Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, Oktober 26, 2016

4 Tips Mengusir dan Menangkap Tokek di Rumah

siapa yang rumahnya banyak tokek?




Tokek! Suara tokek atau cicak besar memanglah terkadang mengganggu kenyamanan di ruah. Tokek kerap datang masuk ke bagian rumah dan mulai bersuara. Memang, kehadiran tokek sendiri sebenarnya tidak mengganggu, hanya saja, ketika tokek bersuara, maka persoalannya menjadi lain.

Tokek sendiri sebenarnya memiliki habitat di hutan. Namun, tokek juga dapat tinggal di berbagai macam rumah. mulai dari rumah mewah hingga rumah dijual di depok. Banyak orang yang ngeri dengan binatang ini. Sehingga mencoba untuk mengusirnya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir dan menangkap tokek di rumah.

Cangkang Telur

Cangkang telur dapat digunakan dengan cara menempatkannya di beberapa bagian rumah yang menjadi sarang dari cicak atau tokek dan tempat yang sering dilewati oleh tokek. Dengan begitu, tokek akan mengira bahwa dengan adanya cangkang telur tersebut, ada kehidupan binatang lain selain mereka. Dengan begitu, mereka akan pergi dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk mengganti cangkang telur setiap 2 minggu sekali ya.

Air Merica

Air merica dapat menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk mengusir tokek. Caranya, anda tinggal mencampurkan merica dengan air sehingga menjadi larutan ke dalam wadah semprotan. Dengan begitu, Anda bisa menyemprotkan cairan tersebut ke tempat biasa tokek lewat atau bisa juga langsung ke sarang tokek. Cairan ini akan menaikkan suhu di sekitar tokek dan membuat mereka kepanasan sehingga mereka akan lari dari rumah anda. anda juga bisa menggunakan bubuk cabe.

Bawang Merah

Sama seperti merica, bawang merah juga makna memberikan efek yang serupa dengan air merica. Tidak hanya Ir, aroma bawang pun disebut ampuh untuk mengusir tokek. Cobalah untuk mengiris bawang merah dan menempatkannya pada wadah yang dapat disimpan di tempat bersembunyi tokek. Anda bisa mengganti bawang secara rutin seminggu sekali. Selain itu, anda juga bisa menggunakan bawang putih dan bawang Bombay juga.

Perangkap Bambu

Jika Anda merasa mengusir tokek tidak efektif, anda bisa menggunakan cara menangkap tokek. Anda tentunya bisa menangkap dengan tangan kosong, jika berani. Namun bagi yang tidak, anda bisa menggunakan jebakan bambu.

Caranya, siapkan bambu sepanjang kurang lebih 2 meter. Gergaji salah satu ujungnya hingga membuka. Simpanlah bambu tersebut selama seminggu di tempat tokek biasa muncul. Anda bisa mengecek bambu seminggu kemudian. Lakukan pengecekan pada siang hari saat mereka tertidur. Jika menemukannya, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam karung atau karung dan membuangnya.

8 komentar:

  1. Tips ini ngak berlaku untuk tikus ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kashi lem tikus aja :D

      Hapus
    2. Tikus mah dipancing pake duit gambar Soekarno ya mba, baru deh keluar dari sarangnya

      Hapus
  2. Nanti cangkang telurnya belum 2 minggu disemutin, hahaha... Anak saya suka ketakutan sama suara tokek, soalnya suaranya ada, tapi wujudnya kagak ada

    BalasHapus
  3. Baru tau kalau merica bisa juga mba. Saya ngga suka sm cicak dan tokek. Kalau buat cicak berlaku nggak? WKwk.

    Btw salam kenal ya mba :D

    BalasHapus
  4. inih salah satu hewan yang wajib dibunuh nih... karena doi dulu ikut bantuin tiupin apinya waktu Nabi Ibrahim mau dilempar ke dalam apih... mantap mbak tipsnya.. semoga banyak tokek" terbunuh dah!!! hehe lama" bakal ada tim pembasmi tokek inih hehe

    BalasHapus
  5. di rumahku belum pernah ada
    Cicak sih banyak, tapi berhubung nggak mengganggu yaudah sih dibiarkan bebas hihihi

    BalasHapus
  6. Aku sukak kasian sama tokek. Banyak diburu, Mbak. Hahah. Mungkin karena harganya mahal ya?

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)