Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, Juni 10, 2016

Liburan




Meskipun masih lama, adakah yang sudah mempersiapkan keperluan mudik? Terutama tiket kan ya, harus booking beberapa bulan agar nggak kehabisan. Tahun ini aku nggak mudik, tapi pengalaman mudik sudah dialami sejak kecil, mudik ke Tegal. Dulu sering mudik pakai bis, sekarang harga antara bis dengan kereta lumayan sama, jadi semenjak tahun lalu sudah pakai kereta untuk mudik. Kalau ke Tegal, melakukan mudik tuh, paling lama H-7 atau paling cepat H-3, tergantung dapat tiketnya, meskipun sudah booking beberapa bulan sebelumnya, eh ternyata penuh loh tanggal yang sudah ditentukan, mau nggak mau harus menggeser tanggal keberangkatan, biasanya dimajuin sih.


Terkadang kalau mudik pas masih puasa, orangtua ngebolehin untuk nggak puasa karena benar – benar harus jaga kesehatan, daripada nanti tiba – tiba sakit, pasti ngerepotin. Tapi, sayang juga sih kalau ngebatailin puasa demi mudik. Keberangkatan bis maupun kereta, biasanya waktu sore hari, kalau naik bis, nyampai ke Tegal sudah subuh, kalau naik kereta, cepat banget sih, nyampainya malam hari kira – kira jam 11 malam. Pengin cerita saja tentang mudik lebaran :

1. Bawa bekal. Meskipun naik bis atau kereta sudah tersedia makanan atau kalau di kereta ada gerbong semacam untuk pantry gitu, tapi nggak ada salahnya bawa bekal untuk buka puasa atau makan malam. Biasanya sih cukup bawa bekal yang untuk buka puasa, cukup roti sama air putih, karena bawaan sudah banyak (baju dan oleh – oleh) rasanya nggak mau ribet harus bawa lauk dan nasi, jadi makan malamnya pesan saja di kereta. Tapi ada juga kok penumpang yang rela bawa bekal nasi satu keluarga, sampai kurang lebih 9 orang, rombongan gitu.


BACA JUGA : MINGGU PERTAMA PUASA



2. Kalau sekiranya perjalanan jauh, bawa juga multivitamin atau minum madu untuk penambah stamina. Kalau ke Tegal naik bis, perjalanan hampir memakan waktu selama 12 jam. Tetapi ada waktu istirahat untuk sahur, karena setelah sahur berangkat lagi, dan terkadang jalannya gronjalan atau malah macet parah. 12 jam di perjalanan pasti menguras kesabaran dan tenaga, agar puasa nggak sia – sia dan bisa full sehari puasa, boleh loh minum multivitamin, atau bisa juga konsumsi madu untuk menjaga stamina tubuh.

3. Kalau naik kereta ke Tegal, nggak terasa, tahu – tahu sudah sampai. Eh pernah juga sih naik kereta dari Surabaya ke Bandung dan ternyata sebelum sampai Bandung, kereta berhenti lama banget, ternyata ada perbaikan rel. menunggunya lebih dari satu jam, kalau sudah ada kejadian yang “luar biasa” ini lebih baik memanfaatkan untuk tidur. Iya, kalau melakukan perjalanan jauh, lebih baik istirahat yang cukup agar di perjalanan maupun sampai ke kota tujuan, badan terasa segar. Nah, kalau sudah sampai Bandung, selanjutnya cari hotel murah di Bandung untuk sekeluarga.




Jadi, bagaimana cerita mudikmu tahun lalu?

2 komentar:

  1. Boleh juga tuh bawa bekal Roti-sama air putih waktu naik kereta. Lagian kalau menurut saya bawa bekal nasi pun jarang di makan kalau di kereta soalnya gak nyaman makannya. kalau roti tawar di tambah keju tuh yummi banget :) hehe

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)