Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, April 04, 2016

Indonesia Android Kejar : Pertemuan pertama penuh drama.

Indonesia Android Kejar


Indonesia Android Kejar merupakan pembelajaran online dan studi grup offline yang diinisiasi oleh google untuk mendukung developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi. Banyak banget kan ya yang punya smartphone, satu orang aja bisa menggunakan 2 smartphone, dan rata - rata smartphone menggunakan sistem operasi android. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk membuat aplikasi berbasis android.

Awal mula mendapat info tentang Indonesia Android Kejar di salah satu stasiun televisi tentang kunjungan Pak Presiden ke kantornya Mbah Google, dengar - dengar sih ada kerjasama gitu Indonesia dengan Mbah Google. Tapi belum tahu apaan. Beberapa minggu yang lalu, teman di salah satu komunitas, share info tentang Indonesia Android Kejar, sempat ragu untuk gabung, ciut nyali kalau memang nggak ada background IT, antara iya dan tidak, tapi disemangatin teman - teman untuk ikutan (padahal mereka banyak yang nggak ikut, dih). Setelah mengisi formulir, nunggu beberapa hari, kemudian terima email cantik dari Indonesia Android Kejar kalau aku diterima. Oiya, aku memilih level Beginner, selain level beginner, ada juga level intermediate dan advance. Jadi, jangan buru - buru berpikir kalau sudah selesai study ini, aku bakalan bisa bikin toko online berbasis aplikasi, huahahaha.. karena itu juga butuh memperdalami andorid itu sendiri. Level beginner juga nantinya diharapkan bisa membuat aplikasi meskipun sederhana. Iya sih belajarnya memang dari dasarnya. Selain pembelajaran online, study grup (offline) dilaksanakan di beberapa kota : Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan beberapa kota lainnya.

daftar peserta


Drama oh Drama.

Senang sih kalau diterima sebagai peserta Indonesia Android Kejar, tapi setelah lihat pesertanya, meskipun beginner kok ya bikin ciut, banyak mahasiswa jurusan teknik informatika. Oiya, pada saat aku daftar di Indonesia Android Kejar, aku menggunakan identitas blogger sebagai institusi, hehehe. Padahal yang daftar banyak mahasiswanya, alhamdulillah masih diberikan kepercayaan sebagai peserta. Terbilang nekat juga sih daftar ini, background pemrograman nggak ada, itu pun otodidak gara - gara penasaran untuk oprek template blog, terimakasih untuk wulan yang kasih semangat dan bantuin menjawab kekepoanku tentang HTML, terimakasih juga untuk Mbak Shintaries yang terus memberi ilmu, kode - kode HTML dan inspect element, terimakasih juga untuk Mbak Mira julia (digital mommie) yang juga memberikan ilmu yang berbeda meskipun masih sekitar kode - kode HTML, terimakasih semuanya yang nggak bisa disebutin satu persatu, bikin aku masih eksis ngeblog dan berani menuliskan blogger sebagai identitas dan institusi.
info study

Sempat mundur cantik mengurungkan niat, cari alasan biar nggak ikutan, tapi eh ternyata udah nyusun untuk "kabur" biar nggak ikutan study grup, eh rencana "kabur" malah gagal, yaudah deh, bismillah ikutan study grup pertemuan pertama di ITS Surabaya.

Aku memillih menggunakan gojek untuk ke ITS, hoalah ternyata ada car free day, pak gojeknya nggak tau jalan "tikus" untuk menuju ke ITS, tanya sana-sini, hampir nyerempet, berhasil melewati ITS, eh nggak tahunya di ITS malah bingung arah ke gedung informatika, untung mahasiswanya baik - baik mau kasih petunjuk yang jelas, meskipun udah dikasih arah petujuk sama teman lewat chat grup, eh masih ada nggak paham. Akhirnya sampai sudah di gedung informatika, Untung kelasnya belum dimulai. Pulangnya juga begitu, naik gojek, aku udah pilih "current location" jujur saja nggak paham dengan daerah ITS, kemudian ditelpon sama pak gojek, tanya lokasiku dimana, ternyata lokasiku sekarang iitu salah, lah gimaan bisa salah, kan udah klik "current location", eh pak gojeknya nadanya agak keras gitu kalau lokasi yang aku pilih di gojek sangat jauh dengan lokasi sebenarnya, di gojek tertulis semoloworo, tetapi sebenarnya aku berada di jalan arif rahman hakim, lah mana aku tahu, akunya aja nggak paham jalan, aku udah klik di gojek lokasiku, mana tahu kalau petanya gojek kurang tepat. dih jengkel sama pak - pak gojek yang suaranya bikin pengin aku rukyah. Akhirnya aku disuruh cancel order saja karena pak gojek keberatan kalau harus jemput aku karena lokasi yang jauh. Beberapa saat bapaknya telpon lagi, nggak aku gubris, karena masih bingung dengan lokasi di peta gojek, eh telpon lagi, nada pak gojeknya bikin kesel, nyuruh aku cepat - cepat cancel order, karena aku masih belum cancel juga, lah gimana mau cancel, order history aja belum ada order yang baru, masih order yang sudah selesai, yaitu pagi tadi. Benar - benar pengin aku jambak tuh orang! Sudah bisa cancel order, aku order lagi, untung dapat gojek yang ramah, suaranya menenangkan.

