Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, Maret 27, 2017

Informasi Seputar Smartphone Samsung Yang Harus Anda Tahu

smartphone


Dewasa ini siapa yang tidak kenal dengan smartphone Samsung? Tentu hampir semua orang di dunia khususnya di Indonesia sangat mengenal dengan jelas semua produk dari Samsung. Hal tersebut karena saat ini Samsung menjadi produsen smartphone terbesar di dunia. Bahkan kesuksesan Samsung saat ini telah mengalahkan Apple dengan iPhone-nya.


Sejarah Perkembangan Smartphone Samsung


Sebelum menjadi raja smartphone seperti sekarang ini, Samsung telah menjalani berbagai macam perkembangan dan inovasi. Perusahaan asal Korea Selatan ini sebelum terjun dalam ranah ponsel, Samsung telah telebih dahulu dikenal sebagai perusahaan pembuat barang-barang elektronik seperti televisi, Monitor, AC, kulkas dan lain sebagainya. Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi Samsung untuk merajai pasar smartphone di dunia. 

Awal kesuksesan Samsung dimulai pada tahun 2009. Ketika itu Samsung meluncurkan smartphone android pertamanya yang diberinama Samsung i7500. Smartphone Samsung pertama ini menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3.2 inci. Sistem operasi android yang digunakan pada saat itu adalah android Cupcake 1.5. Keberhasilan tersebut terus berlanjut hingga pada tahun 2010 Samsung meluncurkan seri Galaxy S. Galaxy S inilah yang sebenarnya membuka jalan kesuksesan smartphone Samsung dalam platform android. Penjualan Samsung Galaxy S sangatlah tinggi. Jika boleh flashback sejenak, pada tahun 2011 Samsung berhasil menjual Galaxy S hingga 10 juta unit. Kesukesan tersebut terus berlanjut pada seri-seri berikutnya seperti pada Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III. Bahkan tak hanya itu, seri-seri Galaxy lainnya pun memperoleh sambutan tinggi di pasaran. 

Sebetulnya, sebelum menggunakan sistem operasi android, Samsung telah terlebih dahulu mengembangkan sistem operasi sendiri yang disebut dengan OS Bada. Penamaan tersebut diambil dari bahasa Korea yang memiliki arti lautan. Pada tahun 2010 sebelum meluncurkan Galaxy S, Samsung meluncurkan ponsel berbasis OS Bada pertamanya yang dinamakan dengan Samsung Wave S8500. Smartphone Samsung ini menggunakan prosesor single core 1 GHz dengan GPU PowerVR SGX 540. Layarnya menggunakan teknologi SUPER AMOLED berukuran 3.3 inci. Ponsel dengan OS Bada ini juga memiliki kemampuan merekam Video HD 720p. Ponsel ini pun sempat terjual sebanyak 1 juta unit dalam 4 minggu pertamanya. Namun seiring terus menurunnya penjualan, akhirnya Samsung memutuskan untuk tidak melanjutkan OS Bada dan beralih pada OS Tizen. Akan tetapi respon pasar pada OS Tizen pun tidak terlalu baik. Samsung juga sempat meluncurkan ponsel dengan OS Windows Phone 7 dengan nama Samsung Omnia 7. Keseluruhan tingkat penjualan smartphone Samsung tadi belum dapat menyaingi tingkat penjualan Samsung Galaxy, sehingga sampai saat ini Samsung hanya memfokuskan diri pada smartphone dengan OS android. 

Berbagai Varian Smartphone Samsung


Smartphone Samsung memang terkenal dengan berbagai macam inovasi dan kualitasnya. Smartphone Samsung yang dipasarkan mimiliki berbagai macam varian yang memang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Karena kebutuhan setiap penggunanya yang berbeda-beda itulah spesifikasi yang ditawarkan Samsung pun berbeda-beda. Hal ini tentu berpengaruh pada harga smartphone Samsung itu sendiri. Berbagai macam varian tersebut dimulai dari segmen entry level hingga segmen premium. 

Pada segmen entry level, Samsung memiliki beberapa tipe yang dibanderol dengan harga mulai dari 700 ribu hingga 1 juta. Sayangnya smartphone Samsung pada segmen ini memiliki spesifikasi yang tergolong rendah. Ukuran layarnya rata-rata sangat kecil dan belum mengadopsi teknologi jaringan 4G. Akan tetapi pada akhirnya, karena tuntutan pasar, Samsung mengeluarkan seri Galaxy J2 dan Galaxy J1 Ace yang menawarkan jaringan 4G dengan harga 1 jutaan. Samsung juga merilis Galaxy Mini yang membawa prosesor quad core dengan harga murah. 

