piece of me

Latest Posts

Kamis, Juni 23, 2016

Cara Melipat Baju Agar Ringkas Saat Liburan



Sudah sampai mana persiapan lebaran? Udah beli tiket untuk pulang kampung? Udah beli atau bikin kue kering khas lebaran (nastar, kastengel, putrid salju, dll)? Kalau yang pada mudik, seharusnya sudah beli tiket dari jauh – jauh hari dong ya. Atau malah ada yang sudah berada di kampung halaman karena mengambil cuti, ada beberapa teman yang sudah mudik lebih awal karena ingin menghindari yang namanya macet, bisa – bisa seharian ketemu macet. Selamat liburan ya bagi yang sudah berada di kampung halaman, bagi yang belum karena nggak dapat cuti. Selalu bersyukur aja, mungkin kerjaannya lagi santai, yuk lah ngeblog aja. Atau kalau belum bisa menyisihkan waktu untuk ngeblog, mari blogwalking aja, hehehehe…

Persiapan mudik harus dimulai dari diri sendiri hingga keamanan kendaraan dan barang bawaan. Kalau urusan stamina, pasti sudah paham dong ya dengan kondisi tubuhnya. Bagi yang mudik membawa kendaraan pribadi, bisa mempersiapkan multivitamin, catat jalur rest area atau menyewa sopir agar bisa gantian menyetir mobil, pasti sudah tahu kebutuhan pribadi masing – masing. Apalagi urusan barang bawaan termasuk oleh – oleh, selalu cek jumlah barang bawaan yang dibawa, periksa kemanan barang yang dibawa, kalau perlu didobel gitu kuncinya kalau bawa koper, jangan pernah meninggalkan barang bawaan yang jauh dari jangkauan, jangan menaruh uang di dalam koper, usahakan menaruh uang di tempat terpisah dan tak terduga.

Biasanya kalau mau pulang kampung, koper yang dibawa hanya satu, eh waktu balik ke rumah, kopernya malah “beranak” hingga lima dus gitu, ada yang seperti itu? Sama dong! Agar nggak terlalu ribet bawa barang bawaan, entah teman – teman ke kampung halaman ala traveler atau ala koper manis manja, pasti mau kan kalau barang yang dibawa itu praktis, nggak makan tempat. Berikut cara melipat baju agar ringkas saat liburan :

1. Tentukan berapa hari akan liburan atau menginap, catat juga apakah ada acara khusus saat liburan, misalnya : hari pertama lebaran pergi ke makam dilanjut ke rumah saudara yang lebih tua sampai sore, dengan catat dengan detail, kita tahu bawa berapa baju, baju yang mana saja. Kalau aku sih biasanya melebihkan dua baju, biasanya bawa kaos lebih banyak.

2. Ketika baju akan dimasukkan ke dalam tas atau koper, jangan lupa beri parfum pakaian. Gunanya agar tetap wangi meskipun tersimpan lama di tas atau di koper.

3. Nah, cara melipat baju seperti ini mungkin bisa teman – teman praktekkan. Ini aku reshare dari akun di instagram @lifehackpub. Kalau videonya nggak bisa diputer di blog ini. Aku jelasin singkat ya.




A video posted by ЛайфХак (@lifehackpub) on

Yang dibutuhkan : satu kaos, satu celana pendek, sikat gigi dan sepasang kaos kaki.

Cara melipat : jembreng (apa ini bahasa indonesianya), taruh celana pendek di sisi atas baju, lipat lengan baju sebelah kiri hingga ke tengah, begitu juga lengan baju lipat hingga ke tengah, setelah itu taruh kaos kaki di sisi atas baju (bagian telapak kaki di bagian dalam), kemudian gulung baju (dimulai dari atas hingga setengah) kemudian taruh sikat gigi, kemudian lanjut gulung baju hingga bawah, tekuk bagian kaos kaki yang di luar (setiap sisinya) hingga seluruh baju tertutup oleh kaos kaki.

