembelian domain maupun hosting, blog ini juga menggunakan jasa Qwords, yang tak segan - segan untuk bertanya karena support adminya 24 jam.

Dari berjuta - juta penduduk Indonesia, kamu masih ingin menjadi warga Indonesia yang biasa - biasa saja? Ngeblog dan temukan identitasmu yang unik!

Masih menganggap ngeblog itu sia - sia?

Posting Komentar untuk "Ngeblog itu sia - sia?"