Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, September 05, 2016

Beli Domain Dimana ya?

terimakasih sudah membeli domain di saya. Tenang, itu list domain masih ada "halaman selanjutnya" :)))


Kurang lebih sudah setahun kenal dengan Qwords, awal terjadinya kegalauan ingin ganti domain dari gratisan ke TLD. Jadi cari banyak referensi jasa layanan domain. Pertamanya googling, tapi kok bayarannya pakai dollar ya, wah kayaknya pilih yang lokal aja deh, daripada bayar pakai dollar. Googling lagi jasa layanan domain tapi yang ada di Indonesia, banyak banget yang menawarkan jasa layanan domain dan hosting, tapi kok ya ada beberapa keluhan, seperti tiba – tiba blog kena banned setelah beli di “anu”. Nah, horor kan ya kalau tiba – tiba ke banned tanpa sebab. Semakin galau lah harus kemana beli domain yang minim dengan masalah – masalah teknik, setidaknya customer service yang sigap dan cepat kalau ditanya – tanya.

Ketemu Qwords di twitter, saat itu kalau nggak salah sedang mengadakan kuis bagi – bagi domain gratis (meskipun pada akhirnya kurang beruntung untuk dapat domain gratis) tapi akhirnya beli juga domain .COM dengan harga miring karena ada event Qwords ulang tahun. Awalnya coba – coba pakai Qwords karena ngehitz juga di kalangan blogger, dan aktif jadi sponsor di lomba – lomba dan juga sponsor di berbagai seminar. Karena merasa “terkompor” beli domain mumpung murah.


Customer service yang baik hati.

Karena masih awam dengan setting DNS dan lain sebagainya, maka sangat mengandalkan customer service untuk menuntun gimana setting domain. Percayalah setting DNS pada waktu itu tidak semudah dengan setting DNS seperti saat ini, sekarang ada perubahan, lebih mudah dan sudah ada tutorialnya. Waktu itu selalu “buka tiket” untuk technical support. Rasanya setting untuk domain sendiri tuh semalaman, untung mas – mas technical supportnya sabar banget mau bantu step by step hingga di screenshot langkah mana untuk setting DNS, maaf merepotkan ya, mas.

Mulai menawarkan kepada teman – teman.

Karena sudah paham dengan setting dan merasakan diri pemakaian domain di Qwords tidak ada gangguan atau kecemasan, mulai percaya diri nih untuk nawarin ke teman – teman untuk menggunakan Qwords. Kalau mau jualan, pastinya harus percaya dong dengan barang dagangannya, kan suudah merasakan enaknya pakai Qwords, jadi nggak ragu kalau mau menawarkan ke teman – teman.

Sebenarnya tidak merasa kesulitan untuk menawarkan ke teman – teman karena Qwords sendiri sering sekali melakukan promo, berupa diskon awal bulan, diskon akhir bulan, diskon dengan paket hosting, diskon pembelian di kantor Qwords terdekat, diskon event hari tertentu (promo kemerdekaan, dll) hingga promo flash sale yang tentunya pengin borong domain karena harganya yang ramah di kantong. Apalagi sekarang nih, proses pembayaran bisa dilakukan dengan cepat, nggak perlu konfirmasi pembayaran, karena sudah ada kode unik untuk melakukan verifikasi pembayaran.
sebagian bukti pembayaran

Domain .COM masih mendominasi pembelian dari teman – teman, dan nggak hanya satu domain, teman – teman yang beli di aku, sudah mulai “berternak” blog nih, minimal dua domain yang TLD, domain untuk pribadi dan domain untuk usaha. Setiap bulan ada saja yang tanya promo domain, untungnya setiap bulan Qwords selalu mengadakan promo, jadi aku selalu menawarkan ke teman – teman, lebih hemat. Tak hanya sampai di situ.

Bagaimana dengan teman – teman yang masih awam tentang domain, hosting dan printilannya? Hal yang lumrah sih kalau banyak yang tanya, apakah blog itu sama dengan website, jika beli domain apakah harus beli hosting, dan masih banyak lagi. Aku berusaha menjelaskan dengan kata – kata yang mudah dipahami, misalnya apa bedanya website dengan blog? Maka, aku menjelaskan kalau blog lebih bersifat tulisan dengan opini pribadi (seperti blog yang kalian kunjungi saat ini) sedangkan website lebih ke e – commerce atau suatu laman berisi info suatu perusahaan. Kalau pertanyaan apakah beli domain harus dengan hosting? Menurut pendapat pribadi, tergantung pribadi masing – masing sih, meskipun blogspot yang notabene menggunakan hosting dari google (free) boleh banget kok beli hosting yang bisa disesuaikan kapasitasnya, kalau hanya beli domain saja, monggo.. dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang sepertinya mudah, tapi harus mencari kata – kata sederhana yang sekiranya mudah dipahami tanpa menimbulkan pertanyaan. Pernah juga sih, mengibaratkan kalau hosting itu rumah, sedangkan domain itu alamat. Jadi, kalau rumah kita penuh dengan perabotan, maka semakin sesak, begitulah hosting, jika kapasitas penuh dengan memory (tulisan, gambar, video, dll) maka perlu upgrade ke hosting yang berkapasitas lebih besar. 

Dengan pendekatan teman - teman seperti itu (ramah, dan menjawab pertanyaan dengan jelas) teman - teman jadi jadi lebih akrab ke aku, malah ada yang repeat order setelah pembelian pertama. Semoga selalu terpuaskan dengan pelayanan saya, dan data teman – teman tetap aman. Tak hanya menjual produk, semoga bisa mengedukasi juga.



3 komentar:

  1. Terimakasih Mbak Sari, saya termasuk yang terbantu dan terpuaskan dengan pelayanan Mbak Sari. :)

    BalasHapus
  2. wah wah pakai domain berbayar nih :-) Ngaruh juga ya pakai domain dot com lebih ringan dan gampang juga terindeks oleh google :)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)