Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, Oktober 03, 2016

SGM Eksplor : Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya.


Lengkapi nutrisinya, jadikan dunia sahabatnya.

Apa kaitannya nutrisi dengan tumbuh kembang dan ketrampilan emosi ataupun sosial pada anak?

Sebelum membahas inti dari topik nutrisi ini, mari baca cerita saya dari awal. Pada tanggal 1 Oktober 2016 berkesempatan untuk hadir di acara SGM Eksplor dalam acara “Dunia Sahabat Anak SGM Eksplor” banyak sekali wahan permainan sekaligus edukasi untuk anak – anak. Ada dunia samudra, dunia berkebun, dunia safari, dunia langit, bahkan kamu bisa naik kereta yang mengajak kamu keliling loh. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di setiap wahana, seperti : mewarnai, foto 3 dimensi, menanam sayur atau buah, melihat proses terjadinya hujan, dan masih banyak lagi. Banyak ayah dan ibu memanfaatkan momen ini agar lebih dekat dengan buah hati. Selain bisa bermain dan belajar. Para ibu bisa juga dapat mengikuti talkshow, karena SGM sedang melangsungkan kampanye “Lengkapi nutrisinya, jadikan dunia sahabatnya”




dari kiri : MC, dr. Dian (spesialis gizi), Mbak Anna (psikolog), Mbak Talita (Asistant brand manager SGM Eksplor).

Pembicara pertama adalah dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, seorang dokter spesialis gizi menyampaikan, “Nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang tepat dan lengkap, anak akan menjadi sehat. Salah satu cirri anak yang sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan salah satu wujud dari ketrampilan sosial yang dimiliki anak tersebut.”

menanam buah di dunia berkebun.

Peran nutrisi dibagi menjadi 2, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Jika kekurangan nutrisi, dalam jangka pendek, perkembangan otak, fisik dan organ metabolik tidak dapat berkembang secara optimal. Sedangkan untuk jangka panjang, menurunnya kemampuan kognitif dan pendidikan.

ayo menjelajah di dunia samudra


Perkembang anak dari tahun ke tahun akan berbeda, jika anak masih berumur 12 bulan / 1 tahun, pada umumnya si anak melakukan gerakan sederhana, seperti menggeleng atau melambai. Jika anak berumur 2 tahun bisa menunjuk benda yang dimaksud, sedangkan untuk anak berumur 4 tahun dapat melompat dan berdiri satu kaki hingga dua detik. Nah, biasanya nih ibu – ibu mendapatkan KMS (Kartu Menuju Sehat) bisa melihat perkembangan anak.

ayo berkebun


Ada 2 faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak :

Internal : genetik dan hormon.

Eksternal : prenatal (kehamilan) dan post natal. Nah dalam faktor eksternal ini sangat menekankan asupan nutrisi.

Dibutuhkan asupan nutrisi yang seimbang (karbohidrat, protein + lemak). Untuk makanan sehari – hari lebih baik jika jumlah sayuran lebih banyak daripada lauk – pauk. Susu berperan sebagai asupan tambahan untuk anak – anak. Selain memperhatikan asupan nutrisi, pemberian makan pada anak juga harus diperhatikan, seperti ; jangan makan sambil nonton televisi atau main gadget, usahakan anak fokus kepada makanannya, berikan pendampingan saat anak makan, peka terhadap rasa lapar dan kenyang pada anak.

seru!!


Selain berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, nutrisi juga berpengaruh terhadap perkembangan emosi dan sosial terhadap anak.

Pembicara kedua adalah Psikolog Anna Surti Ariani menjelaskan, “Menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik. Dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan terhadap stress, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang supel di kemudian hari.”

dunia langit, melihat proses terjadinya hujan.


Apa saja keterampilan sosial yang perlu dikuasai oleh anak?

1. Berteman dan bekerjasama.

2. Selesaikan atau damaikan pertengkaran.

3. Peduli terhadap yang sakit / kekurangan.

4. Marah tanpa ganggu orang lain.

5. Sabar menunggu (mengantri).

6. Ikut aturan.

Mengapa sih anak perlu menguasai keterampilan sosial? Agar anak bisa supel dengan lingkungannya, anak lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, anak – anak lebih bersemangat untuk sekolah.

Kemampuan emosi dan sosial anak yang umurnya 1 – 3 tahun, diantaranya paham dirinya adalah perempuan atau laki – laki, tidak banyak bicara satu sama lain, kadang takut dengan orang baru, senang melihat dan mengatur. Kemampuan emosi dan sosial anak 4 – 6 tahun, diantaranya paham beda jujur dan bohong, senang humor dan berimajinasi.

Stimulasi untuk anak 1 – 3 tahun bisa dilakukan dengan cara menagajak anak mengamati orang lain, tegas terhadap anak bila melakukan kesalahan, perbanyak berteman dengan anak seusia.

Berbekal lebih dari 60 tahun pengalaman dalam menyediakan produk nutrisi bagi anak – anak Indonesia, SGM Eksplor merupakan hasil kolaborasi pusat penelitian Sarihusada di Yogyakarta dan pusat penelitian Nutricia di Singapura dan Belanda yang selalu berkomitmen untuk memberikan produk – produk inovatif untuk membantu perkembangan anak. Presinutri+ mengandung nutrisi untuk 4 manfaat fungsional yang dibutuhkan untuk si kecil.

Dan yang paling utama adalah peran orangtua merupakan faktor penting untuk pemenuhan nutrisi bagi anak.

1 komentar:

  1. anaknya kakak pas balita minum SGM, diganti susu lain gak mau.
    tuh anaak tumbuh jadi anak pinter.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)