Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Desember 22, 2015

Apalah Artinya Ngeblog Tanpa Kopdar


Huwaaa, gaya banget judulnya, padahal ya jarang kopdar.

Kalau akhir tahun gini, pada posting resolusi untuk tahun depan, tahun 2016. Weh, udah pada nulis resolusinya? Terus, bagaimana dengan tahun ini, apa sudah tercapai semua resolusi yang dibuat tahun lalu? Semoga tahun ini ditutup dengan kebehagiaan dan penuh rasa syukur, kalau belum ada yang terkabul, mungkin ada penggantinya yang lebih baik, atau mungkin saja rencana itu akan terkabul pada tahun depan. Nikmati dan syukuri setiap proses yang ada. Karena akan membawa kita menjadi pribadi yang dewasa dan bijaksana *tsaaah*.

Kali ini aku nggak posting resolusi, maunya sekedar flashback dari Bulan Januari hingga Desember, terutama dalam hal per-blogging-an. Karena besar dan hidup dari dunia blogging *uhuk*. Kalau dilihat manfaat ngeblog dengan sudut pandang materi, pasti teman – teman sudah merasakannya. Kalau untuk sharing ilmu yang didapat, sepertinya aku merasa kurang nge-share di blog personal ini, hanya sekedar curhatan maupun tips sederhana yang aku rasakan dalam keseharian. Meskipun hanya tips sederhana, semoga dapat bermanfaat buat teman – teman sekalian.

Eh tapi meskipun ngeblog identik dengan uyel – uyel postingan, foto, dan lain – lain kemudian berkutat hanya di depan laptop saja, nggak seterusnya harus di depan laptop mulu. Karena blogger juga butuh piknik, bukan sekedar piknik, sebut saja kopdar. Kopdar atau kopi darat atau yang lebih kece yaitu meet up, merupakan keharusan atau kewajiban dari seorang blogger, meskipun nggak sering juga buat kopdar karena harus menyesuaikan dengan kesibukan. Setidaknya sudah beberapa kali kumpul bareng dengan berbagai komunitas, eh ternyata orangnya itu – itu lagi, hehehe. 

Biasanya di mana sih blogger itu ngumpul?

1. Event.

Sudah banyak corporate atau brand mengundang blogger sebagai social media agent atau buzzer, banyak tuh berbagai komunitas blogger yang diundang. Nah, kesempatan nih buat kenalan atau mengakrabkan diri sesama blogger maupun pembicara. Biasanya malah tambah heboh kalau ketemu teman – teman lainnya. Selain ngobrol santai tentang event yang berlangsung, curhat colongan atau ngerumpi unyu yang ujung – ujungnya semakin bertambah ilmu kita tentang blogging, itulah yang dinamakan networking, semakin luas silaturahmi kita, semakin luas jaringan kita. Tapi, ya harus didasari dengan niat tulus untuk berteman, bukan cuma butuh aja dekat, kalau udah nggak butuh, ditinggalin, hiks. Oiya, mungkin banyak teman – teman blogger yang rumahnya sangat jauh, agar tetap keep in touch, bisa loh nyebarin kartu nama, bisa saja nanti saat dekat di daerah teman blogger yang lain, bisa kopdar dadakan.

2. Kopdar dadakan. 

Menyambung yang di atas, setelah bertemu di sebuah event dan ingin menyambung silaturahmi, biasanya ada tuh kopdar dadakan. Blogger yang lagi mampir di kota tertentu, biasanya mengubungi teman – teman blogger yang ada di sana. Meskipun hanya sekedar minum kopi dengan cantik, jangan dilihat “Cuma nongkrong” tapi lihat keakbran yang lama kelamaan akan terbentuk.

3. Kopdar janjian.

Jika memang punya waktu yang kosong, kenapa nggak untuk janjian kopdar unyu. Biasanya kafe atau mall merupakan pilihan yang banyak dipakai untuk kopdar.

4. Kopdar arisan.

Ya namanya juga jiwa wanita, kurang lengkap tanpa arisan, pernah sih arisan di komunitas, yang penting nggak memberatkan antara jumlah uang untuk arisan dan kocokan arisan.


Bagaimana kalau jarang kopdar?
Iya, sama kayak aku, jarang kopdar. Apalagi kalau tempatnya jauh dan malam, wiiih sudah melambai – lambai di kamera, nyerah. Maklum naik angkot, hehe. Meskipun jarang, tapi tetep usaha keras untuk kumpul bareng, momen kebersamaannya itu loh yang dicari.

Apalah artinya ngeblog tanpa kopdar, bagaikan terkungkung di batokan kelapa tanpa tahu dunia luar yang indah *uhuk*

2 komentar:

  1. hihi belum nulis resolusi 2016 nih, alhamdulillah sudah merasakan kopdar, semoga bisa ketemu mba sari juga :)

    BalasHapus
  2. Berasa ditampar sama judulnya nih :((
    secara gue ngeblog belum pernah kopdaran :((

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)