Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, Juni 11, 2017

Mudik dengan transportasi udara? Lakukan Persiapan Berikut Agar Selamat, Aman dan Nyaman

mudik yuuuk


Biasanya nih pertengahan bulan Ramadan udah mulai hectic dengan pelbagai persiapan menjelang mudik. Mudik sudah menjadi kebiasaan bahkan ada yang wajib mudik saat mendekati hari lebaran, kalau nggak mudik terasa kurang. Apalagi bagi perantau, mudik menjadi kesempatan untuk bertemu orang tercinta di kampung halaman.

Apa masih ada yang berburu tiket mudik sampai saat ini? Perjuangan banget ya! Salah satu transportasi favorite untuk pulang kampung adalah menggunakan transportasi udara, karena memang hemat waktu, jarak jauh hanya ditempuh kurang lebih 1 – 2 jam, badan kita nggak capek karena tau – tau sudah sampai, memiliki banyak waktu untuk bersua dengan keluarga besar di kampung.

Kalau tiket pesawat sudah ada di tangan, apa sih persiapan yang biasa dilakukan oleh SobatAviasi? Pelbagai persiapan dari sebelum berangkat hingga di pesawat perlu dilakukan agar perjalanan selamat, aman dan nyaman, nggak hanya untuk SobatAviasi saja tetapi berdampak positif untuk penumpang lainnya.

Sebelum melakukan perjalanan lakukan 7 hal berikut :


1. Kemas pakaian sesuai dengan lamanya kita pulang kampung, nggak perlu bawa banyak yang penting cukup, daripada kita kesusahan dengan barang bawaan, belum lagi bawa oleh – oleh untuk di kampung.

2. Pisahkan barang berharga, jangan ditaruh di dalam koper yang nantinya koper tersebut ada di bagasi pesawat.

3. Taruh kartu identitas dan tiket pesawat di tempat yang mudah diingat atau mudah dijangkau, hal ini untuk menghemat waktu saat ada pemeriksaan tiket pesawat, tapi pastikan aman ya tempat menaruh kartu identitas dan tiketnya.

4. Berikan tanda khusus pada koper atau tas sehingga tidak mudah tertukar dengan penumpang lainnya.

5. Lakukan check in lebih awal, kalau aku sih biasanya satu jam lebih awal dari jadwal keberangkatan pesawat. Jadi, SobatAviasi bisa mengira – ngira sendiri, jam berapa check – in dan jam berapa berangkat dari rumah.

6. Karena mudik biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama, perhatikan keamanan rumah atau tempat tinggal, periksa kompor, arus listrik, jendela dan lainnya.

7. Berdoa sebelum berangkat, semoga selama dalam perjalanan diberikan selamat, aman dan nyaman saat perjalanan. Banyak orang tercinta yang menanti kehadiran SobatAviasi lagi, untuk terbang kembali, pulang bertemu keluarga yang dinanti.


Saat berada di bandara dan di dalam pesawat lakukan hal berikut :


1. Saat akan melewati pemeriksaan di bandara, lepas aksesoris yang berbahan logam, atau benda yang berbahan logam, misalnya kunci, taruh juga smartphone dan benda logam ke kotak khusus yang telah disediakan. Hal ini agar tercipat rasa aman dari benda – benda yang berbahaya. Ikuti prosedur keamanan dengan tertib.

2. Please, jangan becanda tentang BOM saat berada di Bandara atau di dalam pesawat, Hal ini telah diatur dalam UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Pasal 437 . akan dikenakan sanksi pidana penjara (sumber : akun Instagram @djpu151). 

3. Saat di dalam pesawat, sudah tidak asing lagi dengan prosedur keselamatan yang diperagakan oleh pramugari, jangan hanya dilihat saja, tapi benar – benar diperhatikan. Apabila SobatAviasi duduk di dekat jendela, saat pesawat take off, penutup jendela harus dibuka. Hal ini bermanfaat jika ada yang tidak wajar dengan sayap atau turbin pesawat dapat diketahui dengan cepat.

4. Jika SobatAviasi sedang dalam keadaan hamil pastikan mendapatkan surat ijin dokter untuk mudik menggunakan trasnportasi udara.

5. Bagaimana dengan yang baru pertama kali naik pesawat? Rileks saja, bernapas dengan biasa nggak perlu cemas, boleh juga makan permen agar bisa sedikit lebih rileks.

6. Meskipun sudah berulang kali kali disebutkan, tapi harus benar – benar ditekankan kalau di dalam pesawat, please matikan smartphone kamu! Manfaat jika melakukan sesuai prosedur keaman bukan hanya dirasakan oleh SobatAviasi saja, melainkan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Jika tercipta rasa aman dan selamat, hati yang nyaman akan bawa pulang senyuman selamanya

7 komentar:

  1. belum pernah nih mudik pake pesawat. karena cuma nglewatin 3 kabupaten doang dari kos-kosan... 2 jam pake motor udah sampe, hihih.. but nais tips banget ini, siapa tau gue dapat gratisan tiket pesawat buat ngunjungin kakak gue di kalimantan sana haha

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah naik pesawaaat. Huehehehe. *cemen
    Pernah sih tapi kayak masih kecil balita gitu. Pengen nyobain bisanya kapan yaaa. *menghayal \;p/

    BalasHapus
  3. Mbak Sari makasih banget lho, udah ngasi tips ini. Sayangnya, akunya kalo mudik nggak sampe naik pesawat. (Lebih tepatnya nggak ada tempat landingnya... hehehe).

    Tapi ini akan aku jadikan acuan kalo nanti bepergian naik pesawat.

    Dan tips pertama mengenai Kemas pakaian emang setuju banget. Soalnya sering banget terlalu semangat pulang kampung, sampe lupa bawa pakaian yg cukup. -_-

    Btw, ada typo dikit, nih neng... "tercipat"

    BalasHapus
  4. bener ya mba Klo Ibu hamil harus dapat surat izin dulu dari dokter untuk kondisi kandungannya. Jadi #sobatAviasi pasti banyak info dan pengetahuan penerbangan.

    BalasHapus
  5. Thank banget nih tipsnya teh, meskipun aku gak peke pesawat mudiknya, tapi aku percaya tips ini bisa digunakan ketika aku berpergian yang khususnya menggunakan pesawat :)

    BalasHapus
  6. wah itu becandaan soal bom ternyata melanggar UU ya, harus hati2 ya... maksud mau melucu tau2 diborgol :D

    BalasHapus
  7. Trims banget nih tipsnya, saya jadi tau nih tips sebelum naik pesawat. Kebetulan dalam waktu dekat mau naik pesawat pertama kalinya... deg-degan.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)