Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, April 12, 2016

5 hal yang wajib diperhatikan saat membeli perlengkapan bayi

5 hal yang wajib diperhatikan saat membeli perlengkapan bayi

Mempersiapkan lahirnya buah hati pasti dinantikan kedua orangtua, berbagai perlengkapan bayi harus tersedia dan lengkap agar kebutuhan bayi tidak ada yang kurang. Tak hanya orangtua yang menyiapkan berbagai hal untuk buah hati, tetapi keluarga, saudara maupun teman dari orangtua biasanya juga merasa antusias untuk memberikan rekomendasi perlengkapan bayi yang terbaik.

Tentu saja setiap orangtua menginginkan putra/putrid mereka mendapatkan yang terbaik sedini mungkin, rasa antusias yang dirasakan orangtua untuk menyambut si buah hati terkadang terlalu berlebihan hingga barang – barang yang rasanya tidak perlu untuk buah hati malah dibeli, akhirnya yang timbul adalah rasa cemas jika si buah hati tidak mendapatkan yang terbaik. Mainan dengan bentuk lucu, berwarna – warni, apalagi dengan harga murah pasti menjadi daya tarik orangtua untuk membeli barang tersebut. Namun, perlu waspada dan selektif untuk membeli perlengkapan bayi.

Berikut 5 hal yang wajib diperhatikan saat membeli perlengkapan bayi :

Aman.

Memberikan rasa aman kepada si buah hati merupakan hal yang wajib dan tidak boleh dikesampingkan. Pastikan orangtua maupun keluarga atau teman yang akan memberikan kado untuk bayi megetahui keamanan barang tersebut. Jika memberikan tempat tidur bayi yang berbentuk box, pastikan tidak ada bagian – bagian kecil dari box bayi yang mudah terlepas, pastikan kebersihan bantal maupun guling bayi dari debu, bau apek, maupun tungau. Keamanan harus tetap terjaga agar bayi dapat tumbuh kembang dengan maksimal dan orangtua tidak merasakan kecemasan.

Nyaman.

Periksa terlebih dahulu baju bayi maupun peralatan makan bayi. Untuk baju bayi, pastikan berasal dari bahan yang tidak membuat alergi, biasanya pilihan yang tepat untuk baju bayi adalah dari bahan katun, selain nyaman juga menyerap keringat.

Untuk perlengkapan makan, jika terbuat dari plastik, pastikan perlengkapan makanan bebas dari BPA, agar zat kimia tidak terkontaminasi pada makanan bayi saat perlengkapan makanan terkena suhu yang panas. Pastikan juga terdapat keterangan bahwa perlengkapan makanan adalah PP (polypropylene) bahan plastik yang ringan akan tetapi kuat, dan stabil terhadap suhu tinggi.

Kebermanfaatan

Berikan mainan sesuai dengan umurnya, biasanya dalam kemasan tertera usia berapa yang boleh memainkannya. Meskipun mainan tersebut mahal, tetapi tidak tepat untuk dimainkan bayi, akan hanya menjadi barang yang tergelatk begitu saja. Begitu juga dengan pakaian bayi, biasanya orangtua memberikan baju dengan ukuran yang lebih besar dariapda ukuran bayi yang sebenarnya dengan tujuan agar bajunya tetap awet meskipun bayi semakin tumbuh, tetapi pastikan keamanan, jangan sampai tangan bayi terkilir ghanya karena 

Nilai plus

Sering kita jumpai permainan motorik untuk bayi yang tidak hanya dimainkan dengan satu cara saja, seperti contoh adalah mainan talking doll yang tak hanya bisa dipeluk tetapi dapat bersuara. Ingat juga akan keamanan untuk si buah hati, pastikan tidak ada ujung yang tajam dari bahan yang tidak membuat alergi pada kulit bayi.

Harga

Mungkin setiap orangtua tidak peduli dengan harga yang mahal, paling penting kebutuhan si buah hati terpenuhi. Orangtuapun dituntut untuk bijaksana, karena bayi akan terus bertumbuh kembang dan kebutuhan bayi setiap tahun akan selalu berbeda, perencanaa keuangan harus diperhatikan.



BACA JUGA : 7 HAL YANG BISA DILAKUKAN SAAT MACET





Dimulai sejak dini, orangtua harus bisa membuat anggaran belanja untuk keperluan buah hati. Jika memang harga perlengkapan bayi semakin mahal, cukup beli perlengkapan bayi yang mendasar, seperti popok dan pakaian yang memang wajib untuk dibeli. Orangtua bisa mengesampingkan untuk membeli stroller (kereta bayi) karena memang harganya yang cukup mahal dan bukan hal yang mendasar untuk buah hati.

Jika memang memaksakan harus membeli apapun agar perlengkapan bayi yang dimiliki harus lengkap, belilah secara bertahap. Bulan pertama hingga bulan kelima membeli perlengkapan dasar, bulan selanjutnya bisa membeli perlengkapan bayi yang lainnya. Cara membeli secara bertahap membuat orangtua tidak terlalu “tercekik” dengan biaya yang dikeluarkan tetapi kebutuhan si buah hati tetap tercukupi.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Hmm terima kasih bun tipsnya jadi bisa kasih tau nih sama tetangga supaya lebih teliti lagi.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)