Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, Januari 21, 2016

Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan.

kebun raya purwodadi


Kebun raya purwodadi, Pasuruan. Pas banget nih yang kurang piknik dan beneran pengin piknik di alam terbuka dan nggak perlu keluarin duit yang banyak. Apalagi jaraknya yang lumayan dekat dari Surabaya maupun di Malang.

asyik buat piknik.

Bagaimana cara menuju ke Kebun Raya Purwodadi?

Kalau dari Surabaya, setelah pertigaan purwosari, lurus aja, lokasinya sebelah kiri jalan. Kalau dari Malang, setelah Lawang, masih lurus, lokasinya sebelah kanan jalan. Bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum ( bis atau semacam angkot tapi gede).









Ada apa aja di Kebun Raya Purwodadi?

Area akuatik dan paku.
Yang jelas banyak pohonnya, hehehe. Sangking luasnya, dibagi menjadi beberapa area, ada area akuatik, tanaman obat dan lain – lain, iya sih karena kebun raya ini nggak hanya dipergunakan sebagai tempat wisata, tetapi juga tempat edukasi, tempat perkemahan atau observasi. Kalau tujuannya hanya sekedar piknik hore – hore, area di depan (dekat pintu masuk) ada tempat bermain dan tanah lapan yang bener – bener lapang, bisa dijadikan tempat piknik.

Fasilitas lainnya, selain ada tempat bermain, ada juga gazebo yang bisa digunakan untuk leyeh – leyeh cantik, gratis kok pakai gazebo, kalau sekiranya tanah lapangnya becek, bisa pilih gazebo terus gelar tiker, siap deh untuk piknik. Oiya, untuk menikmati semilir angin dan melihat sekeliling, bisa menggunakan sepeda. Bisa menyewa sepeda di salah satu stand merek sepeda terkenal. Harganya 10.000 perjam. Ada sepeda dewasa dan anak – anak, sepedanya tuh kayak sepeda gunung gitu lah.


jalan setapak.
Meskipun sudah bawa bekal, tapi masih saja kelaparan, di sana juga ada penjual yang menjual berbagai macam makanan, tapi kenbanyakan menjual mi instan, minuman, dan bakso. Sekedar untuk mengganjal perut saja. Harga yang ditawarkan untuk mi instan adalah 7.000 sedangkan minuman dingin rata – rata harganya 3.000. inget ya, sehabis makan janga lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. Di kebun raya ini, nggak susah kok cari tempat sampah, banyak tersedia di sudut – sudut maupun di tengah area bermain. Jadi, nggak ada alasan untuk mengotori kebun raya yang memang sejuk dan seger di mata.

Kebun raya Purwodadi juga sebagai alternatif untuk foto prewedding, banyak spot kece yang bisa dijakan background foto prewedding, apalagi saat musim hujan, rumput dan tumbuhan warnanya hijau seger, gonjreng, mengkilap, instagram-able lah. Untuk prewedding, biasanya ada ijin terlebih dahulu, karena termasuk menyelenggarakan event di purwodadi, ya memang sebaiknya ijin dulu lah ya, agar aman saat proses foto berlangsung.

Saat masih SMP, pernah kemah di sini, waktu itu kalau nggak salah ada Persami (Perkemahan Sabtu – Minggu) yang diikuti berbagai sekolah di Jawa Timur. Kalau lokasi perkemahan lebih jauh areanya. Tapi tetap aja, kalau ada acara kemah, pasti ada orang yang jualan. Ya namanya juga orang cari rejeki, apalagi anak – anak suka njajan.



BACA JUGA : PANTAI BALE KAMBANG





Terdapat air terjun. Tak sembarang air terjun, ada cerita misteri yang menyertainya *halah*. Eh emang sih, dari dulu sampai sekarang, selalu aja bisik sana – sini kalau di air terjun ada anak yang hilang, ada yang meninggal, menelan korban gara – gara ini – itu, eh iya aku nulis ini bukan untuk menyebar berita yang meresahkan, hanya sebagai masyarakat yang menyampaikan kalau di sana juga ada semacam urban legend. Tapi, bagus banget banget kok air terjunnya, lokasinya masih jauh terus masuk. Meskipun indah, tetap harus waspada, lihat medan di lokasi, apa becek, licin atau airnya deras, dan sendirian kalau main ke sana. Mengabadikan momen juga seperlunya nggak perlu aneh – aneh. Untuk yang ingin sholat, ada kok musholanya, tapi perasaan ada juga masjidnya tapi entah letaknya di mana, kalau mushola lebih mudah dijangkau. Letaknya di area kaktus. Di sebelahnya ada kamar mandi.
teratainya tambah romantis.

Sekelumit cerita di Kebun Raya Purwodadi.

Kebun raya ini bukanya pagi banget kok, tapi tutupnya jam 16.00 WIB kecuali kalau ada event semacam kemah ya yang tutup hanya gerbangnya saja, toko maupun penjual masih ramai. Menempuh perjalanan kurang lebih satu jam dari Surabaya (Purabaya) karena emang naik bis selalu melewati tol, apalagi tol yang baru sudah jadi, tembusnya tuh di sekitaran Pandaan. Enak loh naik bis, karena viewnya langsung ke pegunungan, bukan view lumpur lapindo. Kalau naik bis patas, tarifnya 25.000 kalau naik bis biasa 11.000 . nah, untuk yang naik kendaraan umum. Saat pulang, lebih baik ke Lawang terlebih dahulu untuk naik bis dari Lawang. Kalau ingin ala – ala traveler, bisa nyegat bis di pinggir jalan, depannya Purwodadi.

Untuk yang kendaraan pribadi lebih enak sih ya, parkirnya juga luas, apalagi kalau yang bawa mobil, bisa masuk ke kebun raya pakai Mobil. Untuk tiket masuk, beda – beda, kalau aku hanya 6.000 per orang, kalau naik kendaraan bermotor sedikit lebih mahal, tapi masih ramah di kantong.

Kapan waktu yang ideal untuk ke Kebun Raya Purwodadi? Kapan saja bisa, meskipun musim hujan, nggak terlalu becek, tapi tetap aja sepatu yang dipakai basah juga, tapi rumputnya kelihatan lebih seger, bisa olahraga jam 6 pagi, karena belum banyak pengunjung yang datang.

Yuk lah mari kita piknik.

Info :

Tiket : 6.000 per orang (beda tarif saat pakai kendaraan bermotor).

Parkir luas, mushola, toko oleh - oleh, penjual cemilan dan minuman, arena bermain anak, tempat sewa sepeda, gazebo, air terjun.

Yang bawa mobil, bisa sekalian masuk dengan mobil.

7 komentar:

  1. aku kemarin kesananya kesorean, jadinya gak bisa jalan- jalan jauh.

    BalasHapus
  2. Urban Legend memang sering mewarnai setiap ada obyek wisata yang menjadi pusat perhatian masyarakat

    BalasHapus
  3. mirip kayak kebun raya bogor ya

    BalasHapus
  4. wow, bunga teratainya bagus ya .... seger :)

    BalasHapus
  5. baru tahu mbak kalo ternyata ada kebun raya di Purwodadi

    BalasHapus
  6. Yaahhh dari Jawa Barat mah jauuuhhh :'(

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)