Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, Mei 10, 2017

Mandiri Edukasi : Perencanaan Keuangan Rumah Tangga

Mandiri Edukasi.


Ada yang masih bingung mengatur keuangan keluarga? Atau bingung caranya melunasi tanggungan seperti KPR, cicilan kendaraan? Atau pengeluaran lebih besar daripada pendapatan? Hmm bikin pusing lah ya keuangan keluarga ini. Kemarin, tanggal 9 Mei 2017. Bloger Surabaya dan teman – teman komunitas lainnya berkesempatan hadir di acara Mandiri Edukasi, bersama Bank Mandiri dan AXA Mandiri. Mengulas tentang “Perencanaan Keuangan Rumah Tangga”.

persiapan demo masak

Sebelumnya, ada demo masak dan demo membuat kopi secara manual yang bisa dilakukan di rumah. Rasanya klop, bisa incip makanan trus ngopi cantik. Menu awal yaitu bread pudding, bikinnya mudah dan bahan – bahannya gampang didapat. Bread pudding ini bisa menjadi menu sarapan, biasanya kan kalau sarapan hanya ceplok telur atau nasi goring, bikin deh bread pudding agar anak – anak nggak bosen dengan sarapan yang itu – itu saja. Total biaya untuk bread pudding nggak sampai 50 ribu, murah kan? Rasanya creamy, manis gurih gitu, karena ada bahan – bahan seperti keju dan susu yang kaya akan rasa. Satu penyajian bisa untuk satu keluarga karena cukup banyak juga satu resep ini, kira – kira satu Loyang. Bisa juga dijadikan alternatif bisnis untuk menyambut bulan puasa, bikin bread pudding dalam wadah kecil – kecil, cusss langsung dijual di pinggir jalan atau depan rumah untuk sajian buka puasa.

hasil dari cooking demo

bikinnya gampang kok

Menu kedua yaitu chicken grill with salad, menunya gampang – gampang susah nih tapiii rasanya memang kaya akan bumbu hasil rendaman dan seperti diungkep tapi nggak di panic (halah ini apa istilahnya). Jika nggak suka ayam, bisa kok diganti dengan Dori. Masakan yang bisa disajikan kapan saja, semalaman direndam bumbu – bumbu, besoknya bisa di grill dan disajikan untuk sarapan.  Untuk penyajian saladnya jangan menggunakan mayonaise, karena kurang sehat di tubuh, gunakan seperti olive oil dan campuran bahan lainnya. Enaaaak.

perhatikan baik - baik 😅


Karena lokasi acara berada di Coffee Toffee Surabaya, ada demo untuk brew manual yang bisa dipraktikan di rumah. Ada 7 Spesial kopi yang disajikan di Coffee Toffee, di antaranya ada Kopi Mount Malabar yang jadi kopi favorite di Coffee Toffee, untuk demo kopi juga menggunakan Mount Malabar. Tau nggak sih, kalau menyeduh kopi, harus 70 derajat. Kalau teman – teman nggak punya thermometer, setelah air medidih, diamkan 2 – 3 menit, kemudian dituangkan secara perlahan. Rasa dari kopi Mount Malabar, ada kecut – kecutnya, Fruit, dan Floral, kaya rasa deh. Untuk menikmati kopi ini di Coffee Toffee, langsung aja bikin member, karena ada special offer untuk member.


Ms. Enny Octaviani - Regional Sales Manager Bank Mandiri Surabaya

Surabaya merupakan kota kelima untuk acara Mandiri Edukasi ini, kota pertama adalah Aceh, dan masih ada beberapa kota yang akan disinggahi oleh Bank Mandiri untuk Mandiri Edukasi. Mengapa sih acara ini mengundang ibu – ibu sebagai peserta talk show perencanaan keuangan? Karena seorang Ibu merupakan pionir dalam mengurus keuangan keluarga. Bisa dilihatkan Ibu kita dengan cekatan menghitung berapa rupiah pengeluaran untuk makan, untuk biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Jadi, ibu – ibu dan calon ibu harus paham yang namanya perencanaan keuangan keluarga.

