Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, Agustus 17, 2016

Ingin Rak Sepatu Awet? Ini yang Mesti Dilakukan!


cr:123rf | edited by me


Tak selamanya rak sepatu bisa dipakai. Tak selamanya pula rak khusus sepatu bisa tertata rapi. Ya, kedua hal tersebut harus diketahui oleh masing-masing pemilik tak khusus sepatu. Akan tetapi meski tidak selamanya dipakai dan terlihat rapi, rak tersebut tetap harus dirawat dan tentu saja ditata sedemikian rupa agar tidak membuat rumah semakin sesak. Merawat rak dan menatanya bisa dilakukan siapa saja, tapi terkadang beberapa orang malas dan akhirnya menyepelekan hal itu. Alhasil rak tidak tertata dengan baik dan masa pakainya juga tidak bertahan lama. Untuk itu, bila Anda ingin rak tersebut awet, lakukan beberapa hal berikut ini.



• Tidak menaruh sepatu dengan di luar kapasitas rak

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kalimat tersebut juga berlaku untuk penggunaan rak. Rak yang semestinya hanya ditempati beberapa sepatu tidak layak digunakan untuk menempatkan puluhan koleksi sepatu. Hal ini akan berdampak pada daya tahan rak itu sendiri. Bila rak terbuat dari bahan plastik tentu kaki-kaki rak akan mudah bengkok dan rak menjadi tidak tahan lama. Untuk itu, agar rak awet taruhlah sepatu yang Anda sering gunakan. Sementara untuk sepatu koleksi, taruhlah di dalam rak khusus koleksi. Rak koleksi ini biasanya terbuat dari kaca.


• Tempatkan posisi rak di tempat aman

Hal yang harus Anda lakukan saat memiliki rak untuk sepatu ialah menempatkannya di tempat yang aman. Tempat yang aman untuk sepatu biasa bukan berarti Anda menempatkan rak di dalam kamar. Tempat yang aman maksudnya ialah tempat dimana tidak ada aktifitas lain yang dapat membuat rak dan sepatu menjadi kotor. Misalnya saja di dekat dapur. Bila Anda meletakkan rak di dekat dapur, otomatis saat menggoreng rak dan sepatu bisa saja terkena cipratan minyak goreng. Tempat terbaik untuk rak sepatu  biasa ialah di samping rumah.


• Rak yang dipilih ialah rak model miring

Di tanah air memang banyak rak untuk menaruh sepatu yang dijual. Akan tetapi bila Anda ingin membeli rak yang baru, maka sebaiknya pilihlah rak dengan model miring. Rak yang didesain miring akan memberikan keuntungan yang lebih bagi para pemiliknya. Terutama bagi Anda yang sering bepergian dan bergonta-ganti sepatu. Rak yang miring rupanya jauh lebih praktis dan memudahkan pemiliknya dalam mengambil dan meletakkan sepatu kembali.


• Aturlah ventilasi di dalam rak

Bila Anda memakai rak model terbuka tentu udara akan dapat keluar masuk si dalam rak. Akan tetapi bagaimana bila rak yang digunakan ialah rak tertutup khusus sepatu koleksi. Bila Anda memilih rak tertutup maka Anda wajib memberikan atau mengatur ventilasi pada rak tersebut. Ventilasi sangat penting agar udara di dalam lemari tidak lembab dan membuat sepatu menjadi apek bahkan berjamur. Aturlah tempat keluar masuknya angin di dalam rak tersebut. Atur juga jarak letak antara sepatu satu dengan sepatu lainnya.


• Cermati penyimpanan sepatu yang ditata di dalam rak

Anda yang sudah terbiasa menyimpan segala kondisi sepatu dalam rak yang sama mulai saat ini perlu untuk merubah kebiasaan tersebut. Pasalnya, menyimpan sepatu masih bersih dengan sepatu yang terkena hujan ternyata berdampak pada kondisi rak. Bila rak terbuat dari kayu dan tetesan air masih mengalir dari sepatu, otomatis rak akan basah. Air kemungkinan juga akan merembes ke sela-sela kayu dan dalam jangka yang lama akan tumbuh rayap yang mengakibatkan kerapuhan pada rak sepatu. Untuk itu, hindarilah menyimpan sembarang kondisi sepatu dalam satu rak.

3 komentar:

  1. aku lebih suka yang terttutup tapi harus ada lubangnya juga sih ya. supaya gak terlihat sepatunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pernah punya rak sepatu seperti itu sih, mbak. yang digantung ya

      Hapus
  2. Kalau saya punya rak sepatu di rumah tapi buatan sendiri dari sisa-sisa potongan kayu, modelnya juga sengaja di buat miring biar kekinian dan mudah menyimpan dan membawa sepatu ketika pergi sekolah :)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)