sariwidiarti

Blogger lifestyle Surabaya, berbagi cerita tentang kuliner, wisata, parenting, dan gadget. semoga bermanfaat

Kamis, Januari 25, 2018

Perjalanan bisnis Pempek Farina

pempek kapal selam
pempek farina


Selain terkenal akan kulinerannya yang serba petis, di Surabaya juga banyak dijumpai Pempek Farina, di mall – mall atau outlet yang berkonsep resto kekinian. Heran kan ya, pempek kan aslinya dari Palembang, kok ya bisa berkembang pesat di Surabaya dan sekitarnya, bahkan katanya nih, Pempek Farina belum membuka cabang di Palembang. Kalau di Surabaya dan Sidoarjo, sudah ada lebih 20 cabang. Yang paling gresss, Pempek Farina juga membuka gerainya di BG Junction Surabaya, bersama saudaranya yaitu Petisan Surabaya dan Rawon Ireng.




Pak David
Pak David


Perjalan bisnis Pempe Farina dijelaskan oleh Bapak David Christian Business Development Manager PT. Primaboga Nusantara Inti. Acara ramah tamah dengan blogger, di adakan di Pempek Farina Rungkut Asri Barat, Surabaya. Berkonsep resto yang kekinian, bisa loh poto – poto di sini, ruangannya ber-AC, parkir cukup luas, bisa nongkrong cantik bersama teman – teman di sini.

Bapak David menjelaskan, awal mulanya Pempek Farina bernama Nyonya Farina, karena keadaan ekonomi Pak Billy, bikin deh usaha Pempek Nyonya Farina, berjualan dengan gerobak pada tahun 1994. Nama Nyonya Farina merupakan ibu dari Pak Bily yang sudah almarhumah. Akhirnya, dari gerobak bisa membuka cabang di mana – mana. Kemudian rebranding menjadi Pempek Farina, usaha ini dibawah naungan Primaboga Nusantara Inti, tidak hanya Pempek Farina saja, ada juga usaha lain, yaitu Petisan Surabaya dan Rawon Ireng. Primaboga Nusantara Inti memiliki visi yaitu menjadi perusahaan kuliner yang menjadi pilihan utama pelanggan dan mengangkat kekayaan kuliner lokal Indonesia sampai ke tingkat international.

pempek farina rungkut asri
pempek farina, rungkut, Surabaya

Pempek Farina telah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dalam industry kuliner Indonesia seperti : The Best Food Stall Third Winner Culinary Award (2016), Anugerah Wirausaha Indonesia (2017), The Best Franchise Startup Award (2017), Anugerah Brand Indonesia (2017), Indonesia Best Performing Franchise Award Winner (2017).

Menu yang disajikan tentu saja bervariasi, berbagai macam pempek (lenjer, kapal selam, adaan,model), kulit,tekwan, tersedia juga paket kemasan praktis untuk dibawa pulang yaitu paket ekonomis dan paket to-go, Pempek Farina tersedia dalam kemasan beku, bisa dibeli di marketplace, bisa order melalui go-food atau beli langsung di outlet.

teman - teman blogger


Franchise


Pempek Farina membuka peluang usaha bagi teman – teman yang ingin berbisnis, yaitu membuka franchise dari tahun lalu, dan baru ada dua yang bergabung yaitu di Makassar, dan pasar atom, Surabaya. Besar harapan, tahun ini franchise Pempek Farina bisa tersebar di mana – mana. Karena Pempek Farina sudah memiliki branding, akan mempermudah teman – teman yang ingin menjadi rekanan franchise, dan juga Pempek Farina akan memroses sertifikasi halal, agar dapat memberikan kenyamanan bagi konsumen dan menjadi daya tarik bagi rekanan bisnis yang tertarik dengan franchise Pempek Farina, meskipun Pak David menjamin jika proses pembuatan Pempek Farina diproses dengan halal. Ada dua tipe konsep franchise, yaitu tipe foodchourt 150juta/5tahun. Tipe unit 315juta semua disediakan termasuk pelatihan maupun management nantinya bakalan diajari, teman – teman yang ingin bergabung hanya menyiapkan lokasi dan renovasi



tekwan
tekwan


Tekwan.


Baru kali ini mencoba tekwan, karena kalau beli Pempek Farina, suka yang pempek kapal selam dan lenjer. Tekwan disajika panas – panas, sampai asapnya mengepul gitu, cocok untuk cuaca Surabaya yang sedang mendung. Olahan daging tenggirinya ini asli, bukan perisa, karena Pempek Farina memesan ikan tenggiri berton – ton, jadi ya kualitasnya terjamin. Kuahnya seger, gurih kaldu ikan, ada juga jamur merang, soun dan udang sebagai pelengkap, jangan lupa jeruk nipis diperas di atas tekwan agar semakin segar. Harga 18ribu/porsi udah bikin perut kenyang.



pempek kapal selam
pempek kapal selam


Pempek kapal selam


Selain lenjer, favoritku juga pempek kapal selam. Suka pempek Farina karena ada pilihan ukuran yaitu kecil, besar dan super, pempeknya padat dan rasa ikan tenggirinya terasa sekali, cuko pempek yang cocok di lidah orang Surabaya, tidak terlalu asam, dan di sini ada dua pilihan cuko, manis dan pedas. Harga mulai dari 9ribuan/porsi






2 komentar:

  1. Wah dari jualan pake grobang bisa sukses kaya gini ya.. Luar biasa bgt.. Btw itu pempek kapal selamnya menggoda banget mbak

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)