sariwidiarti

Blogger lifestyle Surabaya, berbagi cerita tentang kuliner, wisata, parenting, dan gadget. semoga bermanfaat

Rabu, Januari 10, 2018

8 panduan wisata yang bikin liburan kamu menyenangkan!

panduan wisata
panduan wisata


Akhir tahun kemarin sudah menulis daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi di Surabaya, ternyata masih banyak tempat wisata yang belum aku kunjungi, apalagi ada wahana baru di Kenjeran, Surabaya. Saat ke sana sudah ramai pengunjung, nggak tanggung – tanggung loh, pengunjung di Kenjeran, Surabaya banyak yang menyewa bisa pariwisata.

Memang sih, saat ke sana sedang liburan sekolah, jadi tempat wisata selalu dipadat. Tapi sayangnya, kalau sedang ramai pengunjung banyak sampah yang berserakan, nggak tahu kenapa pada males buang sampah, padahal menjaga keindahan, kebersihan tempat wisata bukan hanya tugas dari pengelola, tapi pengunjung juga harus ikut menjaganya. Kalau tempat wisata yang kia kunjungi Nampak indah dan bersih, kan bikin nyaman untuk liburan, dan bikin betah untuk foto – foto karena nggak ada sampah yang berserakan.

taman harmoni surabaya
tenang, tamannya nggak diinjak, karena jalan setapak untuk foto di tengah 💓


Selain menjaga kebersihan, aku bagikan panduan wisata berdasarkan pengalamanku agar liburan jadi nyaman dan mengesankan : 

1. Sedia peta wisata. Peta yang khusus memberikan info lokasi wisata di kota yang kamu kunjungi. Peta ini berfungsi agar kamu bisa menghemat waktu, caranya lihat saja lokasi wisata yang terdekat hingga terjauh dari posisi kamu. Bisa mengetahui estimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata, jalan mana saja yang bisa dilewati, apalagi kalau tau jalan tikus untuk menghindari macet. Tentuka skala prioritas, tempat wisata mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu.

2. Bawa barang secukupnya. Daripada kecapekan karena bawa barang begitu berat, lebih baik dicatat barang apa saja yang harus dibawa, bisa memanfaatkan mix and match pakaian. Banyak loh video cara melipat baju yang nggak memakan tempat.

3. Siap sedia dengan uang kecil. Tiket masuk di beberapa lokasi wisata di Surabaya harganya lumayan murah, harus menyiapkan uang kecil agar tidak terjadi antrian, ya itung – itung nggak bikin pelancong lainnya bad mood gara – gara kita pakai duit gede untuk bayar tiket.

4. Perhatikan papan informasi. Meskipun haus akan eksistensi dan ingin terlihat ngehitz di sosial media, perhatikan tanda larangan atau informasi yang tertera di lokasi wisata. Nggak mau dong keselamatan kita jadi taruhannya hanya karena nggak patuh dengan larangan.

5. Menghormati kebiasaan penduduk sekitar. Kita sebagai pelancong, wajib hukumnya menghormati penduduk sekitar lokasi wisata, biasanya ada kebiasaan tertentu. Ibaratnya, tamu tuh harus hormat sama pemilik rumah. Selain itu, jaga juga ucapan.

6. Bawa kantong plastik kecil. Aku bawa kantong plastic kecil agar jaga – jaga kalau di lokasi wisata nggak ada tempat sampah atau tempat sampahnya jauh banget, nggak ada alasan untuk buang sampah sembarangan, sampah bisa dikumpulin terlebih dahulu, setelah ketemu tempat sampah, buang deh. Selain itu, kantong plastic biasanya aku bawa saat mau ke pantai, biasanya enak – enak main pasir, eh ternyata kebelet pipis dan kamar mandi umum lokasinya jauh, buang air kecil di plastic kecil, karena agak was – was gitu kalau buang air kecil sembarangan.

7. Stop vandalisme. Seperti halnya jangan membuang sampah sembarangan, sebel juga kalau masih ada tangan – tangan usil yang coret – coret atau memetik bunga padahal sudah ada larangan tidak boleh memetik bunga. Cukup lah kita meninggalkan kenangan, jangan meninggalkan sampah atau kelakuan yang nggak pantas.

8. Jangan pelit. Di sekitar lokasi wisata sering melihat penduduk sekitar menjajakan jualannya, beli aja produk buatan masyarakat sekitar, karena memang mereka menggantungkan hidupnya dari berjualan. Dengan membeli produk mereka, sama juga ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Nah, itu panduan wisata yang aku tulis berdasar pengalaman, baca juga informasi menarik lainnya tentang tujuan wisata maupun tips – tipsnya bisa klik disini

Seperti penjelasan di atas, Surabaya sedang gencar – gencarnya mengembangkan tempat wisata baru untuk memanjakan warga Surabaya dan sekitarnya, pada umumnya wisata untuk tujuan berlibur keluarga. Ayo ke Surabaya! karena akses untuk ke Surabaya sangat mudah. Apalagi jika menggunakan pesawat, nggak perlu khawatir macet, langsung meluncur ke Surabaya, apalagi Traveloka memiliki layanan baru yaitu paket tiket pesawat dan hotel dalam 1 paket.

i believe i can fly 😆😆


Jika kamu pesan paket pesawat + hotel secara bersamaan, bisa lebih hemat ketimbang pesan secara terpisah. Kamu bisa menghemat hingga 20% tanpa kode voucher apapun. Banyak pilihan penerbangan maupun lokasi hotel. Yang aku sukai saat menggunakan Traveloka adalah pilihan pembayaran yang beragam, dari pembayaran dengan bank transfer hingga pembayaran bisa dilakukan di Indomaret atau Alfamidi. Buruan download aplikasi Traveloka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)