Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, Desember 15, 2016

Persada Indonesia : Umrah dan Haji Secara Eksklusif


persada indonesia
manasik akbar

Persada Indonesia, biro penyelenggara umrah dan haji yang sudah 27tahun melayani para jamaah haji dan umrah. Pada tanggal 10 Desember berkesempatan hadir dalam acara “Manasik Akbar 2016 dan Anniversary 27th” di The square ballroom ICBC Center, Surabaya. Diharapkan acara manasik sekaligus Annyversary ini dapat memberikan edukasi ibadah haji maupun Umrah. Acara dimulai sekitar pukul 8.20 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh ustad Abil Malik. Para jamaah yang hadir nampak larut dengan lantunan ayat suci Al Quran. Kemudian acara dilanjutkan oleh info program perjalanan dan travel yang disampikan oleh Ustad Subian dari pihak Persada Indonesia. Bapak Ustad Subian memberikan arahan kepada jamaah umrah yang hadir untuk senantiasa berdoa agar sehat walafiat sebelum berangkat hingga saat menunaikan ibadah umrah. Setiap rombongan akan ada guide atau pendamping profesional dan berpengalaman, dimohon untuk para jamaah mengikuti arahan dan tidak nyelonong keluar dari rombongan, karena saat berada di lokasi, jamaah tidak hanya berasal dari Indonesia saja melainkan dari penjuru dunia. Jamaah umrah Persada Indonesia akan berangkat dari Bandara Juanda Surabaya langsung terbang menuju Madinah. Tak lupa ustad Subian memanjatkan doa agar ibadah umroh yang dilaksanakan menjadi umroh yang mabrur.


manasik akbar dan annyversary 27th

Fiqih Umrah.

Untuk memantapkan ilmu tentang umrah, dilanjutkan pemateri kedua yaitu Fiqih Umrah yang dibawakan oleh Ustad Masrur.

Sebelum berangkat umrah, pastikan niat kita untuk memenuhi panggilan ALLAH SWT, bukan niat belanja atau plesiran. Ada dua perkara saat haji atau umrah, yang pertama adalah niat yang benar, ibadah hanya untuk ALLAH SWT, yang kedua adalah melakukan ibadah sesuai yang diajarkan oleh Rasullah.

Umrah disebut juga dengan haji kecil, yang diwajibkan bagi umat muslim yang mampu untuk menunaikannya satu kali dalam seumur hidup. Boleh untuk menunaikan lebih dari satu kali, namun hukumnya menjadi sunah. Hukumnya menjadi wajib saat melaksanakan umrah yang pertama, ketika melaksanakan umrah yang kedua dan seterusnya adalah sunah.

jamaah umrah yang akan berangkat Desember ini 


Rukun umrah 

1. Niat ihram. Dilakukan di Miqat (tempat untuk memulai ibadah haji atau umrah) dan telah memakai dua helai pakaian ihram yang tanpa jahitan bagi laki – laki, adapun bagi wanita tanpa ada ketentuan yang harus dipakai, namun wajib menutupi aurat kecuali muka dan kedua telapak tangan.

2. Tawaf. Mengelilingi ka’bah tujuh kali dimulai dari sudut Hajar Aswad dengan niat tawaf umrah dan melakukan tawaf harus suci dari dua hadast dan suci dari najis. Dimana tidak ada ketentuan doa – doa khusus yang harus dibaca.

3. Sa’i. berjalan melintasi antara bukit Shafa dan bukit Marwah sebanyak tujuh kali yang dimulai dari Shafa dan diakhiri di bukit Marwah dan melakukan sa’i tidak diharuskan mempunyai wudhu tetapi harus suci dari hadast besar dan bagi laki – laki lari – lari kecil diantara tiang hijau. Dimana tidak ada ketentuan doa – doa khusus yang harus dibaca. Boleh loh minum saat sa’i.

4. Tahalul. Menghalalkan diri dari semua larangan – larangan bagi umrah setelah niat ihram dari miqat dengan menggunting rambut setelah selesai semua rangkaian ibadah umrah.

