Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, Agustus 31, 2015

Kasmir (?)

kasmir keju
Sebenarnya postingan Kasmir, mau posting tentang kuliner plus postingan galau ternyata namanya nggak sama dengan nama sebenarnya si cemilan, nah loh bingung.

Ketemu cemilan ini waktu liburan ke rumah Mbah uti. Berasa surga dunia, selalu tersedia jajanan atau masakan khas Tegal. Eh pas minggu pagi, ternyata Tante mau ke pasar, mau beli bahan - bahan untuk masakan dan beli jajanan pasar. Di pikiranku jajan pasar ya cuma sekedar cemilan yang nggak mengenyangkan. Ternyata yang dibawa bikin kenyang duluan.

Salah satunya adalah Kasmir ini. Katanya sih jajanan pasar. Tapi, dari namanya aja udah sangat asing ya, ke timur - timuran gitu. Kemudian Tante cerita kalau jajanan ini yang populer kalau ke Pasar. Yang jual seorang ibu - ibu yang lumayan udah tua, ibu - ibu ini sudah ingin pensiun dari pekerjaannya. Selain karena kesehatan karena ibu - ibu sering capek - capek setelah jualan kasmir ini, ternyata anaknya menyuruh si ibu ini untuk pensiun saja, dan tinggal di rumah. Ya istilahnya menghabiskan masa tua dengan menikmati hidup. Karena si anak ini udah sukses, kerja di laut, entah apa profesinya, kurang jelas tuh ceritanya, hehehehe. Kata Tanteku, sebenarnya sayang banget kalau si ibu ini harus pensiun karena dagangannya selalu laris ternyata nggak ada yang mewariskan bakat si ibu untuk jualan kasmir. Ya mau gimana lagi ya, namanya juga anak, pasti nggak mau ibunya kerja terlalu keras saat usiai udah mulai menua. Ya si kasmir ini mungkin nantinya hanya menjadi resep keluarga.

kasmir keju
Kasmir yang dibeli ada dua macam isian, isi keju dan isi kacang. Sebenarnya adonan Kasmir sangat sederhana, Tapi mengenyangkan karena meskipun kecil tapi tetep padat loh, Rasanya tuh mentega banget plus ditambah keju jadi gurihnya mantap. Kemudian kepo gimana cara bikinnya, eh mau tanya kok sungkan, ya udahlah kalau balik ke rumah googling aja.

Kalau menurutku, kasmir ini bukan cemilan, mungkin ini panganan yang khusus untuk sarapan, karena kenyang banget loh makan setengahnya doang. Ibaratnya makan kasmir doang, nggak perlu lagi makan nasi.

Akhirnya balik ke rumah setelah liburan. Cuuusss langsung googling resep kasmir ini. EH LAH KOK NGGAK ADA YANG NAMANYA KASMIR. Seacrhing di google malah ketemunya salah satu kawasan. Huwaaaa jadi sebenarnya jajanan ini tuh namanya apa??? searching dengan keyword kasmir malah ketemunya salah satu nama penyanyi. Duuuuh, kok jadi begini, nat mau bikin kasmir malah bingung sendiri karena nggak ketemu nama jajanan ini yang sesungguhnya bernama apa. Kalau ada yang tau, yuk lah kasih tau aku di kotak komen, sukur - sukur kalau ada yang tau resepnya :)

1 komentar:

  1. mirip terang bulan ya Sar...tp bentuknya spt roti maryam :)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)