Selasa, Februari 27, 2018

Peran Ibu Untuk Pemenuhan Nutrisi Anak

aksi penuli nutrisi


Peran ibu sangat penting terhadap tumbuh kembang anak, ibu selalu menjadi sorotan jika anaknya sehat atau nggak. Yuk lah, menjadi ibu yang peduli nutrisi untuk buah hati.

Ciri anak sehat adalah 

  • Aktif 
  • Kreatif
  • Ketahanan baik
Kreatif tidak hanya mencakup kegiatan prakarya saja, melainkan anak cerdas dan imajinatif, kalau ditanya, nggak hanya menjawab satu dua kata saja, melainkan dapat menjabarkan dengan beberapa kalimat.

Kadang, ibu - ibu masih saja memiliki pemikiran kalau memberikan aneka makanan kepada asal kenyang saja, sehingga lupa jika yang baik tuh dalam satu piring ada unsur gizi seimbang, yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, dan dalam kenyataannya pada fokus untuk pemenuhan makro nutrient (karbohidrat dan protein), suka lupa nih untuk pemenuhan mikro nutrient yaitu vitamin dan mineral. Jika kekurangan vitamin, anak - anak akan sering terserang penyakit.

Dr. Grace Judio - Kahl, nutrisionis menjabarkan contoh anak yang kekurangan vitamin dan mineral. Jangan dikira anak yang gemuk tampak sehat, beneran sehat, padahal nih, setelah diperiksa, anak - anak yang tampak sehat, ternyata mengalami anemia. Nah loh, pemenuhan makro nutrient dan mikro nutrient harus seimbang, nggak sekedar kenyang saja. Mikro nutrient (vitamin dan mineral) banyak terkandung dalam sayur dan buah. Tantangannya, anak - anak jarang sekali suka sama sayuran.

minute maid nutriforce rasa jeruk


Gimana ya caranya agar anak suka dengan sayuran?

Banyak vitamin yang terkandung dalam sayuran, yaitu vitamin A, Vitamin B, Vitamin B9 (asam folat), Vitamin C. Selain sayuran, juga perlu mineral yang terkandung dalam seafood, zat besi yang bisa ditemui di daging sapi, hati, dan juga calsium yang bisa didaptkan di telur, ikan dan olahan susu. Kesemua vitamin dan mineral berperan penting untuk tubuh, seperti ketahan tubuh tubuh agar tidak mudah sakit, membantu anak untuk kreatif dan aktif

Menjadi kendala setiap ibu adalah anak yang suka pilih – pilih makanan, biasanya anak tidak suka makan sayur.

Ajak anak untuk menyusun menu makanan, berbelanja, dan memasak. Mengenalkan bahan makanan yang akan dimakan, akan membuat anak bersemangat untuk mengetahui apa sih manfaat yang didapat saat makan sayur.

One bite taste. Tidak perlu memaksakan anak untuk makan sayuran, ajarkan saja satu gigitan atau satu suap untuk mengenalkan rasa, ibu harus konsisten untuk mengajarkan one bite taste agar anak doyan sayuran. Berikan pujian jika anak sudah mulai menghabiskan sayuran yang dihidangkan, misalnya memberikan pujian jika anak ternyata sudah memiliki lidah dewasa dan bukan anak - anak lagi karena suka makan sayur.

Menu anak dan orang tua jangan dibeda - bedakan. Jika anak disuruh makan sayur, orang tuanya juga harus makan sayur, jika makanan hati sapi yang memang kandungan zat besi sangat baik, tetapi orang dewasapun belum tentu mau, jangan disuruh anak langsung mencoba tapi orang tua ogah makan hati sapi, berikan contoh, jangan hanya menyuruh anak.

