Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, Januari 21, 2017

Ketika Asal klik Saat Download Aplikasi.

jangan asal klik

Apakah ada yang menyadari kalau Bloger harus dituntut lebih dari yang kita kira? Dulunya, aku anggap bloger ya sekedar nulis aja, punya Microsoft office sudah mumpuni untuk jadi bloger, nulis di Ms. Word, kemudian dipindah di blog, terus posting. Udah deh, beres! Kalau sekarang bloger harus dituntut lebih dari itu, ya memang sih content is king, tapi bisa edit video, edit foto dan hal yang menunjang eksistensi blogmu, bakalan bikin betah para pengunjung, tanpa harus share di social media, pengunjung bakalan balik lagi ke blogmu bila ada update post.

Tenang, aku sendiri masih harus banyak belajar ini itu, belajar dari para bloger yang memang sudah serius dalam memanjakan mata para pengunjung. Selain bakat, perlu juga modal untuk mempercantik foto, video maupun grafis. Banyak aplikasi yang dapat di install di smartphone maupun notebook. Kalau edit foto yang ringan – ringan sekedar posting untuk instagram, kebutuhan nge-buzz, cukup edit lewat smartphone.

Kalau untuk posting di blog, seringnya sih ngedit foto di notebook. Edit sederhana, saturation, brightness, tapi lumayan banyak sih foto yang diedit. Butuh dong yang namanya aplikasi untuk edit. Banyak sekali aplikasi editing foto maupun video gratis yang beredar di google, cari dengan keyword aplikasi yang ingin di download.

Jadi udah beberapa kali sih install aplikasi editing, eh ini install yang versi gratisan, jadi bebas untuk di download, tetapi karena berasa sok pintar, asal aja download lewat semacam web download, nggak tahunya banyak banget iklan yang muncul, entah karena kurang hati – hati atau iklan berupa link meyerupai link download aplikasi, jadi asal klik, dan ternayata malah download aplikasi aneh dan nggak perlu ๐Ÿ˜–.

Hati – hati ya kalau terjadi seperti itu, kalau memang aplikasi tersebut gratis, langsung saja download ke web official aplikasi tersebut ๐Ÿ˜„. Tetapi, kalau kalau butuh aplikasi yang bebayar, gunakan aplikasi yang asli, atau kalau nggak punya duit, bisa tuh minta teman untuk install aplikasi, itupun kalau dikasih, hehehe๐Ÿ˜‚. Tapi, sepengalamanku, aplikasi yang gratis tersebar di google sudah mumpuni kok untuk edit foto atau video, kitanya yang memang harus kreatif dan punya taste akan menghasilkan editing yang memanjakan mata. Apapun dan menggunakan aplikasi yang mana saja, yang penting hasilnya bisa bikin betah yang menikmati foto ataupun video. Oiya, kalau lagi kuota berlimpah, ada juga aplikasi editing yang online, bisa dipakai tuh, nggak perlu ribet install.

Tetapi, bagaimana kalau sudah terlanjur klik yang gak jelas seperti aku? Entah aku klik link download yang berakibat virus atau atau apa, setelah klik link, eh muncul beberapa aplikasi yang nggak sengaja aku download, dan berakibat browser-ku nggak aman untuk berselancar di internet, dan tiba – tiba download antivirus lainnya, duh makin mumet jadinya, ada dua antivirus di satu notebook. Akhirnya, satu persatu aku uninstall, tapi nggak ada efek. Karena masih belum bisa berselancar di google. Ya sudah lah pasrah, akhirnya notebook di restore ๐Ÿ˜ข. Sebelum restore amankan dulu file – file penting. Restore ke tanggal sebelum terjadinya download aplikasi yang nggak jelas. Kalau belum bisa, bisa reset factory, ini sih jalan terakhir, karena kalau reset, aplikasi apapun yang ada di notebook benar – benar hilang!

awalnya restore, tapi tetap notebook masih eror, ya udah deh di reset

Aku pakai pilihan reset factory, Alhamdulillah notebook kembali "sehat"๐Ÿ’“ dan lebih ringan karena banyak aplikasi yang sudah dihapus. Kemudian install aplikasi gratisan di web official. Untungnya bisa install aplikasi yang aku inginkan, dan bisa kok diinstall di notebook yang kecil berukuran 10 inch, punyaku notebook Acer, dulu sih harga notebook acer sekitar 3jutaan, meskipun mungil, performa handal dan awet, install beberapa aplikasi, masih bisa “jalan” notebooknya๐Ÿ’•, punya notebook Acer dari jaman kuliah dulu, kira – kira sudah 6 tahun, benar – benar teman setia untuk menghasilkan uang dan sebagai hiburan๐Ÿ˜‚. Ada yang ingin merencanakan beli notebook? Yang terpenting, pikirkan dulu beli notebook untuk apa? Untuk akademi, untuk professional atau untuk game? kalau sudah tahu tujuannya beli notebook, nantinya akan mempermudah produk notebook yang akan dibeli.

3 komentar:

  1. wahhh iyaaa ak juga pernah kek gitu, dia lebih mementingkan dirinya sendiri tapi tidak mementingkan orang lain demi mendapatkan sebuah dolar atau pun uang, bahaya nya jadi ditanggung yang download deh

    BalasHapus
  2. ya benar, sebaiknya kalau mau download aplikasi diperhatikan URL nya dulu. jika ada link yang mencurigakan atau hanya jebakan belaka jangan kita klik agar tidak kenak efek. karena terkadang berisi Link Iklan ada pula virus.

    BalasHapus
  3. Saya juga pakai Acer udah lama, awet memang, tapi yang penting pemakaiannya tetap harus hati-hati. Wah kalo udah virus gitu, mending dihapus langsung, kalo nggak bisa mau nggak mau ya terpaksa factory reset, kayak yang mba Sari lakuin...

    Harus lebih hati-hati lagi nih kalo mau download software di internet, soalnya banyak program berbahaya yang nyamar loh..

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)