Semoga terbantu ya

Rabu, Juni 22, 2016

Trik Memilih Penyedia Jasa Kelistrikan yang Aman dan Terpecaya

trik memilih penyedia jasa kelistrikan yang aman dan terpercaya.

Salah satu komponen yang harus ada pada setiap bangunan atau rumah adalah instalasi listrik. Fungsi utamanya, yaitu untuk memberikan penerangan di dalam bangunan atau rumah tersebut. Sedangkan, fungsi lain dari instalasi adalah menyalakan pendingin ruangan, menghidupkan TV, kulkas, dan lainnya. Oleh karena itu, tentunya pekerjaan instalasi listrik tidak dapat dikerjakan oleh orang-orang yang hanya sekadar bisa. 

Namun, pemasangan instalasi listrik harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan perhitungan yang cermat agar kebakaran atau ledakan yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan instalasi listrik tak terjadi di bangunan atau rumah Anda. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik rumah harus dapat memilih penyedia jasa yang aman dan terpecaya. Berikut ini terdapat beberapa trik untuk memilih penyedia jasa tukang listrik yang aman dan terpecaya. 


Pilih Penyedia Jasa Kelistrikan yang Berpengalaman

Penyedia jasa tukang listrik yang berpengalaman serta telah memiliki banyak customer, merupakan salah satu tolok ukur yang menyatakan bahwa penyedia jasa tukang listrik tersebut telah memiliki pengalaman yang memuaskan. Jadi, apabila pengalaman penyedia jasa tersebut terus meningkat, maka dapat dipastikan bahwa mereka semakin ahli dan berpengalaman dalam hal memperbaiki dan merawat instalasi listrik di tempat tinggal Anda.


Pilih Penyedia Jasa yang Menggunakan Material Berkualitas

Pilih penyedia jasa yang menggunakan material berkualitas pada saat melakukan perbaikan atau pemasangan instalasi listrik di tempat tinggal Anda. Dengan demikian, instalasi listrik di tempat tinggal Anda akan diperbaiki dan dirawat dengan material yang berkualitas. Material yang berkualitas merupakan hal yang penting agar instalasi listrik di rumah Anda aman dan tahan lama.

Sebaiknya, Anda pun jangan mudah tergiur dengan biaya pasang listrik yang murah, karena tidak menutup kemungkinan bahwa harga murah yang ditawarkan penyedia jasa kepada customer lantaran jasa perbaikan atau pemasangan tersebut menggunakan material yang tidak sesuai dengan standar. Menggunakan material yang di bawah standar, dapat dipastikan akan membahayakan seluruh keluarga Anda. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Maka dari itu, pilih penyedia jasa tukang listrik yang menggunakan material berkualitas.

Baca Review dari Customer

Permasalahan kelistrikan bukan hal yang dapat ditangani oleh semua orang. Hanya penyedia jasa yang ahli dan berpengalaman yang bisa menangani permasalahan dan pemasangan yang terkait kelistrikan. 

sejasa.com

Sejasa.com sebagai platform service marketplace akan mempermudah Anda untuk menemukan penyedia jasa terpercaya, sehingga Anda dapat menemukan tukang listrik yang mampu mengatasi persoalan listrik di tempat tinggal Anda. Untuk melakukan permintaan jasa listrik, Anda cukup membuka Sejasa.com. Isi form request kelistrikan dengan detail dan nantikan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Selain itu, Anda dapat membaca review yang telah diberikan oleh customer sebelumnya. Anda dapat juga membaca deskripsi jasa dan melihat portfolio hasil pekerjaan mereka. Sehingga Anda akan merasa yakin untuk menggunakan jasa tukang listrik dari Sejasa.com!



Selasa, Juni 21, 2016

Busana Hijab Untuk Wanita Muslimah Yang Hobi Travelling





Melakukan suatu perjalanan seperti seorang backpacker yang berkeliling ke tempat-tempat indah tentu menjadi hal yang banyak diinginkan oleh setiap orang, tidak terkecuali juga bagi mereka para muslimah. Akan tetapi dengan busana hijab yang mereka kenakan sering juga menjadi permasalahan karena sulitnya medan yang akan ditempuh membuat busana hijab yang dikenakan menjadi kurang pas untuk digunakan. Akan tetapi hal tersebut sekarang ini telah berubah seiring dengan semakin banyaknya model-model hijab yang dapat juga digunakan oleh para muslimah yang hobi travelling.