Kelas Beginner.

study


Untuk wilayah Surabaya sebenarnya banyak sih yang ikut Indonesia Android Kejar, tetapi dibagi - bagi menjadi kelas kecil, beginner dibagi - bagi kelasnya, ada yang lokasinya di ITS, kampus lainnyaatau di lokasi tempat workshop. Kelas yang aku ikuti mendapatkan tutor cewek yang sabar banget, namanya mbak tities, satu tutor mendampingi empat belas peserta.

Dimulai dari perkenalan, dan seperti biasanya menyebut diri sebagi blogger, huhehehe. Setlah perkenalan dan membacakan pembelajran yang nantinya akan ditempuh selama bulan april hingga Mei (4kali pertemuan), langsung praktek deh, dimulai dengan membuat layout dengan menggunakan android studio meskipun ada kendala karena seharusnya menggunakan laptop bukan netbook yang RAM kecil, tapi tetap bisa mengikuti kelas, nggak perlu sungkan kalau nggak paham, bisa tanya sepuasnya karena tutor akan dengan sabar menjawab hingga kita benar - benar paham. Mencoba - coba kalau dibeginiin hasil jadi bagaimana, terus kalau eror ntar analisi salahnya dimana, diajari bahasa pemrogrman yang nggak semuanya bisa ditampilin, seperti warna teks yang memang hanya bisa menggunakan putih, hitam dan abu - abu, selain itu tidak bisa. Kalau mau yang warna - warni seperti pink, nanti ada caranya sendiri tapi belum ke tahap itu.

Tugas pertama bikin undangan dengan android studio.

Terimakasih juga untuk ITS Surabaya, karena sudah mencicipi fasilitasnya, meskipun bukan mahasiswa ITS, tapi berkat Indonesia Android Kejar berasa jadi mahasiswa ITS untuk pertemuan berikutnya. Meskipun masih galau karena netbook nggak memadai untuk mengoperasikan android stuo, ya doakan saja aku bisa berhasil dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, aamiin. Teman sekelas nggak horor yang seperti aku pikirkan, hihihi.. Cemumud!

8 komentar:

  1. Semoga bisa menang dan menyenangkan ya mbak lombanya ^^ semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmm... bukan lomba ini mbaaaak :(((
      ini merupakan kelas indonesia android kejar level beginner, diharapkan semua peserta dapat membuat aplikasi berbasis android. duh sedih adek, kalau mbaknya nggak baca dari atas ke bawah, udah aku jelasin panjang lebar padahal :(((((

      Hapus
  2. Aku udah baca dari atas sampek bawah... penasaran aplikasi buatanmu kira2 namanya apa sar? :)

    BalasHapus
  3. Keren Mak! :D ini berarti bener-bener beginner yang mulai dari 0 yaaah. Tapi aku yakin, kamu pasti bisa Mak. Ayo semangaaaaattt! Ditunggu cerita perkembangan kelasnya selanjutnya ya Maaaaak :D

    BalasHapus
  4. Mbak, ini benar benar gratis ta?
    Dan benar benar untuk umum ta? Saya bukan anak ITS
    Truz ini ada terus, atau ada masa berakhirnya (semacam event saja gitu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kelas online sih, ada tugasnya bukan hanya event doang ^^

      Hapus
  5. aku juga ikut level beginner dan dpaat di pens ITS, langsung dari malang naik kerata jam 4 pagi :D drama banget.. hehehe.. bagus tulisannya kak :D

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)