Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

K-Link turut serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

coloring competition surabaya


K-Link turut serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Setiap orangtua mengingkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan optimal. Seperti yang aku lihat sehari – hari, anak tetangga selalu saja aktif, nggak ada capeknya. Siang setelah sekolah, main sama temannya hingga sore, begitu pula sore dan malam, mengaji kemudian main, dibikin heran dengan keaktifannya, kok anak kecil nggak ada capeknya ya? Ada pertanyaan yang sebenarnya bikin aku penasaran. Sebenarnya apakah faktor asupan nutrisi yang membuat anak itu aktif? Apa indikator anak itu tumbu dan berkembang dengan baik? Apakah perlu mengkonsumis multivitamin anak untuk menunjang kegiatan anak?


Manfaat di balik kegiatan mewarnai dan menggambar.


lomba mewarnai surabaya
sebagian anak - anak yang ikut lomba mewarnai


Pada tanggal 11 Maret 2018 di BG Junction Mall, Surabaya diselenggarakan acara Super Kids Coloring Competition dan Seminar Kesehatan Anak bersama K-Link. Rasa heran dengan anak tetangga yang aktif ternyata muncul lagi setelah melihat betapa riuhnya anak – anak yang ikut lomba mewarnai. Sekitar 100 lebih anak – anak se-Kota Surabaya yang telah hadir di acara Coloring Competition. Ada dua kategori yang ikut perlombaan ini, yaitu : anak pra-TK hingga TK dan anak kelas 1 SD – 3 SD. Lumayan kerepotan nih para panitia agar anak – anak bisa tertib dan memulai acara perlombaan. Ada anak – anak yang ngobrol bareng teman sebelahnya, ada yang memeriksa peralatan mewarnai, bahkan ada yang menangis loh, karena saat mengikuti lomba, anak – anak tidak boleh di damping oleh orangtua, meskipun orangtua juga sebenarnya berat hati kalau meninggalkan anaknya, ingin memandu bagaimana cara mewarnai yang bagus. Untungnya, dengan sabar panitia selalu mengingatkan agar orangtua tidak membantu, atau terkena diskualifikasi.

persiapan lomba


Ada baiknya, anak – anak saat mewarnai, orangtua tidak ikut membantu, membiarkan anak berimajinasi untuk mewarnai, ada banyak manfaat mewarnai, seperti :

• Melatih anak untuk memilihi kombinasi warna dan membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna

• Stimulasi daya imajinasi dan kreativitas

• Melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai

• Melatih anak membuat target. Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Jadi anak belajar untuk menyelesaikan tugas yang dihadapinya sesuai target.

• Melatih anak mengenal garis batas bidang.

• Dimasa awal ketika anak memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar dihadapannya. Hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan anak merasa nyaman dan excited terlebih dahulu dengan aktivitas mewarnainya

• Melatih keterampilan motorik halus anak sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan kemampuan menulis

• Melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan. Mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon.

seminar kesehatan surabaya
para orangtua bersiap - siap untuk mengikuti seminar kesehatan 


Coloring competition dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori A Pra Tk-Tk dan kategori B kelas 1-3 SD. Setiap peserta akan mendapatkan satu botol K-Kids Omega isi 30 kapsul.


Hadiah untuk pemenang setiap kategori lomba mewarnai: 

• Juara 1: Uang tunai Rp. 750.000, trophy, sertifikat, goodie bag senilai Rp. 350.000

• Juara 2: Uang tunai Rp. 500.000, trophy, sertifikat, goodie bag senilai Rp. 250.000

• Juara 3: Uang tunai Rp. 250.000, trophy, sertifikat, goodie bag senilai Rp. 150.000

• Harapan 1: trophy, sertifikat, goodie bag senilai Rp. 150.000

• Harapan 2: trophy, sertifikat, goodie bag senilai Rp. 150.000


istri wakil gubernur jatim
Ibu Fatma memberikan sambutan

dr. Arifin, Ibu Fatma, Ibu Dessy, Crown ambassador

Sebelum dimulainya acara Super Kids Coloring Competition dan Seminar Kesehatan Anak bersama K-Link, terdapat sambutan oleh Ny. Dra. Hj. Fatma Syaifullah (Istri Wakil Gubernur Jawa Timur). Beliau mengatakan jika anak bagaikan kertas kosong, lingkungan dan pola asuh orangtua akan memengaruhi tumbuh kembang anak. Dibutuhkan lingkungan yang sehat agar anak dapat tumbuh dan kembang secara optimal, begitu juga peran orangtua menjadi faktor utama anak menjadi pribadi yang unggul.