Usia sekolah, pola makan anak diperngaruhi oleh teman - teman dan iklan, nah dalam masa ini harus ada pengawasan orang tua, jangan lelah untuk memberikan makanan sehat.

cooking demo


Artika Sari Devi menceritakan tentang pola asuh terhadap kedua buah hatinya. Artika menyusun menu setiap minggunya, untuk menyusun menus, Artika melibatkan kedua buah hatinya, agar mereka tau apa yang mereka makan, melibatkan anak – anak untuk menentukan menu agar anak – anak senang untuk menikmati makanan yang disajikan. Banyak sekali cara untuk menyiasati agar anak – anak tidak memilih makanan. Pertama, melibatkan anak untuk menyusun menu, bisa juga anak yang tidak doyan makan sayur, sisipkan sayur ke dalam makanan kesukaan anak, misalnya anak menyukai macaroni panggang, bisa tuh ditambahkan brokoli di dalam macaroni.

Kedua, jangan menyuruh anak untuk makan, tapi orangtua harus memberikan contoh, jika orangtua tidak suka sayur, bagaiamana bisa anak – anak menyukai sayur? Kan orang tua menajdi role model anak. Beri contoh dengan memakan menu yang sama dengan menu anak. Artika memberikan menu bekal anak yang sama dengan bekal si Ayah. Tentunya kalau untuk bekal anak, lebih dibentuk – bentuk, nasinya dibentuk bola – bola, artika juga menambahkan kalau bekal untuk anak lebih berwarna, anak akan lebih senang dan lebih lahap.



Di event ini, Artika sari devi membagikan menu favorite





Ada tambahan lagi nih untuk pola asuh anak, artika mengungkapkan jika setiap keluarga memiliki cara pola asuh masing - masing, memiliki dua anak yang memiliki sifat berbeda tentunya mendapatkan perlakuan yang berbeda sesuai dengan sifatnya. Meskipun sang suami merupakan musisi, tetapi untuk passion, memilih membebaskan anak - anak memilih apa yang mereka suka, tumbuh sesuai dengan minat. Artika dan suami menerapkan, sepintar - pintarnya orang akan lebih hebat jika peduli kepada sesama, respek kepada semua orang dan bermanfaat untuk sesama.



Minute Maid Nutriforce.


Dalam semangat Hari Gizi Nasional, Minute Maid Nutriforce mengajak lebih dari ribuan ibu – ibu PKK dan masyarakat luas di kota Surabaya mengikuti kegiatan “Aksi Ibu Peduli Nutrisi”. Program ini merupakan bentuk komitmen Minute Maid Nutriforce dalam memberikan edukasi kepada para ibu mengenai kebaikan nutrisi untuk anak usia sekolah, khususnya pentingnya memberikan tambahan asupan vitamin dan mineral yang dapat memenuhi 1/3 kebutuhan nutrisi harian anak serta kreatifitas dalam penyajian makanan bernutrisi kepada anak usia sekolah seperti bekal makanan.

“Minute Maid Nutriforce merupakan inovasi terbaru dari Minute Maid, diformulasikan secara khusus dengan 11 nutrisi bermanfaat seperti zat besi, kalsium dan zink, bermanfaat untuk membantu memenuhi 1/3 kebutuhan nutrisi harian anak tanpa mengandung pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Kami berharap Minute Maid Nutriforce bisa berperan menjadi minuman pilihan yang mendampingi kegiatan harian anak, dan mendukung terwujudnya anak yang aktif, kreatif dan memiliki ketahanan tubuh yang baik.” Tambah Andrew Soendjojo, Marketing Manager Minute Maid.

Minute maid nutriforce ada dua varian, yaitu jeruk dan mangga. Kenapa mengeluarkan dua macam varian? Karena dua buah ini yang paling disuka oleh masyarakat. Aku sudah coba keduanya, dan lebih suka yang rasa mangga. Jika anak - anak suka yang rasa manis, soft, pilih yang mangga, kalau suka yang segar - segar, pilih yang rasa jeruk.



minute maid nutriforce

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)

Copyright © sariwidiarti. Blog Design by SkyandStars.co