Sosok wanita yang selalu identik dengan memperhatikan penampilan dimana dan kapanpun menjadikan mereka menjadi insan yang cantik dan anggun saat dilihat, termasuk juga saat akan melakukan perjalan untuk travelling. Bagi wanita muslimah yang ingin melakukan travelling dengan busana hijab yang tetap ingin selalu melekat dapat dilakukan dengan memilih busana hijab sederhana baik pada atasan atau pun bawahannya, ini dimaksudkan agar hijab yang dikenakannya tetap membuatnya merasa nyaman saat digunakan.

Berbagai busana hijab yang sekarang ada, dapat pula menjadi pilihan saat akan melakukan travelling. Para hijaber dapat memilih busana hijab misalnya dengan busana muslimah yang casual dengan mengkombinasikannya dengan busana hijab yang santai dan simpel. Hal lainnya yaitu dengan mengenakan busana yang dapat dipakai beberapa kali untuk mengurangi banyaknya pakaian yang harus dibawa. Salah satu paduan hijab yang dapat dipakai untuk beberapa kali ini misalnya dengan memilih jenis celana jeans atau pun PDL.

Penggunaan celana yang dipakai sebaiknya menggunakan warna yang netral seperti hitam agar dapat dengan mudah memadukannya dengan atasan hijab yang dipakai. Untuk atasannya sendiri memilih kaos dengan lengan panjang dapat menjadi pilihan yang dipadukan dengan kerudung yang polos tanpa motif. Baju hijab modern yang casual dapat pula dipilih sebagai busana hijab yang ditutupi dengan cardigan. Dalam penggunaan atasan ini usahakan yang memiliki kelonggaran saat menggunakannya.

Bagi wanita muslimah yang mencari model hijab untuk melakukan berbagai kegiatan travelling saat ini dapat dengan mudah didapatkan, salah satunya yaitu dengan mengunjungi hijup.com yang menyediakan secara lengkap berbagai keperluan busana hijab untuk para muslimah yang ingin selalu tampil cantik dan anggun. 

Pemudik Luar Kota



Sebelum berbondong – bondong untuk mudik, di lingkungan rumah (RT) sudah diberikan selebaran untuk keamanan rumah masing – masing. Isi selebaran masih sama dengan tahun – tahun sebelumnya, untuk mengingatkan keamanan rumah sebelum meninggalkan rumah, beritahu ke tetangga dekat (tetangga yang nggak mudik) kalau sedang mudik, dan berapa lama. Beritahu sie keamanan nomer telepon yang bisa dihubungi selama mudik, ya jaga – jaga kalau rumahnya kenapa – kenapa, bisa menghubungi pemilik rumah dengan segera. Oiya, bagi teman – teman yang akan mudik, nggak bosan – bosannya nih untuk selalu cek keamanan rumah. Seperti :

1. Matikan semua sumber listrik. Listrik sebagai perhatian lebih untuk para pemudik, jangan lupa cabut kabel listrik, seperti setrika, kabel rol, dan lainnya. Dan usahakan kalau mudik lebih dari seminggu, lampu teras rumah usahakan untuk tetap menyala. Jaga – jaga nih ya, kalau saja ada orang yang nggak dikenal celingak – celinguk lihat rumah kalian, kan petugas keamanan bisa segera tahu, karena lampu teras tetap menyala.

2. Matikan sumber api. Cek selalu kompor sebelum mudik, apakan masih menyala, kalau bisa sih copot juga selang tabung gas. Cek – cek barang eletronik apakah masih menyala.

3. Membawa kunci dobel. Biasanya sie kemanan di lingkungan rumahku bisa dititipi kunci rumah, sebagai jaga – jaga kalau tiba – tiba ada nyala api di rumah kita bisa cepat ditangani. Atau jika dalam perlajanan pulang setelah mudik, eh ternyata kita lupa bawa kunci rumah karena tertinggal di rumah nenek, nggak perlu khawatir, karena masih ada kunci di sie keamanan.

