Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, September 17, 2014

Magazine Blog Template

Magazine blog template. Memang ya, yang namanya pilah - pilah template  blog seperti pilah - pilah pasangan *eh*. Aku sih cenderung suka gonta - ganti template blog sesuai dengan hati. Mumpung banyak template blog yang gratis di luar sana, jadi enggak pernah kehabisan stok ide untuk mau diubah seperti apa.

Saat pertama kali membuat blog, aku enggak menggunakan template dari pihak ketiga, karena suka otak - atik secara manual seperti ubah header, ubah warna judul postingan dan sebagainya. Kemudian, tanya sana - sini, baru deh ngerti bagaimana caranya ganti template menggunakan jasa pihak ketiga, seperti menggunakan template dari BTemplate. Kemudian ganti template yang manis banget, cewek banget ada pernak - perniknya, masih ingat ketika bertahan menggunakan template yang cenderung ramai, yaitu template berwarna biru yang ada salju turun dari template warna orange, coklat dan biru yang ada renda - rendanya. Setelah itu, beralih ke template yang minimalis dengan warna dominan putih, karena lebih enak dibaca oleh pengunjung, biar enggak sakit mata kalau warna backgorund tabrakan dengan warna tulisan. Semua demi membuat nyaman pengunjung blog, yang entah emang benar - benar berkunjung, kunjung balik, atau nyasar karena mengetik keyword.

Banyak banget loh penyedia template gratisan, jadi terasa terpuaskan nih hobi gonta - ganti template, tapi sekarang masih setia dengan pilihan warna putih, meskipun dibumbui dengan warna yang ngejreng seperti orange, agar blog terlihat lebih fresh.

Magazine blog template. Kali ini aku menggunakan template yang memiliki style seperti magazine. Mengapa demikian, ada beberapa alasannya dan menurutku ada manfaatnya jika menggunakan magazine template, meskipun balik lagi, kalau urusan template ya urusan selera, tapi aku mencoba menguraikan beberapa manfaat menggunakan blog dengan style magazine, adalah :

1. Aku melihat, menganalisa dan mempertimbangkan *halah*, kalau ternyata viewer-ku sering menggunakan android ketika menuju blogku. Karena android biasanya dan pada umumnya menggunakan touchscreen, yang selalu scroll bawah dan scroll atas, maka lebih enak kalau tampilan blog juga menyesuaikan layar touchscreen gak perlu ribet dengan tampilan sidebar yang mungkin menghalangi kenikmatan untuk membaca blog.

2. Minimalis. Ya, enggak semua magazine template konsepnya minimalis, ada yang menggunakan slideshow, dan sebagainya, ya pilah - pilih yang minimalis biar loadingnya cepet. Keburu tua ntar kalau lama buka blogku.

3. Responsive. Oiya, kalau memang ingin mencoba template blog magazine, usahakan yang responsive agar tampilannya bisa menyesuaikan gadget seperti apa yang kita pilih untuk browsing terutama untuk membaca blog. Tapi, kebanyakan memang magazine template merupakan template yang responsive.

4. Kembali lagi tujuan ngeblog kamu apa. Iya, memang kalau blog personal itu cenderung suka - suka si pemilik, dari postingan, hingga widget yang dipasang di dalam blog, itu semua memang hasil suka - suka. Tapi, meskipun suka - suka, tapi demi kenyamanan pengunjung blog, apa salahnya sih kalau memanjakan pengunjung dengan tampilan yang sedap dipandang mata. Gak memungkiri dengan hadirnya komentar pengunjung, pastinya kita bakalan seneng banget, iya kan? Nah, untuk menghindari pengunjung kabur duluan sebelum komentar, lebih baik kita "menjamu" pengunjung dengan tampilan blog yang nyaman. Karena, di awal sudah aku jelaskan, pengunjung yang menggunakan android jumlahnya hampir menyamai pengunjung yang menggunakan windows, jadi aku pilih magazine template.

Oiya, jika emang penasaran gimana tampilan blogku jika dilihat dari android, coba aja deh.

Dan, apalah ini perjalan terakhir untuk mencoba pelbagai template? Oh, sepertinya tidak. Karena template blog semakin hari selalu penuh dengan inovasi.

capture dari smartphone, jadi blogku tidak ada sidebar jika dilihat melalui smartphone. Memanjang gitu, nyaman buat scroll di smartphone.

5 komentar:

  1. Saya pernah beberapa kali pake Template Majalah. Magazine Template, Kalau ada SLIDER nya selalu saya hilangkan, Karena bikin pusing mata saya yang melihatnya Hiheihiheiheie. Saya juga suka dengan background warna putih. Sebab background warna putih sangat cocok buat saya Hiheiheiheie.

    BalasHapus
  2. Sama nih Sar aku juga suka gonta ganti template. Lebih tepatnya suka otak-atik :D

    (*eh Sari pakai disable fungsi klik kanan ya? Baca postinganku yang ini dulu deh Sar :D

    http://www.bebekbulat.com/2014/09/cara-mencegah-postingan-dicuri.html

    BalasHapus
  3. Kalo saya lagi suka memanfaatkan yang default aja mbak. Tinggal modifikasi dikit aja.. :D

    BalasHapus
  4. Boleh juga ,nih ya ,template model gini :D

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)