Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Juni 07, 2016

Makanan Untuk Menjaga Stamina Saat Puasa.

yuk tetap menjaga stamina saat puasa


Biasanya nih, minggu pertama saat puasa, tubuh melakukan penyesuaian. Yang biasanya kalau makan suka lahap apa saja, waktu puasa eh si perut gampang bunyi krucuk – krucuk. Atau yang emang tahan nggak makan, tapi yang namanya haus, nggak bisa ditahan, kan? Jadinya kalau siang rasanya pengin lesehan di ATM atau minimarket yang ACnya sejuk.


Agar semakin strong saat puasa, seharusnya tergantung dengan pola makan dan pola hidup saat sebelum puasa. Selama 11 bulan, apakah kita sudah menerapkan hidup sehat? Kalau sudah, pasti santai saja dong saat puasa, karena memang terbiasa dengan pola makan yang sehat, kalau belum? Tips hidup sehat sebenarnya mudah, sedikit demi sedikit hilangkan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan, misalnya meroko, makan makanan yang berlemak tanpa diimbangi dengan makanan berserat, bahkan kebiasaan begadang juga merupakan pola hidup yang nggak sehat, karena yang seharusnya tubuh kita butuh waktu istirahat untuk mencerna makanan malah harus “bekerja keras” untuk begadang. Jika memang belum menerapkan hidup sehat, sedikit demi sedikit bisa kok melakukannya, bisa dimulai saat puasa. Makan makanan ini untuk menjaga stamina saat puasa :

Buah – buahan : sebenarnya buah apa saja baik untuk kesehatan, khususnya pencernaan dan asupan vitamin untuk tubuh. Tetapi, usahakan buah yang tidak memiliki bau yang menusuk, misalnya durian dan nanas, hindari buah tersebut saat puasa, agar kesehatan lambung tetap terjaga. Lalu, usahakan mengkonsumsi buah dengan keadaan segar, bukan buah yang sudah diolah seperti dibuat jus, tahu sendiri dong, kalau dibuat jus kadang – kadang malah ditambah gula yang banyak, khasiat buah menjadi berkurang.



BACA JUGA : OLAHRAGA RINGAN YANG BISA DILAKUKAN SAAT PUASA



Kurma. Buah yang istimewa ini nggak hanya sebagai pemanis yang dihidangkan saat berbuka puasa maupun sahur. Menurut sumber Wikipedia, kurma memiliki kandungan energy yang tinggi, jadi sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, setelah seharian menahan haus dan lapar, memakan 3 biji kurma bisa meningkatkan energimu, jadi nggak ada alasan untuk malas dan lemas saat sholat teraweh ya.

Nggak kalah penting dengan makanan yang di atas, minum air putih juga sangat penting, selain mencegah dehidrasi, juga bagus untuk kulit. Kulit nggak gampang kering. Meskipun setiap harinya menghabiskan waktu di ruangan berAC, banyak minum air putih bikin kulit kita kenyal. Mau tahu kulitmu kering atau tidak? Gosokkan ujung jarimu dengan perlahan di sekitar lengan, jika timbul bekas (biasanya warna putih) itu tandanya kulitmu kering. Cara yang baik agar kulit kenyal, banyak mengkonsumsi air.

Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Kalau untuk Kurma di rumah saya belum tersedia mba tapi alhamdulilah kalau Air putih sama beberapa jenis buah sih ada :) dan alhamdulilah nya lagi Stamina saya masih terjaga dengan adanya buah dan air putih tersebut :) semoga besok-besok bakal ada kurma untuk penambah stamina lebih dari ini dan semangat menjalankan aktivitas :)

    BalasHapus
  2. betul mba, buah, kurma dan air putih menjadi padanan yang sesuai saat puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama doooong... kalau terlalu banyak malah males untuk teraweh :D

      Hapus
  3. yg manis untuk menhaga stamina saat puasa

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)