sariwidiarti

Blogger lifestyle Surabaya, berbagi cerita tentang kuliner, wisata, parenting, dan gadget. semoga bermanfaat

Jumat, Januari 19, 2018

Menikmati Lontong Kupang di Kenjeran, Surabaya.

lontong kupang surabaya
kulineran yuk!


Masih di hari yang sama, sebelum menikmati nasi goreng di depot Pak Bas, paginya ke Kenjeran. Tujuannya sih mau lihat wahana baru di Kenjeran, eh tapi kok sampai di sana, masih belum semuanya wahananya di buka, itu loh di Atlantis land, Kenpark. Bayarnya sih seratus ribuan, tapi ya saat ke sana masih belum semua wahananya dibuka. Jadi yaaaa terasa eman kalau harus mengeluarkan duit seratus ribuan.πŸ˜…πŸ˜…

Ya sudah lah ya, jalan – jalan aja di Kenjeran Park. Masih sama sih, nggak ada bedanya, tapi tetep saja ramai, dan herannya lagi, banyak rombongan pengunjung yang kalau dilihat dari plat nomornya, kayaknya lebih banyak pengunjung dari luar Surabaya. Rombongan sampai bawa bis, atau mobil gede, biasanya sih aku nyebutnya colt. Ternyata kenjeran masih menjadi tempat favorite untuk liburan, selain murah, dalam satu tempat bisa mengunjung beberapa tempat wisata. Nanti deh aku tulis di blog, kali ini ingin bahas kulinernya.πŸ’–

lontong kupang


Setelah puas jalan – jalan, kemudian meluncur ke kya – kya yang buanyak banget penjual yang menjajakan kulineran khas Kenjeran, yaitu lontong kupang, yang nggak terlalu suka dengan lontong kupang, masih ada pilihan lainnya, ada bakso, nasi campur, mi ayam, dan masih banyak lagi. ada juga cemilan, rata – rata sih cemilan hasil laut, seperti krupuk ikan, krupuk kulit ikan, terung (hewan yang agak hitam tapi bukan karena gosong), lorjuk (jarang sih yang jual) dan masih banyak lagi.😎

Bingung sih pilih warung makan yang menyediakan lontong kupang, karena nggak ada referensi sama sekali mana warung yang enak, akhirnya pilih warung makan yang mencantumkan harga di depan warungnya. Ya kan horror kali ya, tiba – tiba masuk terus pesen, setelah selesai, eh harganya mencekik, jadinya aku cari yang mencantumkan harga. Tiba deh di warung makan yang dominan warna hijau, aku pesan satu porsi lontong kupang, sate kerang, dan es kelapa (langsung dari kelapanya).😍


Porsinya lumayan sih, tapi kalau cowok, kayaknya kurang. Sepertinya bumbunya sederhana, campuran petis yang manis dan gurih dicampur dengan bawang putih goreng, disiram kuah yang gurih dan kupang itu sendiri, kuahnya nggak terlalu amis yang menusuk hidung, masih ada aroma khas kupang, tapi sepertinya ada aroma jeruk nipis yang bikin kuahnya terasa segar. Makannya pakai lontong, jangan lupa berdoa dulu. Kupang tuh sejenis kerang tapi kecil – kecil, banyak banget di Kenjeran, karena memang dekat laut. Harganya 8ribu rupiah per porsi.

lontong kupang + sate kerang + es degan


Sate kerang.


Ini sih pelengkap, tapi kalau dibilang pelengkap, kalau nggak ada sate kerang, lontong kupang kurang hancepppp. Kurang istimewaaaah. Satuporsinya dibandrol 10ribu per sepuluh tusuk. Bumbu sate kerang cukup sederhana, hanya kecap dan taburan bawang putih goreng, memang sate kerangnya sudah manis, sudah memiliki aroma sendiri. Selain sate kerang, ada juga pelengkap lainnya, yang bulet - bulet itu loh, kriuk - kriuk, lupa sih namanya😁, taburannya ini sudah jadi satu sama lontong kupang.


Es degan (kelapa).


Karena kalap atau mumpung berada di Kenjeran, langsung aja pesan minum es degan, dan langsung minum di kelapanya, kan ya wareg buanget, lumayan gede dan daging kelapanya gampang disendok gitu. Nggak pakai campuran gula atau apa, langsung minum airnya dan makan daging kelapanya, segeeeerrr. Harganya 20ribuan / 1 butir kelapa yang ukurannya sedang.


Kalau kamu ragu dengan kuliner lontong kupang ini, takut alergi atau gimana, incip sedikit aja deh, katanya juga, kalau alergi, bisa minum degan ijo. Kalau aku sih gaspoool aja makan lontong kupang, enak dan memang lidahnya cocok makan lontong kupang. Serbuuuuu.




8 komentar:

  1. Wah, nikmatnya sate kerang ditemani oleh segarnya es degan. Ini referensi bagus :)

    BalasHapus
  2. Aaaaakkkk
    Langsung ngiler deh :9

    BalasHapus
  3. πŸ™„ Hah, sate kerang? Aku belum pernah coba sate kerang. Biasanya makan sate ayam aja, hahah. Lontong kupang juga aku belum pernah cobain. Musti banyak jalan2 nih, supaya kenal banyak makanan tradisional. Ah, aku mah cupu taunya yg itu2 aja πŸ˜‘

    BalasHapus
  4. duh lontong kupang kok bikin laper gini ya, heheh
    sepertinya gurih banget ya kak apalgi di balut kuah yang segar. belum lagi di tambah sate kerang, memang sempurna. kalo aku sih sepertinya harus nambah seporsi lagi kalo makan lontong kupang ini

    BalasHapus
  5. Kirain Kupang nama kota di Indonesia mbak, ternyata itu nama hewan laut toh Hahaha...
    Iya sih, kalau porsinya cuma segitu saya bakal nambah 1 piring lagi kayaknya. Sedikit banget, sayang mah udah jauh - jauh sampai Surabaya tapi makan lontong kupang nya cuma segitu

    BalasHapus
  6. kalau lontong saya kurang suka Mbak, bkn krn saya sdh bosan, tapi bikin saya sering ke WC ( mules ). :)

    BalasHapus
  7. apa kabar kenjeran ya, lama sekali gak ke sana

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)