4. Jangan lupa untuk memberitahu kepada tetangga yang nggak mudik, beritahu sampai kapan mudiknya, seminggu atau lebih, ini juga untuk mengantisipasi kalau rumah kita kosong dan perlu penjagaan.

5. Untuk yang memiliki hewan peliharaan, tolong jangan ditinggal di rumah yang sedang ditinggal pemiliknya untuk mudik, kasihan banget nggak dirawat, kalau memang nggak bisa untuk dibawa pergi mudik. Titip ke penitipan hewan, agar bisa dirawat dengan maksimal.



Tetangga di sini kebanyakan orang perantauan, bukan asli Sidoarjo. Jadi banyak yang mudik ke daerahnya masing – masing. Tetapi lebih banyak yang nggak mudik. Hahaha.. gimana ya, karena mereka hanya pemudik luar kota, ke kampung halaman hanya di tempuh dalam beberapa jam. Jadi ya selow banget kalau mudik, kadang malah membawa sanak saudara ke rumah mereka, jadi lebih ramai dari biasanya. Yang aku senang jika tetangga pulang dari mudik, adalah oleh – oleh dari kota asal mereka, ada yang bawa jenang, krupuk, brem, buah, dan masih banyak lagi. Kalau aku sih biasanya bawa oleh – oleh teh atau bawa oleh – oleh tahu, Tegal sama Cirebon hampir sama sih buah tangannya. Kapan – kapan mau banget ke Cirebon, hanya beberapa jam dari Tegal, bisa dong ya cari harga penginapan hotel di Cirebon, kalau ingin liburan ke sana.

Senin, Juni 20, 2016

Belajar Membatik Bersama GNFI


belajar membatik
belajar membatik
Alhamdulillah sudah separo perjalanan nih puasanya, meskipun puasa, seperti masih banyak event yang seliweran di sosial media. Puasa nggak mengurangi aktifitas, kan. Banyak event seru, apalagi ditambah dengan bukber, mendapat ilmu sekaligus silaturahmi. Seperti halnya event yang aku ikuti pada hari Sabtu, 18 Juli 2016. Sebelumnya, aku diberitahu Indah kalau ada acara belajar membatik yang diadakan oleh Good News For Indonesia (GNFI) di Surabaya. Karena tempatnya hanya untuk peserta terpilih, langsung gerak cepat untuk daftar di formulir yang telah disediakan. Urusan terpilih atau nggak, dipikir nanti, yang penting sudah daftar, dan berharap bisa kepilih.

Kira – kira hari Kamis siang di sms sama pihak GNFI untuk menanyakan kesedian peserta untuk hadir di acara dan diharuskan membawa koran untuk alas. Huwaaaah... seneng banget lah jadi peserta membatik, apalagi belum pernah sama sekali gimana tuh membatik. Nggak sabar menunggu hari Sabtu.

Ternyata, cari lokasi markasnya GNFI lumayan bikin pening, sempat nyasar pula, penuh perjuangan. Alhamdulillah ya akhirnya samapi di lokasi dengan selamat, nggak telat - telat banget lah. Langsung dipersilakan gabung ke peserta lainnya oleh mbak - mbak yang humoris.

Ini nih kegiatannya :


POLA

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat pola. Media yang digunakan masih sederhana sih, yaitu kain tipis, kalau aku nyebutnya kain blacu, tahu kan ya kain blacu kayak gimana. Bikin pola dari gambar yang sudah disediakan. Karena kurang mahir untuk bikin pola, aku lebih memilih kain blacu yang sudah ada polanya, tapi terbatas sih kalau yang ada polanya, hanya tersedia macam – macam gambar pulau di Indonesia, ada Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Papua dan lain – lain. Kalau bikin pola sendiri sih bebas, mau gambar hewan, tumbuhan, pokoknya bebas, sekreatif kamu.