5. Tertib (berurutan).

jamaah umrah


Ustad Masrur juga memberikan tutorial atau cara memakai pakaian ihram untuk laki – laki. Adapun sunah – sunah sebelum memakai ihram, yaitu :

1. Membersihkan diri (Mandi).

2. Memakai pakaian warna putih dan bersih.

3. Memakai wangi – wangian.

4. Sholat sunah ihram dua rakaat.

Seperti dijelaskan di awal, karena wanita tidak ada ketentuan pakaian ihram, tetapi harus menutup aurat kecuali wajah dan kedua telapak tangan, warna ihram tidak ditentukan. Pakai warna hitam atau putih, boleh saja. Ustad masrur juga menjelaskan apa sih kegunaan kelebihan kain ketika ihram telah dipakai. Kelebihan kain tersebut berfungsi sebagai pegangan istri saat thawaf dan agar istri mengingatkan sang suami saat ketemu wanita lain yang bening – bening, hahaha..😆😆 ya tau sendiri lah, kalau di sana banyak sekali jamaah dari penjuru belahan dunia, tidak menutup kemungkinan bertemu wanita yang bening.😂😎

Setelah membaca niat ihram, kumandangkan Talbiyah. Hikmah Talbiyah :

1. Kita adalah sosok yang diundang oleh ALLAH SWT, dan siap untuk menjalankan ibadah.

2. Harus siap untuk menjauhi segala laranganNya.

3. Siap membantu dan menolong siapa saja. Saat melaksanakan umrah, pasti bertemu dengan jamaah dari Negara lain, berikan pertolongan dari jamaah yang membutuhkan. Tidak memandang dia miskin atau kaya, tua muda, berasal dari Negara mana, jika ada jamaah lain yang kesusahan hendaknya saling tolong – menolong. Hakikatnya, kita menolong orang, berarti kita menolong diri sendiri. Karena suatu saat saat kita berada dalam kesusahan, nanti kita menerima bantuan.

4. Siap “dipanggil” oleh ALLAH SWT saat ibadah. Kematian merupakan rahasia ALLAH SWT, jadi kita harus siap saat beribadah dihadapkan oleh kematian.

larangan – larangan bagi orang – prang berihram :

1. Bagi laki – laki dilarang memakai pakaian yang berjahit : baju, celana, kaos dan lainnya.

2. Bagi laki – laki dilarang memakai sepatu / kaos yang menutup mata kaki.

3. Bagi laki – laki dilarang menutup kepala (kopyah, sorban, topi), paying boleh.

4. Bagi wanita dilarang menutup wajah dan telapak kepala.

Jika melarang, pertama kali hendaknya ada yang mengingatkan, barangkali jamaah lupa, tetapi kalau sudah diperingatkan tetap saja melakukan pelanggaran, dikum dengan memotong kambing saat ibadah umrahnya selesai.

Bagi laki – laki dan perempuan dilarang :

1. Menikah dan dinikahkan.

2. Melakukan hubungan atau bercumbu antara suami istri.

3. Melamar wanita yang akan dinikah.

4. Memotong atau melakukan apapun yang mengakibatkan jatuhnya rambut atau kuku.

5. Memakai pakaian atau ganti yang terkena wangi – wangian.

6. Berburu atau membunuh binatang atau mengganggunya dengan cara apapun.

7. Memotong atau merusak pohon atau tanam – tanaman.

8. Bertengkar dan mencaci – maki atau mengucapkan kata – kata keji/kotor.

9. Membuka aurat.

10. Memakai wangi – wangian, kecuali dipakai sebelum niat ihram.




Kewajiban – kewajiban Umrah :

1. Berihram dan berniat dari miqat.

2. Menjaga larangan – larangan ihram.

Bagaimana hukumnya jika anak – anak melaksanakan umrah, padahal kan anak – anak belum baligh? Tidak apa – apa jika anak – anak melaksanakan umrah, nantinya pahalanya akan mengalir ke kedua orangtua.


Ustad Samsul Arifin


Hikmah umrah.

Acara dilanjutkan dengan materi hikmah umrah yang dibawakan oleh Ustad Samsul Arifin, yang merupakan direktur Persada Indonesia. Berbeda dari materi sebelumnya, hikamh umrah dibawakan dengan syahdu, membawa kita untuk bermuhasabah diri.

Apapun yang kita miliki saat ini hanyalah titipan dari ALLAH SWT, suatu saat ALLAH SWT akan mengambil sesuatu dari kita, mengapa kita mengeluh? Padahal itu hanyalah titipan. Jangan berat untuk melepaskan titipan. Jadilah seperti tukang parkir, karena semua mobil atau motor bukan miliknya. Sebelum melaksanakan ibadah umrah hendaknya perbaiki niat, niat untuk ibadah, apapun yang terjadi ketika sebelum berangkat maupun saat pelaksanaan umrah harus ikhlas. Apalagi saat akan berangkat, kita mengalami musibah, hendaknya ikhlas atas cobaanNya. Niat yang baik saat umrah, benar – benar berniat untuk beribadah, karena tanda haji atau umrah yang mabrur adalah mulut kita terkunci dari gibah, dan tangan yang selalu bersedekah.

