Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, November 26, 2016

Dilmah Tea Mixology Play Off 2016

press conference. Ms Eliawati as vice President PT. David Roy Indonesia dan para juri


Dilmah Tea mixology Play Off 2016 merupakan kali ketiga diadakannya kompetisi para mixologist untuk mengeluarkan semua keahlian dan passion akan teh. Event ini diselenggarakan di Surabaya selama dua hari, lokasi eventnya ada di Kawi longue, Sheraton Hotel Surabaya. Diikuti oleh 25 Mixologist yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali, nantinya para Mixologist ini akan membuat 3 macam menu, yaitu cocktails, mocktails dan hot traditional yang berbahan dasar produk Dilmah tea.


Meskipun event ini sudah diadakan ketiga kalinya, namun merupakan pengalaman pertamaku menghadiri event Dilmah Tea Mixology Play Off 2016 . Agar tidak “kehilangan arah” ya biar tahu apa sih itu Dilmah tea Mixology, dan segala seluk beluknya, langsung aja kepo akun instagram dilmahteaindonesia, scroll terus – menerus untuk mengetahui event tahun lalu. Eh jangan salah, aku sudah tahu produk Dilmah tea kira – kira setahun yang lalu, saat makan di salah satu resto, dan memesan Dilmah tea blackcurrant. Kalau ingat Dilmah tea, langsung ingat teh premium, kemasan yang higienis, karena satu kantong teh, dibungkus dengan warna yang cantik, terkesan eksklusif. Sedangkan mengenai rasa, langsung sruput sampai habis deh πŸ˜‹, meskipun nggak pakai gula, tetap terasa teh dan sari buah blackcurrant. Baru tahu kalau ada banyak varian dari Dilmah tea, sayangnya hanya beberapa varian yang pernah aku coba. Ah, andaikan Dilmah tea bisa dapat di minimarket, bisa nih coba varian yang lainnya.
tenang, ini cuma ngemil. kalau makan, off the record πŸ˜ƒ

minum teh sepuasnya 😎



Akhirnya hari yang ditunggu sudah tiba πŸ˜‹. sebenarnya sih, blogger diundangan sekitar jam 10 pagi, pada saat acara perlombaan dimulai, tetapi pengin juga datang saat press conference yang dimulai sekitar jam 9 pagi. Oke deh memilih untuk berangkat lebih pagi. Uh, apa daya ternyata hari Senin, tanggal 21 November 2016, terjebak demo πŸ˜’. Mari kita sabar. Setelah bermacet ria, ternyata belum hapal letak Sheraton hotel itu dimana, padahal udah pakai bantuan google maps loh. Iya sih tahu kalau Sheraton hotel ada di Jalan Embong Malang, tapi kok ya gak ketemu. Ah, sebenarnya aku bisa baca peta atau nggak sih? πŸ˜‚Setelah tanya orang, ternyata terlewat, pelan – pelang menyusuri jalan yang sudah terlewati, akhirnya sampai juga. pantesan Sheraton hotel nggak terlihat, lah ternyata ada proyek pembangunan, rasanya gemes ya kalau mata kurang tajam. Alhasil, sampai di Kawi lounge dan telah deh untuk mengikuti press conference, karena sudah keburu habis 😞.

persiapan The Socialite Surabaya.


Untuk hari pertama, seluruh peserta khusus hotel, resto atau kafe yang berada di Surabaya, berikut daftar peserta Dilmah Tea Mixology Play Off 2016 : 😎

1. The Socialite Surabaya.

2. Shangri-la Surabaya.

3. Carnivor Steak & Grill Surabaya.

4. Sheraton Surabaya Hotel & Towers.

5. Bumi Surabaya City Resort.

6. Hotel Majapahit Surabaya.

7. Eclectictoo Beer and Wine.

8. Artotel Surabaya.

9. Centrume Brauhaus Surabaya.

10. The Alana Surabaya.

11. Four Points By Sheraton Surabaya.

12. De’oak CafΓ©, Resto, Bakery.

13. JW Marriott Surabaya.

14. Rui Lounge and Bar.

15. The Biliton.

16. Hops Kitchen & Bar.



Sebelum kompetisi dimulai, rileks dulu lah ya dengan hiburan juggling. Sepertinya aku cukup jadi penonton saja, kalau ikutan coba nanti malah botolnya pecah semua πŸ˜…. Oiya, seperti biasa, juggling ini dilakukan oleh profesional, jadi bagi teman – teman yang mau belajar juggling, harus ada tutornya. Don’t try this at home. 😱


 The Socialite Surabaya.


                         
                            menu dari The Socialite Surabaya.


kreatif ya dari The socialite surabaya πŸ’—πŸ’—

Peserta pertama Dilmah Tea Mixology Play Off 2016 adalah Mr. Faizal dari The Socialite Surabaya. Menu mocktails : Fruit – tea pebbles.