MEMBATIK.


orang membatik
serius amat XD


Sebelum membatik di kain blacu tadi, peserta diajarkan bagaimana cara memegang canting. Nggak sembarang pegang sih, tujuannya agar canting tetap stabil, selain itu juga diajarkan bagaimana cara ngambil malam agar nggak belepotan (aku bilangnya mbleber) di kain, membatik dengan sudut tertentu, harus satu tarikan saat membatik, warnanya harus sama tebalnya. Ya meskipun secara teori sudah paham banget, tapi praktiknya, duuuuh bikin nahan napas, takut belepotan, huahahaha. Sebelum membatik di kain, praktik dulu di atas koran, biar luwes gitu lah, tahu tebal atau tidaknya, sudutnya pas atau nggak, kalau sudah siap, langsung saja membatik di atas kain. Meskipun sudah berhati – hati juga, tetap aja belepotan, dan kurang tebal gitu saat membatik di atas kain.

Tutornya bilang, nggak apa – apa belepotan, jangan takut salah, kalau takut salah malah nggak jadi – jadi. Namanya juga batik tulis ya benar – benar handmade, hehehe.. nggak semua canting yang dipakai “enak” untuk membatik, ada kalanya ujung canting tuh buntu (apa ya bahasa Indonesianya buntu). Jadi perlu di sogrok (ini apa pula bahasa Indonesianya) pakai semacam ujungnya sapu. Seharusnya saat membatik harus satu tarikan saja, nggak perlu mengulang. Tapi ya dasarnya aku maunya jadi tebal, eh ternyata malah mbleber, hauahaha.. tapi masih bagus kok *memuji diri sendiri*


PROSES PEWARNAAN.


proses pewarnaan
rebus rebussss


Setelah membatik sesuai dengan pola, saatnya pewarnaan menggunakan warna khusus kain. Pertama – tama kain direndam terlebih dahulu di sabun (lupa namanya, tapi lebih ringan ketimbang deterjen yang sering dipakai di rumah – rumah). Rendam beberapa menit saja, terus dicelupin di warna kuning (apa ya namanya biar mengikat warna lainnya) setelah itu dikeringkan dengan di pukpuk pakai kertas koran. Oiya, selama proses pewarnaan dan perebusan jangan pernah diperas, nanti malamnya rusak dan memperngaruhi pola yang sudah dibatik.

Saat proses pewarnaan, jangan lupa memakai sarung tangan ya. Agar tidak gatal di kulit.

Selanjutnya, celup kain di warna yang disukai, aku pilih warna merah marun, ada warna lainnya yaitu biru dan oranye. Setelah kain terendam semua, dibilas dengan air, kemudian ulangi prosesnya dari dicelupin ke warna yang kuning. Setelah bilasan terakhir, baru deh direbus, merebusnya sampai malamnya hilang, berubah jadi warna putih (warna dasar kain) karena fungsi dari malam adalah untuk menghambat warna masuk ke dalam kain.

Akhirnya, selesai deh. Kain dikeringkan. Ingat, jangan diperas, cukup diangin – anginkan saja. Saat proses pewarnaan ada yang pakai cara diikat, jadi satu kain bisa beberapa warna, kayak ala – ala ombre gitu, tapi aku pilih satu warna saja.

Selagi menunggu kering, peserta menunggu adzan maghrib, nggak terasa ya membatik hingga menjelang adzan maghrib. Pesertanya nggak hanya untuk orang dewasa, anak – anak juga antusias ikutan.

Acaranya gratis dan dapat takjil sekaligu makan, Alhamdulillah berkah Ramadan. Karena waktunya nggak cukup untuk menunggu kainnya kering, jadi kain yang masih anyep (setengah kering) ditaruh diplastik, dan nggak lupaaaa harus foto – foto di kantornya GNFI.


jreng jreeeeeng...


Terimakasih Good News For Indonesia, ditunggu acara selanjutnya

About Me

Foto Saya

Nulis tentang blog, tentang event, tentang kontes, tentang adsense, tentang keseharian, dan tentang kamu...

Blog Archive

@sariwidiarti 2015. Diberdayakan oleh Blogger.
page contents