lomba mewarnai
senengnyaaaaa


mewarnai dengan baik
semangaaat

Ibu Fatma tak hanya memberikan sambutan, tapi juga melihat asyiknya anak – anak yang ikut coloring competition, berfoto bareng anak – anak, dan dengan sabar ber-selfie dengan ibu – ibu yang nggak kalah heboh. Aku sempat dibikin heran nih, ada beberapa peserta yang persiapannya patut diacungi jempol, ada yang membawa crayon, warnanya lengkap banget, banyak gradasi warna yang cantik. Selain itu ada yang menyiapkan kuas yang besar dan ada yang memakai sarung tangan, mungkin keduanya bertujuan ketika tangan basah, nggak sampai membasahi kertas gambar, atau jika kertas gambar kotor karena butiran crayon, bisa dibersihkan dengan kuas besar, waaaah.. salut dengan totalitasnya. Beberapa menit saat mulai mewarnai, sudah ada yang pinter memberikan gradasi warna, merasa ciut nih aku. Karena saat masih kecil, aku mewarnai sebatas warnai primer, 12 warna dan gambar kemudian mewarnai gunung kembar dua, di tengahnya ada jalan tol, sawah, matahari, dan burung mirip angka 3 yang terbalik, legend banget!😆


Sementara anak – anak bersenang – senang mewarnai, orangtua mendengarkan Seminar kesehatan anak.


ibu - ibu pada ngumpul



Seminar kesehatan anak oleh dr. Arief Munandar Medical Consultant PT. K-Link Indonesia.


Sebelum ke materi, dr. Arief bertanya kepada ibu – ibu yang telah hadir di seminar kesehatan anak, apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi seputar pertumbuhan dan perkembangan anak? Banyak yang menjawab kalau anak susah makan, pilah – pilih makanan, dan malah ada yang jawab, anak sering bermain gadget, sontak seluruh peserta pada ketawa, sepertinya banyak banget ya yang mengalami hal tersebut.

dr arief munandar
dr. Arief Munandar


dr. Arief mulai menjelaskan kalau orangtua harus tahu kebutuhan anak meski setiap pola asuh berbeda – beda, agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat optimal, orangtua harus aktif untuk mestimulasi anak. Apa sudah tahu perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan?

Pertumbuhan : Bertambahnya jumlah sel di seluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur dalam meter, kilogram, dll.

Perkembangan : Bertambahnya kualitas fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui proses belajar dan kematangan organ. Ada 4 aspek perkembangan anak yang dipantau : motorik kasar yaitu melibatkan otot – otot besar (duduk, berdiri, dll), motorik halus yaitu gerakan yang dilakukan oleh otot – otot halus (mengancing baju, menulis, dll), kemampuan bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian.

Ada 3 aspek indikator anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal yaitu : fisik, intelektual dan emosional.

Pertumbukan fisik dapat dilihat dari : Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan tumbuh gigi. Kalau untuk pertumbuhan gigi, sebenarnya usia 25 tahun masih bisa tumbuh gigi yaitu gigi gerahan yang paling belakang.

Aspek intelektual : Golden period yaitu semenjak anak berada dalam kandungan, bisa menstimulasi dengan ajak berbicara untuk perkembangan intelektual, atau bisa disebut masa – masa kritis, karena pertumbuhan otak berlangsung 80% hingga usia 3 tahun, 90% hingga usia 6 tahun, dan 100 % sebelum usia 10 tahun.

Namun jangan risau jika anak kita berbeda dengan anak lainnya, bisa cek di KMS untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak, jika masih di garis hijau, berarti aman, tidak perlu khawatir, setiap anak terlahir unik.

Namun untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, ada permasalahan yang dihadapi orangtua, yaitu anak – anak susah makan dan pilah – pilih makan. Sebenarnya nutrisi untuk anak mudah didapatkan : 

Nutrisi makro :

Karbohidrat : Tak hanya nasi, bisa juga diganti ketela, gandum, dll. 

Protein : Ikan, telur, tahu, tempe, dll.

Lemak : Minyak zaitun, kacang – kacangan, dll


Nutrisi mikro : Vitamin, Elektrolit, Mineral. Bisa didaptkan di sayuran, buah – buahan, susu, dll


ibu - ibu bisa membeli produk K-Link di sini


Jika anak – anak kekurangan nutrisi, akan mengkibatkan stunting (pendek). Stunting di Indonesia bagaikan gunung es, yang terekspos hanya sebagian kecil, padahal banyak anak yang mengalami stunting. Stunting juga bisa megakibatkan kurangnya fokus saat belajar.

Satu piring makan, harus terdiri nutrisi makro dan mikro atau biasa disebut gizi seimbang, tetapi sering terlihat jelas kalau satu piring banyak sekali kadar karbohidrat, yaitu nasi, mie, martabak telur. Orangtua harus lebih perhatian untuk mikro nutrisi. Jika anak pilah – pilih makanan, orangtua harus jadi contoh bagi anaknya, agar anak suka makan sayur, orangtua juga harus doyan makan sayur. 