Cocktails : Sun set sky candy.

Hot traditional : Shocking tea.
shocking tea.

seger nih


Dalam waktu lima belas menit, para peserta harus menyelesaikan tantangan membuat 3 menu, sekaligus penyajiannya. Nggak dipungkiri kalau memang peserta pertama ada groginya nih, karena berpacu dengan waktu, dan selama 15 menit membuat 3 menu, peserta harus mempresentasikan apa saja sih bahan yang ada disetiap minuman. Oiya, ada dua juri yaitu dari Pihak Dilmah tea, Mr. Robert Schinkel dan Mr. Ida Bagus Agung Bawarta (pemenang di Dilmah Tea Mixology Play Off 2014). Karena salah satu juri yaitu Mr. Robert dari pihak Dilmah merupakan orang asing, jadinya para peserta berusaha untuk presentasi dengan bahasa inggris, kebayang dong harus dikejar waktu selama 15 menit untuk membuat menu, presentasi dengan bahasa inggris (meskipun setengah bahasa inggris, setengahnya pakai bahasa Indonesia) dan melakukan penyajian semenarik mungkin. Salut deh dengan ketrampilan dan keberanian para Mixologist ini.

hot traditiona dari Sharing-la Surabaya.

huwaaah keren ya dari Sharing-La Surabaya.


Setelah para juri mencicipi 3 menu, para juri juga memberikan pujian, saran atau kritikan yang membangun untuk para peserta. Dari sepenglinghatanku, para juri suka kalau menu yang disajikan masih ada rasa (atau bahkan menonjolkan) teh Dilmah itu sendiri, meskipun di mix dengan berbagai rempah atau bahan lainnya, rasa teh jangan sampai “tenggelam”. Nah, ada saran nih dari juri, kalau telur itu tidak cocok untuk di mix dengan teh, karena telur bisa “mematikan” karakter teh itu sendiri. Wow, meskipun jadi blogger, tapi dapat ilmu baru nih dari event Dilmah Tea Mixology Play Off 2016.

menu dari Carnivor Steak and Grill

Untuk para blogger, ada tempat tersendiri untuk foto – foto menu yang sudah jadi, tapi Cuma difoto aja ya, jangan diincip πŸ˜†. Tapi beberapa teman termasuk aku, cukup puas bisa menghirup sedikit menu – menu yang ditampilan di bar. Kebanyakan memilih rempah – rempah untuk di mix dengan teh. Para peserta juga gak jaim saat diminta wawancara secara ekspress dengan teman - teman bloger, seperti peserta dari Rui Lounge and Bar, tampilan salah satu menunya menarik mata nih, karena disajikan tempat yang mirip akuarium ikan berbentuk bulat dan di atasnya ada tengkorak, warna minumannya merah menyala, eh ternyata nama minumannya "Fresh blood" wuiih sangar jiwa!😎 tenang, minuman ini bukan dari darah, tetapi dari campuran teh dan rempah. Untuk menambahkan efek gelembung di dalam air, menggunakan dry ice. Ternyata, inspirasinya dari salah satu video di Youtube loh, saat itu menonton peperangan dan banyak adegan pemenggalan kepala, nah jadilah minuman "Fresh blood" ini.


fresh blood
Masih dari Rui Lounge and bar, tak hanya bedecak kagum akan penampilan penyajian yang w.o.w, tetapi juga kreatifitas yang keren. Siapa sangka kalau menu "Drowned in chocolate" wadahnya dari coklat beneran, langsung pengin makan ya πŸ˜€

drowned in chocolate


so swet juga penampilan dari Eclectictoo beer and wine


Ngomongin inspirasi nih, para peserta kebanyakan terinspirasi dari sunset, karena minum teh itu akan lebih nikmat saat santai, apalagi saat matahari tenggelam suasananya rileks dan menenangkan. Tetapi ada nih peserta bernama Mr. Muhammad Budi Santoso dari The Alana Surabaya, membuat minuman yang bernama "D'pink lady" terinspirasi dari seorang wanita yang ia kenal saat masa trainee. Saat Mr. Muhammad menjelaskan tentang D'pink lady langsung deh satu ruangan pada sorak, cieeeeee gitu. Sayangnya, cewek yang ia maksud nggak hadir nih. Ikh beneran romantis banget nih, si cewek jadi inspirasi πŸ’•

D'pink lady (tengah) dari The Alana Surabaya.