Kadang bingung nih cara mengatur keuangan keluarga dengan pelabagai kebutuhan. Cicilan, liburan hingga dana darurat. Dengan adanya perencanaan kita dapat menghadapi masa depan yang lebih baik, seperti memasuki masa pensiun dengan tenang, karena sudah menyiapkan dana pensiun. Tapi nih, setiap tahun kita akan menemui yang namanya inflasi, tahun ini harga kopi masih 3ribu, eh tahun depan naik jadi 7ribu. Maka dari itu diperlukan analisa jika ingin investasi.

Untuk perencanaan keuangan, kita perlu membutuhkan juga catatan keuangan yaitu arus kas dan neraca (Yuk mulai dibuka buku pelajarannya 😆) untuk mencatat arus kas, bisa nih dicatat mulai dari pendapatan : gaji suami, gaji istri, bonus, usaha, kemudian catat juga pengeluaran, dan kita akan tahun keuangan kita defisit atau surplus sih.

Perlu juga loh mengalokasikan dana darurat, kita nggak pernah tau apa yang terjadi esok hari, bisa saja keluarga terkena musibah (sakit, terjadi kebakaran, kecelakaan, terjadi PHK, dll) Agar nggak kelimpungan, lebih baik mengalokasikan dana darurat.

Kadang saat berkeluarga, nggak jarang kita bersinggungan dengan yang namanya utang. Jangan asal berutang loh, lihat kemampuan keuangan kita apa mampu membayar cicilan utang. Nah, utang ini yang kadang bikin terlena, nyicilnya murah tapi jangka waktunya lama, padahal kita harus mempertimbangkan jangka waktu untuk bayar cicilan, bisa saja nanti saat jatuh tempo bayar utang, ternyata anak - anak sedang kenaikan kelas, atau daftar sekolah yang membutuhkan dana banyak. Utang bisa dibagi menjadi dua, yaitu utang konsumtif dan produktif, utang konsumtif ini yang bikin kita terlena membeli barang apa saja, padahal barang yang kita beli hanya berdasar keinginan semata. Hati - hati ya jika berutang 😊


coffee toffee surabaya

Kita juga perlu nih investasi, karena setiap tahun pastinya terjadi inflasi, agar keuangan keluarga tetap stabil, bisa berinvestasi. Sebelum berinvestasi, tentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi, misalnya investasi beberapa tahun untuk bayar masuk anak kuliah, investasi untuk kelahiran anak, dll. Investasi ada jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek seperti tabungan dan deposito. Tabungan tidak akan cocok jika tujuan kita untuk bayar kuliah anak, sedangkan anak masih kecil, karena tabungan masih terkena inflasi dan potongan. Bisa dialihkan ke saham, tentunya jika investasi ke saham, kenali juga risikonya. Atau bisa juga investasi emas yang populer di kalangan ibu - ibu, namun lebih baik investasi Logam Mulai, jangan emas perhiasan, karena emas perhiasan masih  dipotong dengan biaya pembuatan.

Penting juga nih kalau investasi jangan di satu produk, hal ini untuk jaga - jaga kalau satu produk tidak menguntungkan, misalnya jangan investasi mulu di saham, cari produk investasi lainnya, jaga - jaga kalau harga saham turun, kita bisa mengandalkan produk investasi lainnya. Asuransi membantu kita untuk memproteksi jika ada kejadian tak terduga. Yang lagi ngetrend di kalangan nasabah nih, asuransi unit link, proteksi sekaligus investasi 

4 komentar:

  1. wah bermanfaat ya dan bisa datang ke sini juga asyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Hapus
  2. Hmmmmm keren kali programnya mba, tapi merencanakan keuangan memang tidak mudah, namanya juga pengeluaran, kadang adaaaaa aja yang harus dibayar, apalagi anak udah sekolah... Disinilah peran pentingnya dana darurat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti pemasukannya harus ditambah, coba cari sidejob, mas. semangat yaaaa

      Hapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)