Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, Juni 21, 2015

Pentingnya software akuntansi

Sebagai penganut “pengeluaran apa saja” harus dicatat, saya pribadi merasakan banyak manfaat. Irit? Bukan, tujuannya bukan seperti itu sih, namun lebih pengeluaran tidak membengkak dan entah tujuannya entah kemana seperti hilang ditelan bumi. Misalnya, alokasi dana untuk pengeluaran bulan ini adalah lima ratus ribu rupiah, maka pengeluaran nggak boleh lebih dari lima ratus ribu rupiah, kalau lebih sedikit malah lebih senang, karena sisanya bisa dialokasikan ke dana yang lain.

Mulai membiasakan diri untuk melakukan pencatatan pengeluaran, sebenarnya sudah dari jaman masih sekolah, tepatnya masih SMA. Karena uang jajan waktu SMA memakai sistem mingguan, uang jajan diberikan setiap hari Senin, dan harus cukup ( atau lebih baik ada uang lebih untuk beli barang yang sedang diincar) sampai hari Senin berikutnya. Beda, kalau masih SD atau SMP, aku masih diberi uang saku harian. Maka dari itu, biar nggak dianggap boros, selalu mencatat pengeluaran, mulai dari ongkos naik angkot, beli makan siang, atau pengin ngemil di kantin.

Dimulai dari pencatatan sederhana, hingga kuliah ke jurusan akuntansi, udah mempelajari yang namanya sistem akuntansi. Tak sekedar hanya teori saja, tapi juga dipraktekan dalam kegiatan sehari – hari, seperti halnya mengerjakan tugas kuliah kewirausahaan, satu kelompok terdiri dari beberapa teman untuk mempraktekan usaha apa yang kiranya bisa dilakukan oleh mahasiswa yang rata – rata kantongnga nggak tebal – tebal amat.

Itu sebagian kecil contoh dari pengalaman pribadi saat kuliah. namun, dewasa ini, banyak sekali bermunculan online shop yang menjajakan produk apa saja, hampir semua produk bisa menjadi lahan subur untuk online shop. Apalagi bulan puasa seperti tahun ini, masih menjamur online shop menjajakan mukena, kue kering, hijab, maupun fashion untuk lebaran. Kebanyakan dari pelaku online shop pastinya bergembira dengan mengecap keuntungan dari penjualan.

Tapi, tahukah kamu. Agar online shop yang dikelola dapat berlangsung lama atau bahasa kerennya masih bisa eksis bertahun – tahun, kita juga memperhatikan yang namanya keuangan kita, tidak boleh mencapur aduk keuangan pribadi dengan keuangan bisnis yang sedang kita jalani.


financial accounting


Jika bersinggungan dengan keuangan atau pencatatan, pasti banyak diantara kita memikirkan sistem pencatatan yang rumit, kalau hanya konsentrasi ke pencatatan bisa – bisa waktu untuk berjualan bisa berkurang. Ada jalan untuk mempermudah itu, yaitu dengan cara mengandalkan software akuntansi. Software tersebut bisa mencakup pencatan investaris barang, program kasir, cash bank, transaksi jurnal, buku besar, neraca hingga laporan laba/rugi.

Dengan mengandalkan software accounting Indonesia, kita bisa tahu seberapa sehat usaha kita, berapa besar laba kotor maupun bersih yang kita peroleh dari aktifitas penjualan, berapa hutang yang kita miliki dan dapat mengambil keputusan dari laporan keuangan. Misalnya, bisakah kita berinvestasi, atau untuk memperluas bisnis yang sudah kita jalani.
Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat dari software akuntasi?

1 komentar:

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)