Jika hari pertama dikhususkan untuk peserta dari Surabaya, hari kedua peserta dari kota di luar Surabaya. Peserta hari kedua adalah :
  1. Holiday Inn Resort Baruna Bali.
  2. 1Le Meriden Bali Jimbaran.
  3. The Laguna - A Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua Bali.
  4. Black Canyon Coffe Bali.
  5. Royal Ambarukmo Yogyakarta.
  6. Hyatt Regency Yogyakarta.
  7. Agenda Resto and Vibes Yogyakarta.
  8. Hotel Pullman Jakarta Indonesia Thamrin CBD.
  9. Sofitel Luxury Hotel Bali Nusa Dua Beach.
  10. Sheraton Jakarta Gandaria City Hotel.
  11. Four Points By Sheraton Bali, Kuta.
  12. Ayana Resort and Spa Bali.
  13. Rimba Jimbaran Bali by Ayana.
Seriusan deh, tampilan penyajian hingga detail printilan bikin takjub, instagram-able banget. Dan kalau boleh kita memetik ilmu dari para peserta yang memang dituntut untuk kreatif, ternyata mendapatkan inspirasi bisa dari mana saja, ada yang terinspirasi oleh sunset, makanan di masa kecil, perempuan spesial bahkan dari film. Seperti peserta Four Points by Sheraton Surabaya, nama minumannya "Winter is Coming" kalau boleh nebak nih, sepertinya terinspirasi dari serial Games of Throne. Winter is coming tampilannya putih lembut, gelasnya dihiasi dengan icing ice.

four points by sheraton surabaya. Winter is coming yang putih tengah itu.

Ini nih tuan rumah, penampilan dari Sheraton Surabaya Hotel and Towers

si ijo lumut eksis nih



Masih menceritakan tentang tampilan penyajian yang eye catching nih, peserta dari Shangri-La hotel Surabaya, terkesan mewah nih, apalagi saat presentasi, banyak juga teknik yang membuat memukau, ada api - apinya gitu 😎





pemampilan de'oak yang sederhana tapi manis dipandang.
Ijo lumut dari Sheraton hotel adn Towers Surabaya.



Penampilan yang menonjolkan keromantisan, boleh melirik tampilan dari Bumi Surabaya City Resort. Cocok nih "Frozen Liquid Rose" untuk melamar cewek πŸ’•πŸ’˜

Frozen Liquid Rose dari Bumi Surabaya City Resort.



Untuk penampilan yang minimalis tapi lucu, ini nih peserta dari Carnivor steak and grill. Hot traditional yang bernama "Nurwana erlia afternoon tea" minimalis tapi lucu.

hot traditional dari Cornivor steak and grill


Tak ketinggalan Hotel Majapahit Surabaya juga mengusung konsep yang unik.
Hotel Majapahit
persembahan dari Artotel Surabaya
Selain dimanjakan dengan penampilan yang istimewa dari setiap peserta. Ada juga resep rahasia, seperti menu "Bandi politan" dari Centrume Brauhaus Surabaya, merupakan perisa yang seperti parfum, hanya disemprotkan saja.

bandit politan dari Centrume Brauhaus Surabaya.




Para pemenang :



Silver Medal :

silver medal

  • Ari Julianto - Shangri-La Surabaya.
  • Bayu Suryo Prayoyo - Majapahit Surabaya.
  • Indra Fajar Gun - De'oak Cafe Surabaya.
  • Adi Kurniawan - de Biliton Cafe Surabaya.
  • Bangkit Seto Umboro - Royal Ambarukmo Yogyakarta.
  • Muhammad Lutfi - Hyatt Regency Yogyakarta.
  • Bagus Maulana - Sheraton Jakarta Gandaria City.
  • I wayan Wirasusana - Ayana Resort Bali.
  • Vivid Chandra Kusuma - Hops Kitchen.

Bronze Medal :

bronze medal .cr: dilmahteaindonesia

  • Pandu Cahyono Aji - Sheraton Surabaya.
  • Muhammad Budi Santoso - Alana Surabaya.
  • Arro Sienatra Wirmansyah - Four Points Surabaya.
  • Komang Alit Si guna - Le Meridien Bali.

3rd Winners Gold Medal Dilmah Tea Mixology 2016 :

3rd winner. cr: dilmahteaindonesia

Wisnu Suryadinata - Rimba Jimbaran Bali.



2nd Winners Gold Medal Dilmah Tea Mixology 2016 :

2nd winner. cr: dilmahteaindonesia

I wayan Juniantara - Sofitel Lux Hotel Bali.



1st Winners Gold Medal Dilmah Tea Mixology 2016 :

1st . cr: dilmahteaindonesia.

Andi Yoga Wiratama - JW Marriott Surabaya.


Menu dari JW Marriott Surabaya :

ini ni kary dari JW Marriott Surabaya.


Mocktails : Rose a Dulce.
cocktails : Zenobia Jack Gray.
hot traditional : Nuwara Eliya Afternoon tea.

afternoon tea
aku fotoin satu persatu ya..

JW Marriott Surabaya

Minimalis dan elegan πŸ’•

JW Marriott Surabaya

1 komentar:

  1. Cihuiiiii....barokallah ya Sari, hadiah di penghujung tahun yg manis as sweet as the Dilmah Tea...eaaak

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)