Apabila anda mencari smartphone Samsung yang memiliki kualitas kamera depan kelas wahid namun tetap memiliki harga yang terjangkau, anda dapat memilih tipe Galaxy J3, Galaxy Grand Prime VE ataupun Galaxy J5. Ketiganya memiliki kamera depan 5 MP dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu juga ketiga smartphone tersebut sudah dilengkapi teknologi 4G LTE. 

Pada segmen menengah ke atas, Samsung menawarkan seri Galaxy A yang terdiri dari varian Galaxy A3, Galaxy A5 dan Galaxy A7. Meskipun harganya cukup mahal, namun ketiganya menawarkan desain yang premiun dengan perpaduan dari lapisan kaca dan juga bodi metal. 

Pada segmen premium atau kelas atas, hingga saat ini smartphone Samsung dengan seri Galaxy S7 masih menjadi primadona. Walaupun dibanderol dengan harga lebih dari 7 juta, akan tetapi harga tersebut sebanding dengan teknologi dan spesifikasi yang diberikan. Lantas berapakah harga hp terbaru dari Samsung? Berikut beberapa diantaranya. 

1. Samsung Galaxy S7 Edge


Sebagai smartphone kelas premium dari Samsung, Galaxy S7 Edge membawa RAM berkapasitas 4 GB dan memori 32 GB. Ke dua komponen tersebut sengaja dihadirkan untuk mengimbangi CPU Exynos 8890 Octa Core. Kamera utama berkapasitas 12 MP dan kamera depan berkapasitas 5 MP. Dengan spesifikasi tersebut maka tidak mengherankan jika Samsung membanderolnya dengan harga 10.5 juta. 

2. Samsung Galaxy S7


Galaxy S7 dan S7 Edge memiliki spesifikasi yang sama-sama gahar. Bedanya hanya pada S7 Edge layar yang diusung sebesar 5.5 inci sedangkan pada S7 layar yang diusung sebesar 5.1 inci. Harganya pun tak jauh beda. Jika S7 Edge dibanderol 10.5 juta maka S7 dibanderol dengan harga 9 jutaan saja. 

3. Samsung Galaxy A8


Samsung Galaxy A8 dibanderol dengan harga 6 jutaan. Harga tesebut sebanding dengan spesifikasinya yang mengusung layar 5.7 inci. 


4. Samsung Galaxy A7


Tidak jauh berbeda dengan A8, Galaxy A7 dibanderol dengan harga 6.3 jutaan saja. bedanya jika A8 mengusung layar 5.7 inci maka A7 mengusung layar 5.5 inci. 


5. Samsung Galaxy S6 Edge+

Samsung Galaxy S6 Edge+ tidak jauh berbeda dengan harga samsung S7 Edge yaitu sekitar 10.4 juta saja. Perbedaan keduanya terletak pada kapasitas memori dan juga CPU yang digunakan. 

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Samsung


Jika berbicara kelebihan dari smartphone Samsung tentu tidak akan ada habisnya. Jika bicara kekurangan, Samsung hampir dapat dipastikan hadir tanpa cacat. Dimulai dengan desain-desain smartphone yang ciamik, serta spesifikasi yang gahar, selalu dihadirkan oleh Samsung. Oleh karena itu tidak mengherankan jika Samsung menjadi produsen smartphone terbesar di dunia, bahkan hingga dapat mengalahkan Apple sang raksasa dari Amerika. 

Nah, itulah berbagai macam ulasan mengenai smartphone Samsung, mulai dari sejarah singkat perkembangannya hingga pada kelebihan dan kekuranganya. Untuk mendapatkan smartphone Samsung anda dapat membelinya di toko-toko ponsel yang ada ditempat anda. Atau jika anda tidak memiliki waktu untuk datang ke toko, anda dapat membelinya via online pada toko-toko online terpercaya seperti toko online bhineka.com contohnya. 


Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan bagi anda serta ikut menentukan smartphone Samsung apa yang cocok untuk anda gunakan. Semoga bermanfaat. 

2 komentar:

  1. aku mulai pakai android pertama kali juga samsung galaxy spica tahun 2010. skr sampung makin berkembang ya

    BalasHapus
  2. Seandainya Nokia tidak "tumbang", saya yakin Samsung nggak ada apa2nya sampe sekarang. Tapi sayangnya nasib berkata lain, Nokia tumbang. Karena saya sendiri pasti pilih Nokia Android ketimbang Samsung Android. Eh pilihan saya malah jatuh ke Sony.

    Sepertinya Samsung harga hapenya mahal2 ya dibanding merk lainnya...

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)