Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, September 18, 2016

Cerita dan Laporan Donasi.


Panti Asuhan Hasyim Asyari



Awalnya nih, memang Bapak yang sering ke Panti Asuhan Hasyim Asyari, karena berbeda dari panti asuhan di sekitar rumah. Kalau panti asuhan yang lain sudah terbentuk unit usaha yang bisa memenuhi kebutuhan panti asuhan. Namun, panti asuhan hasyim asyari ini belum ada unit usaha dan memenuhi kebutuhan sehari – hari masih didapat dari bantuan para donatur. Memang sih salah satu pengurus juga sudah menyiapkan proposal yang disebarkan berbagai pihak meskipun sebenarnya juga ada masalah yang tidak bisa dijelaskan di blog ini.




suasana belajar ngaji.

Sering banget Bapak ngajak aku untuk ke panti, tapi dulu itu agak sungkan gitu, karena belum bisa bantu banyak. Akhirnya beberapa bulan yang lalu memberanikan diri untuk ikutan. Lahngsung hati terenyuh gitu lihat secara langsung adek – adek yatim dan fakir miskin sedang melakukan aktifitasnya yaitu belajar ngaji. Rumah pantinya cukup luas, mampu menampung sekitar lima puluh orang, dan saat itu melihat adek – adek yang masih kecil berlarian, kok ya malu sendiri ya, anak kecil tersebut gak ada raut muka yang bahagia bisa main, gak ada wajah sedih. Lah akunya kadang masih suka ngedumel.

Langkah pertama.

suasana belajar ngaji

Salah satu komunitas yang aku ikuti, tertarik untuk mengadakan bakti sosial, tapi bingung mau bakti sosial dimana, apakah sekolah atau pilihan yang lain. Kemudian, aku nyeletuk deh, “gimana kalau ke Panti Asuhan Hasyim Asyari yang memang butuh bantuan”. Ternyata banyak yang mau. Akupun ke panti asuhan itu lagi untuk bertanya – tanyha secara detail. Ya meskipun untuk mengumpulkan semua orang rasanya nggak mungkin ya, karena semua memiliki kesibukan masing – masing. Setidaknya aku punya data, jadi kalau ada yang mau mengadakan bakti sosial, aku sudah siap nih melaporkan data dan rencana untuk bakti sosial.

Laporan Donasi.


laporan donasi


Kemudian berfikir, sayang banget ya kalau hanya ke panti asuhan untuk survey tempat, gimana kalau langsung “bergerak” aja, untuk langkah awal, coba deh “colek – colek” teman dekat untuk berdonasi ke Panti Asuhan. Alhamdulillah teman – teman dekat menyambut baik dan banyak yang mendoakan agar acaranya sukses.

Alhamdulillah, pada tanggal 17 September 2016 sudah terkumpul uang sebanyak 1.150.000 dan bertepatan dengan hari dimana berkunjung ke Panti Asuhan Hasyim Asyari. Aku ke sana tidak sendirian, tapi ditemani oleh Bapak, Indah, Titin dan Candra. Bapak ikut biar suasananya lebih mencair gitu, kan kita – kita kan masih malu – malu kucing *eaaaak*.

Donasi yang sudah disumbangkan tidak luput dari bantuan teman – teman sekalian, terimakasih sudah menyisihkan sebagian hartanya, sudah mendoakan untuk kelancaran acara ini *peluk atu – atu*

Apakah masih bisa ikutan?

kegiatan belajar mengaji

Saat “colek – colek” teman untuk berdonasi, memang sebagian ada yang ingin menyumbangkan barang berupa baju bekas layak pakai. Namun, karena ada yang berada di luar kota jadi masih otw di pihak ekspedisi.

Jadi, insya Alloh, bulan depan akan menyalurkan bantuan teman – teman ke Panti Asuhan Hasyim Asyari. Maunya sih ya, kegiatan ini berkelanjutan, entah sebulan sekali, dua bulan sekali, yang penting ada kegiatan berdonasi.

Postingan ini merupakan curhatan, laporan sekaligus undangan untuk teman – teman yang ingin berdonasi. Masih terbuka lebar.


Minimal berapa duit sih kalau nyumbang?

panti asuhan hasyim asyari tampak depan

Pertanyaan ini paling sering ditanyakan. Nggak ada patokannya harus minimal nyumbang berapa, yang penting ikhlas.

Oiya, kegiatan ini belum ada namanya, jadi untuk bukti tanda terima dari Panti Asuhan, masih memakai nama Sari widiarti, dkk (dan kawan – kawan) kalau ada usul nama untuk kegaiatan ini, sialakan. Tapi kalau tidak keberatan dengan sari widiarti, dkk. Seterusnya memakai nama seperti itu.

Lagi banyak kebutuhan nih, belum bisa nyumbang dengan uang. Apa bisa nyumbang dengan barang?

Boleh banget. Bisa menyumbang peralatan sekolah, karena yang di panti asuhan merupakan anak – anak sekolah dari SD hingga SMA.

Oiya, sedikit bercerita. Kalau ada sebagian anak yang memang tinggal di panti asuhan dan ada yang tinggal di rumahnya masing – masing, karena di daerah sekitar panti merupakan masyarakat fakir miskin, jadi panti asuhan tersebut membuka lebar – lebar bagi anak – anak yang ingin dibantu. Tetapi ada syaratnya, jika ingin dibantu, mereka harus mau sekolah, dan biaya sekolah ditanggung oleh pihak panti asuhan. Biasanya mereka sekolah hingga SMA, tetapi jika ada yang mau meneruskan ke jenjang perguruan tinggi, pihak panti asuhan mau loh membiayai, tapi kebanyakan dari mereka yang sudah lulus SMA, langsung ingin bekerja untuk membantu adek – adek yang lainnya.



Kalau mau nyumbang, hubungi siapa?


Panti Asuhan Hasyim Asyari


Bisa menghubungi aku via

Facebook : www.facebook.com/sari.widiarti1

Twitter : @MentionSari

Line ID : mentionsari

Jika masih ingin tanya – tanya atau mengetahui tentang Panti Asuhan tersebut, bisa kontak aku.

Terimakasih untuk donasinya, doanya dan supportnya. Semoga segala kebaikan kalian dibalas berlipat – lipat oleh Alloh SWT. Aamiin.



4 komentar:

  1. beberapa waktu yang lalu saya malah mencari panti asuhan terdekat untuk bisa berbuat walaupun sedikit saja, sayangnya rumah kami di desa jadi kalau pengen ke Panti asuhan sangat jauh...maka, sangat bagus jika bapaknya yang telah sering ke Panti asuhandiikuti pulak sama anak gadisnya nan cantik rupawan itu, supaya tambah cantik luar dalam...gituh :D

    BalasHapus
  2. memang berbagi itu indah, apapun bisa kita bagikan untuk banyak orang

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah cukup dong ya 1jt lebih untuk membantu panti asuhan tersebut, kenapa masih malu-malu kucing mba ?

    BalasHapus
  4. Baiklah, one noted donation, amiiin

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)