Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, November 18, 2015

Akhirnya, Fun Blogging Ke Surabaya.



Alhamdulillah, Pada Tanggal 7 November 2015 telah berlangsung Fun Blogging 7 di Surabaya. Tahu nggak sih, kalau Fun Blogging ke Surabaya, rasanya seperti sekian tahun pendekatan ke gebetan, akhirnya diterima juga jadi pasangan. Legaaa. Lebay sih, tapi ya memang senang banget loh. Tahu Fun Blogging dari twitter teman – teman blogger Jakarta yang sedang live tweet tentang kegiatan Fun Blogging, lah yang di luar kota, hanya bisa gigit jari. Nah, saat buka facebook, kemudian baca pengumuman di status Mbak Shinta ries, ternyata Fun Blogging akan meluncur cantik ke Surabaya. Horee, cinta bersambut.

Eh, ternyata jarak antara pendaftaran dengan berlangsungnya acara, sekitar sebulan. Nah loh, agak maju mundur cantik. Sekilas, was – was kalau nanti jadwalnya bentrok dengan acara lain *uhuk, orang penting*. Karena sudah niat ikut, Bismillah semoga tidak ada halangan. Langsung daftar.

Nah, saat hari yang ditunggu akhirnya datang jug. Eh, ternyata, ada saja yang membuat deg – degan yaitu takut nyasar. Sepertinya, hampir setiap postingan di blog ini, kalau mau jalan – jalan, kurang sah kalau nggak nyasar. Aku pergi dengan Wulansari, belahan jiwa yang haus akan ilmu. Si Wulan ini, agak grogi juga harus lewat mana untuk sampai ke Intiland, Surabaya. Untung bisa meraba harus belok ke mana. Alhamdulillah sampai dengan selamat, meskipun sempat nyasar untuk menuju ke  parkiran.

Fun Blogging 7 Surabaya, mengangkat tema “Dari Hobi Menjadi Profesi”. Pembicaranya 3 Blogger kondang, yaitu : Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Nama yang nggak asing karena sering seliweran mengisi berbagai acara di Jakarta maupun di luar pulau. Baru pertama kali masuk ke tempat acara yaitu di kantornya Qwords Surabaya, sudan akrab sesama peserta, suasana hangat sekaligus semangat dan siap untuk menerima materi yang akan disampaikan.

Materi pertama disampaikan oleh Mbak Haya, berbicara tentang “Writing Great Content”. Sebelum masuk ke materi, ada games loh. Menulis tentang pencapaian secara materi dari monetize blog, tetapi nulisnya menggunakan tangan kiri. Kesempatan nih, aku tulis sekalian curhat, ya namanya juga masih single asoy, pikirannya menuju ke pernikahan melulu, semoga nantinya mendapatkan sponsor untuk pesta pernikahan, Aamiin.

Aamiin.


Mbak Haya sedang menjelaskan tentang materi "Writing Great Content".
Mulai masuk ke materi, Mbak Haya bercerita tentang awal mula menulis yang memang merupakan passion dari Mbak Haya, dari menulis itu lah banyak pengalaman seperti ketemu artis seperti Arzeti bilbina dan banyak terima tawaran job dari ngeblog. Buat kamu yang postingannya lebih banyak postingan curhatan, nggak perlu minder karena yang terpenting adalah menulislah dari hati dan juga jujur. Siapa tahu, dimulai dari curhatan, ternyata dilirik oleh brand, kan cihuy. Meskipun nantinya dapat tawaran untuk menulis sebuah produk, selalu mengedepankan kejujuran, sampaikan kritik dengan nada yang halus, istilahnya sih user experience. Mbak Haya juga "menyentil" tentang copy paste konten blog. Rasanya pasti jleb banget kalau mengetahui tulisan blog kita copy seenak udelnya. Blog itu merupakan kekayaan intelektual, kalau memang ada postingan blog yang memang bermanfaat, kemudian ingin menjadikannya suatu referensi, harus disertakan sumber dari tulisan yang ingin kita kutip.