Kunci agar dapat ibadah secara maksimal adalah bersyukur, ikhlas tidak akan muncul ketika hati tidak bersyukur. Niatkan semuanya hanya karena ALLAH SWT, dan semoga para jamaah yang hadir dalam acara Manasik Akbar, termasuk orang – orang yang berada di surganya ALLAH SWT, aamiin. Lampu mulai diredupkan, acara berdoa pun dimulai, memanjatkan doa agar ibadah umroh, mendoakan orang – orang terdekat yang akan kita tinggalkan saat melaksanakan ibadah umroh dan doa – doa untuk kebaikan bangsa Indonesia.

Kalau sudah memahami materi yang disampaikan, bisa dong menjadi Muslim Cerdas dengan Ibadah Cerdas. Materi disampaikan agar jamaah mengerti dan tidak salah untuk melaksanakan ibadah umrah. Ibadah Cerdas membuat pelaksanaan umrah semakin maksimal.

zaskia dan irwansyah


Zaskia Sungkar dan Irwansyah.

Hadir juga bintang tamu Zaskia sungkar dan Irwansyah, pasangan suami istri yang nantinya akan umrah bersama Persada Indonesia. Berbincang tentang bisnis yang digelutinya, Zaskia yang saat ini berbisnis di bidang fashion muslimah akan melebarkan sayap ke bisnis kuliner, khususnya oleh – oleh khas Surabaya dan akan launching dalam waktu dekat ini. Sebelum membicarakan pengalaman umrah, bincang – bincang bisnis terlebih dahulu, dan ada juga dua ustad yang berbicara tentang bisnis.

Di sesi tentang bisnis, jamaah disuruh untuk angkat tangan, siapa yang menjalankan bisnis. Ternyata cukup banyak yang pelaku bisnis, khususnya bisnis fashion. Semoga ibadah umrah ini dapat membuka pintu rejeki, tentunya kelancaran rejeki atas kehendak ALLAH SWT, kita sebagai hambanya terus berikhtiar dan berdoa untuk kelancaran rejeki. Sudah kita ketahui jika Mekah dan Madinah merupakan tempat yang mulia di muka bumi. Boleh saja memanjatkan doa untuk kelanjaran rejeki saat berada di Mekah maupun Madinah, apalagi jika berangkat bersama istri, dan anak – anak maka semakin bertambah kenikmatan. Nantinya setelah umroh diharapkan jamaah tetap keep in touch, kalau bisa bikin grup alumni agar tetap terjalin silaturahmi.

ciyeee

Zaskia sangat senang bisa umrah bersama jamaah lainnya, tentu nanti saat melaksanakan ibadah umroh, zaskia dan suami diharapkan diperlakukan seperti jamaah lainnya, jangan fokus dengan foto selfie bersama Zaskia dan suami. Zaskia juag berbagi pengalaman saat umrah, yang pengin banget mencium Hajar Aswad, apapun yang terjadi pokoknya harus mencium Hajar Aswad. Ternyata, ada saja halangan untuk mencium Hajar Aswad, dari pengalamannya, Zaskia memetik pelajaran, kalau yang terpenting jika memiliki keinginan harus bersabar dan terus berdoa. Selain mendengar kisah dari Zaskia, Irwansyah juga menunjukkan kebolehannya yaitu membaca ayat suci Al Quran, eank banget suaranya. Diharapkan untuk umrah kali ini, ibadahnya lebih khusyu’ lagi. Sebenarnya pasangan suami istri ini tidak ada doa khusus, ingin lebih mabrur, pastinya berharap untuk mendapat anak, tetapi bukan doa yang utama, Zaskia menjelaskan jika ALLAH SWT akan memberikan buah hati jika memang sudah saatnya, Zaskia ingin terus – menerus menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu ustad menjelaskan jika mencium Hajar Aswad adalah sunah, tetapi dosa besar jika saat mencium Hajar Aswad malah menyikut atau memukul jamaah lain. Jangan ngotot mencium Hajar Aswad, apalagi hingga menyakiti jamaah lainnya.

