Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, Juni 21, 2015

Permudah Sistem Penggajian Dengan Software Payroll


Dalam sebuah perusahaan terjadi suatu aktifitas yang melibatkan karyawan atau pegawai dengan petinggi perusahaan. Hal ini menimbulkan suatu timbal balik yang terjadi antara karyawan atau pegawai dengan perusahaan. Karyawan bekerja, dan perusahaan memberi pengganti tenaga yang dikeluarkan oleh pegawai. 

Administrasi yang terjadi dalam perusahaan pun tak hanya melulu mengenai pembayaran, tetapi juga ada beberapa hal rumit lainnya yang melingkupinya. Tentu, jika menyangkut administrasi dan perusahaan masih menggunakan sistem manual akan merepotkan dan tak efesien. 
Untuk itu kita (perusahaan) membutuhkan  payroll.

Apa itu payroll?

Dalam Bahasa Inggris, payroll berarti “daftar gaji” atau “penggajian”. Namun, pengertian dari Payroll sendiri bukanlah sesederhana itu. Payroll adalah sebuah administrasi untuk menggaji karyawan atau pegawai  secara rutin.  Tak banyak orang tahu mengenai paryroll. Hal ini disebabkan karena keengganan untuk menerima perubahan sistem dan mahalnya investasi yang akan dikeluarkan. Padahal, menggunakan payroll pekerjaan akan lebih mudah dan efesien. Sistem penggajian payroll adalah sistem berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi ) yang memproses penggajian secara cepat, tepat, dan akurat. Menggaji di sini yang dimaksudkan adalah sistem administrasi untuk menggaji karyawan atau pegawai dalam sebuah perusahaan.

Apa manfaat dan fungsi dari payroll?

Manfaat dari payroll sendiri sudah sangat jelas, yaitu untuk mengatur, mengelolah, menghitung, dan menentukan gaji setiap karyawan. Karena rumitnya payroll maka, sekarang banyak software payroll untuk membantu jalannya suatu perusahaan dalam administrasi.

Software payroll terbaik bisa dilihat dengan cara seberapa lengkap software tersebut, dan tentunya software yang user friendly juga sangat dibutuhkan untuk mempermudah jalannya aplikasi.

Fungsi di dalamnya pun harus akurat dan terpercaya karena hal ini melingkupi kelangsungan hidup karyawan serta perusahaan. Tentu untuk mengelolah administrasi harus mengerti seluk beluk yang terjadi dalam perusahaan. Untuk itu menggunakan software payroll Indonesia adalah pilihan terbaik.

Aktifitas dalam payroll melingkupi:
1. Rekutmen
2. Pelatihan
3. Tugas dan deskripsi pekerjaan
4. Kopensasi
5. Asuransi Karyawan
6. Pemeliharaan kesehatan
7. Evaluasi
8. Promosi atau jenjang karir.

Tidak semua software payroll atau sistem penggajian mengacu pada poin-poin di atas. Segala hal fungsi dan fitur dalam software tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan. Hal ini, harus dirundingkan dengan programmer yang benar-benar mengerti jalan dari perusahaan. 

Sangat penting bagi perusahaan dan programmer untuk mendiskusikan dalam pembuatan aplikasi tersebut. Ini diharuskan lantaran agar tak terjadi kesalahan atau bug dalam software tersebut dan juga demi kelancaran dalam sistem penggajian.

Aktivitas payroll juga mengalokasikan sebagian konsennya terhadap nilai tunai yang timbul apabila persyaratannya terpenuhi, misalnya asuransi jiwa (life), cacat tetap (total permanent disability) dan kecelakaan meninggal (accident dead).

Asuransi dalam hal ini merupakan bentuk tambahan dari perusahaan itu sendiri. Bisa dibilang, asuransi jiwa ini di luar asuransi dari Jamsostek. 
Dengan adanya software payroll diharapkan perusahaan dalam mengelolah dan menjalankan perusahaan berjalan dengan lancar sesuai tujuan dari penggunaan software payroll atau sistem dari penggajian itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)