Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Oktober 18, 2016

Tips mencuci piring yang mudah dipraktikkan

tips mencuci piring

Seperti biasa, setiap bulan disibukkan dengan belanja bulanan, adakah teman – teman di sini yang diserahkan tanggung jawab untuk belanja bulanan? Meskipun belum menikah, dan masih tinggal dengan orangtua, tapi kalau urusan belanja bulanan sudah jadi tanggung jawabku. Setiap awal bulan mencatat apa saja yang sudah habis, mulai dari kebutuhan pribadi, kebutuhan kamar mandi hingga kebutuhan dapur. Kalau aku sering membeli lebih dari satu yang sekiranya ukurannya kecil, agar hemat. Seperti membeli sabun, pasti gigi maupun sabut spons untuk cuci piring.

Saat memilih sabut spons cuci piring, banyak sekali pilihan, ternyata ada produk Scotch-Brite yang berbeda warna, sabut spons yang biasa aku pakai warnanya hijau, ternyata ada lagi yang berwarna merah muda. Wah, baru tahu ternyata beda warna, beda fungsi juga. terlihat dari kemasan Scotch-Brite, yang warna merah muda merupakan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket, tentunya teflon membutuhkan perlakuan khusus untuk membersihkannya. Sedangkan Sabut Spons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak.

Sabut spons hijau

Awalnya memakai sabut spons Scotch-Brite berasal dari keresahan, sebelumnya sering beli sabut spons karena beberapa kali pemakaian, sabut spons sudah kempes dan juga mudah sobek. Meskipun harga sabut spons ramah di kantong, tapi kalau sering beli sabut spons, lumayan kan duit yang dikeluarkan. Lebih baik pilih sabut spons yang bagus dan juga awet daripada bolak – balik harus beli sabut spons. Ketika itu beli di minimarket, ada pilihan sabut spons yang hijau dari Scotch-Brite, aku membandingkan dengan yang lain. Pertama, pencet sabut spons Scotch-Brite, cukup pencet bagian pinggirnya, sabut spons Scotch-Brite terasa lebih tebal. Kedua, lihat lebih dekat, pori – pori sabut spons Scotch-Brite lebih rapat, tidak cepat sobek saat pemakaian. Nah, dari itulah langsung pilih sabut spons Scotch-Brite, ternyata memang benar awet. Jadi tidak heran kalau beli sabut spons Scotch-Brite 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama.

sabut spons merah muda.

Setelah membeli Scotch-Brite, langsung dipakai untuk cuci piring. Tapi, kalau mencuci teflon, ada tips sederhana. Setelah selesai memasak, jangan langsung dicuci, apalagi langsung terkena air saat teflon masih panas. Diamkan sejenak teflon yang telah dipakai, diamkan hingga suhu teflon normal. Nah, setelah itu boleh dicuci. Untuk teflon dan alat makan pakai sabut spons Scotch-Brite yang berwarna pink, sabut spons anti gores. Karena sabut mengandung serat dan mineral berkualitas dan juga sabut dibuat dengan teknologi yg ampuh membersihkan kotoran.

Ada juga tips sederhana untuk teman – teman yang sering memasak bahan makanan yang aromanya kuat, seperti masak telur atau masak ikan, yang memang menimbulkan bau amis. Ketika selesai masak, tempat bekas ikan atau telur, jangan langsung dicuci, beri perasaan lemon dan diamkan sejenak hingga bau amis hilang, jika ingin mencucinya, pisahkan dengan perabotan masak yang lain, setelah didiamkan, cuci dengan sabun pencuci piring seperti biasanya. Pakai sabut spons Scotch-Brite agar 3X lebih bersih mengangkat kotoran dan 3X lebih tahan lama untuk pemakaian sabut spons Scotch-Brite.

Semoga tips sederhana yang aku berikan, membuat teman – teman lebih perhatian untuk merawat alat masak maupun alat makan.

4 komentar:

  1. Oalah, baru tau kalau diamkan hingga suhu teflon jadi normal. Mungkin lain kali kalo lagi cuci piring, gue diemin dulu aja deh. Kayak Nyokap. Habisnya tiap liat yang kotor, mata gatel langsung pengin cuci. XD

    BalasHapus
  2. Kalo saya nyuci piring sukanya pakw spons sob
    Jadi sponsnya bisa nyuci sendiri loh

    BalasHapus
  3. Kalo belanja kebutuhan dapur, serahin ke istri saya aja, ribet ➕ bingung. Tapi kalo keperluan motor, saya sendiri yang belanja, hahaha...

    Trims tipsnya ya, kalo saya biasanya direndam pake air panas dulu, abis ntu baru dicuci pake sabun lemon 🍋

    BalasHapus
  4. Saya kalau beli sabun cuci piring biasanya nyari yg ada gratisan sponge-nya :D

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)