Di sela - sela penyampaian materi, banyak peserta yang live tweet, meskipun nggak diwajibkan loh. Semua ingin berbagi ilmu untuk teman - teman yang mungkin berhalangan hadir. Sharing is caring. live tweet tentang acara Fun Blogging, pas banget kalau pakai Smartfren andromax yang sudah setia menemani saat ngeblog di mana saja. Sinyal tetap kencang saat live tweet di ruangan yang letaknya di lantai dua, sama kencangnya saat nge-chat di basement. Tancap gas, untuk tetap terus eksis.

Selanjutnya materi dari Mbak Shinta ries, materi yang mengundang mata untuk tidak berkedip kemudian kepala nyut - nyutan. Materinya tentang "Advancing Your Blog Platform". Ngeblog nggak sekedar hanya nulis postingan begitu saja, tetapi banyak aspek yang harus dilakukan, seperti aktif di sosial media, bagaimana membuat nyaman pengunjung dengan template blog yang nyaman *selamat tinggal template blog yang ada saljunya*. Materi Mbak Shinta ries ini lebih ke hal yang teknis, mengenal lebih dalam blog yang kita punya (analyitics, webmaster, google plus) dan media sosial (Facebook, twitter, instagram dan klout sebagai parameter influence media sosial).



Selanjutnya materi tentang "Optimasi Blog" dari Mbak Ani Berta. Pencapaian secara materi yang diterima oleh Mbak Ani jumlahnya WOW banget. Padahal, semua itu berawal dari ngeblog loh, keren. Jangan patah semangat kalau belum juga mendapatkan job dari ngeblog. Terus saja ngeblog, karena inti dari ngeblog adalah sharing, bisa sharing tentang parenting atau profesi yang kita jalani. Mbak Ani pernah juga menjadi volunter dan nggak dibayar, Mbak Ani melakukannya karena memang sesuai dengan panggilan hati. Dimulai dari menjadi volunter, banyak sekali tawaran yang menghampiri. Terus update blog jangan sampai penuh sarang laba - laba, kemudian upgrade kemampuan diri untuk menulis, jika terus dilakukan secara tidak langsung akan membranding diri kita. Siapa tahu ada produk yang yang cocok dengan branding kita. Setelah mendapatkan job, jangan lupa akan etika, yang paling penting pahami rules yang diberikan dalam surat perjanjian. 

Kagum dengan pematerinya, nggak setengah – setengah memberikan ilmu. Ibaratnya, daging semua yang diberikan, nggak hanya bagian luarnya saja yang memang sekarang ini ibaratnya blog sebagai ladang duit dan banyak yang gencar menjadi blogger karena yang dilihat duduk depan laptop kemudian dapat duit. Bukan, nggak segampang itu, semua itu butuh proses, nggak langsung Abrakadabra, jadi duit!

Senangnya semakin bertambah karena setelah acara, kita semua bergabung dalam grup khusus Fun Blogging, bisa bertukar informasi dan terus belajar dengan teman - teman blog. Semoga acara ini berkelanjutan, boleh dong ke Surabaya lagi, dengan menambah pemateri dari blogger yang memang memiliki blog ber-niche khusus (Traveling, kuliner, parenting, dll).

Terimakasih sudah berbagi ilmu.

8 komentar:

  1. kalau ada yg copas cubit aja Sar..biar kapok tuh....

    BalasHapus
  2. uhuk
    ada yg pengen bulan madu asik dari ngeblog :))
    semoga segera bertemu pasangan untuk bulan madunya ya dek Sari ,hihihi

    sampai jumpa lagi

    BalasHapus
  3. aseekkk tulisalah ttg aku kak haha haseee... mantap mbak... yah bginilah nasib yg gak di jakarta.. sy juga mersakan hehe.. keceh eventnya mantap...

    BalasHapus
  4. smua butuh proses, dan kau! mau nikah sama siapa?? minta sponsor lg

    BalasHapus
  5. keren acaranya mbak. Makassar kapan ya?

    BalasHapus
  6. Yuhuuu, mbak Sari. Ikut ngaminin wishlist-nya di note biru :D. Moga terkabul yaa :)

    BalasHapus
  7. wow ,,, mantap ...
    kok pematerinya perempuan semua ?

    BalasHapus
  8. Baca wishlist nya bikin mesem. Semoga segera terkabul, aamiin

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)