Terakhir, dibuka sesi pertanyaan

1. Bagaimana hukumnya jika uang cukup untuk berangkatkan istri saja, sementara tabungan suami belum cukup untuk umrah? Tidak apa – apa istri berangkat umrah sendiri. Tetapi apakah siap meninggalkan suami di rumah? Pasti akan terjadi gejolak batin. Lebih baik uangnya untuk mengumrahkan orangtua, nantinya orangtua mendoakan agar kedua anaknya dapat berangkat umrah bersama – sama.

2. Bagaiaman jika dana umrah berasal dari dana hutang? Ya boleh saja, tetapi harus ada niat untuk melunasinya.

Untuk pelaku bisnis, sebaiknya sebelum berangkat umrah pastikan sudah memiliki sistem keuangan. Perhatikan sistem manajemen untuk operasional, catat daily activity bisnis agar tahu informasi bisnis, lakukan sistem pendelegasian bisnis. Setelah melakukan persiapan yang matang, kemudian berserah diri dan tak lupa untuk persiapan lahir dan batin.



Ustad Samsul Arifin


Perjalanan Persada Indonesia.

Tentunya umur 27tahun sudah dianggap sudah dewasa, sudah lepas landas, sudah mandiri. Berkesempatan untuk mewawancari Direktur Persada Indonesia, Samsul Arifin, beliau mengucapkan rasa syukur karena selama 27tahun dapat melayani jamaah haji maupun umrah dengan pelayanan terbaik. Seperti yang kita ketahui, jika Persada Indoensia terkenal dengan pangsa pasar middle – top (menengah ke atas). Samsul arifin tidak ingin ikut – ikutan untuk “perang” harga agar menjadi biro perjalanan haji dan umrah yang termurah, karena biaya – biaya haji dan umrah harus diperhitungkan dengan cermat, harus tahu batas limit biaya, karena jika sewaktu – waktu harga pesawat naik, biro perjalanan tidak merugi. 😎

Sebagai pembeda, Persada Indonesia melayani pangsa pasar middle – top, memberikan pelayanan yang eksklusif, misalnya menjemput jamaah umrah dari rumah menuju bandara Juanda, melayani hanya 3 – 4 bis yang menampung jamaah, nggak terlalu banyak menampung jamaah, bagi yang super sibuk, bisa memilih paket platinum (4-5 jamaah) yang disediakan oleh Persada Indonesia, 4 hari umrah. Pada tahun 2015 sudah melayani kurang lebih 3ribu jamaah haji dan jamaah haji sekitar 5ribu. Meskipun target pasar eksklusif, tetap saja banyak peminatnya, rata – rata mereka (jamaah) menginginkan rasa nyaman (nggak unyel – unyelan). Pak Samsul arifin menambahkan kalau pangsa pasar travel haji dan umrah sangat bagus, karena dibuktikan dengan semakin banyak biro travel yang bermunculan. Tetapi tetap harus teliti sebelum mempercayakan perjalanan kamu ke biro travel, harus cek perijinan, jangan sampai gagal berangkat karena biro travel yang kamu pilih belum lengkap surat – suratnya. Alhamdulillah Persada Indonesia sudah mengantongi perijinan perjalanan haji khusus dan perijinan perjalanan umrah, anggota dari ASITA (Association of Indonesia tours and travel Agency) , anggota dari HIMPUH (Himpuanan Penyelenggara Umrah dan Haji Republlik Indonesia, adalah asosiasi yang ada di Indonesia dan di dalamnya adalah perusahaan penyelenggara umrah dan haji yang telah memiliki ijin departemen agama pemerintah). 💗

PersadaKita

Untuk mendaftar haji atau umrah bisa melalui aplikasi PersadaKita, langsung saja download di google playstore. Adanya aplikasi PersadaKita untuk mempermudah jamaah haji atau umrah mendaftar hanya dengan satu jari. Persada Indonesia, Enlightening Umrah and Hajj.

3 komentar:

  1. Pengen banget bisa berangkat umroh dulu. Belum cukup dana#hiks, harus lebih rajin menabung lagi. Semoga tahun depan bisa berangkat, aamiin..

    BalasHapus
  2. Hmm, ibadah umrah ya. Pingin sih.. cuma biayanya yang nggak ada :(
    Tap aplikasi ini memudahkan buat yang daftar sih, semoga banyak yang terbantu dengan aplikasi ini

    BalasHapus
  3. Tulisannya sangat bermanfaat, setelah saya membacanya saya serasa sudah siap berangkat umroh. mungkin karena saat membacanya ngebayangin ada di tanah suci. terima kasih infonya.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)