Eh, ternyata disela – sela dr. Arief sedang menjelaskan materi, ternyata ada salah satu peserta coloring competition sudah selesai, loh.

cara mewarnai
wiiiih... udah selesai niiih


Segambreng nutrisi yang harus dipenuhi, ibu – ibu pastinya ingin memberikan multivitamin anak untuk nafsu makan agar anak lahap dengan makanan yang telah disajikan, tapi bagaimana ya memilih multivitamin yang tepat ? Ada nih ibu – ibu yang bilang kalau masih memberikan multivitamin orang dewasa kepada anak, namun takarannya dikurangi atau setengahnya saja, apakah aman? Kata dr. Arief, sebenarnya tidak apa – apa karena itu sifatnya multivitamin dan jika ada zat – zat yang tidak diperlukan, akan dibuang melalui air kencing. Namun, sebaiknya anak – anak ya diberi multivitamin anak, karena dosis sesuai dengan kebutuhan anak – anak. Makin penasaran dong caranya memilih multivitamin yang tepat. Berikut penjelasannya


K-Kids Omega


K-Link merupakan MLM Syariah dimana telah mendapatkan sertifikat syariah pada tahun 2010. Didirikan pada bulan Mei 2002, K-Link Indonesia telah menerima banyak penghargaan karena kualitas produk dan system bisnis yang bagus. K-Link selalu mengupayakan kerja sama tim yang kuat dan solid.

Presiden Direktur K-Link, Dato Radzi Saleh
Presiden Direktur K-Link, Dato Radzi Saleh

Produk-produk K-Link terdiri dari produk-produk suplemen kesehatan, kecantikan, perawatan tubuh, UIE, serta perawatan mobil dan rumah yang mencakup produk-produk yang sudah cukup dikenal seperti K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua dan K-Ayurveda. 

"K-Link merupakan salah satu pioner MLM Syariah yang telah memperoleh sertfikat syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI tahun 2009, dan telah diperpanjang dua kali pada tahun 2013 dan 2016. Dalam menjalankan bisnis MLM syariah ini kami memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang diketuai oleh Prof. Dr. H. Isih Mubarak." Jelas Presiden Direktur K-Link, Dato Radzi Saleh.



K-Kids Omega dari PT K-Link Indonesia merupakan multivitamin anak untuk tumbuh sehat, cerdas dan kuat. K-Kids Omega mengandung omega 3 ikan Cod yang dapat merangsang pertumbuhan jumlah sel otak dan (penghubung) sinaps untuk mengoptimalkan kemampuan otak terutama dalam menerima informasi, konsentrasi dan menyimpan memori serta menjaga selaput sel otak agar dapat berfungsi dengan baik.

k kids omega
K-Kids Omega 


Cara mengkonsumsi : Kapsul lunak digunting dan diteteskan ke mulut anak atau dicampur dengan makanan / susu hangat.

K-Kids Omega tidak mengandung pewarna, pemanis, perasa, pengharum, pengawet dan bahan kimia lainnya. Dosisnya disesuaikan untuk anak – anak. Banyak sekali manfaat omega 3, selain terdapat kandungan omega 3 . K-Kids juga mengandung Cod liver oil, DHA, Vitamin D dan A.


K-VIT C Plus Teavigo.

K-Vit C Plus Teavigo merupakan suplemen makanan yang efektif dalam menjaga daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Untuk orangtua yang atifitasnya segambreng, apalagi memiliki anak yang aktif, jangan sampai tubuh nge-drop, karena anak - anak selalu butuh pendampingan oleh orangtua.

K-VIT C Plus Teavigo


Manfaat : Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, Memperlambat proses penuaan, Menjaga kesehatan sel saraf, Mengurangi risiko kanker, Menjaga daya tahan tubuh.

Aturan pakai : 1 - 2X sehari 1 tablet effervescent, dilarutkan di dalam segelas air (200 – 300 ml). Dengan air dingin lebih nikmat

Jika teman - teman berminat untuk membeli produk K-Link bisa langsung klik Beli K-Link  ,menjadi member K-Link dan langsung dapat diskon produk sebesar 20 %. Mau tanya - tanya dulu, boleeeh.

6 komentar untuk "K-Link turut serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak."

  1. Bagus kegiatan seperti ini,kak.
    Mendidik anak jadi lebih pede dan bersosialisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, menjadikan anak lebih mandiri juga :)

      Hapus
  2. Obegitu mbak. Saya malah seringnya ngarahin ponakan kalau pas mewarnai. Ya seringnya cuma ngasih saran biar jangan sampai keluar dari garis objek & pilih warna yang sesuai sama objeknya. Ternyata kurang tepat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau seusia pra tk dan tk memang sebaiknya dibebaskan sesuai dengan imajinasi mereka. Nantinya berlanjut lagi agar lebih baik.

      Hapus
  3. Semoga anak kita kelak bisa melu lomba kayak gini bareng. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. mungkin nanti kita tetanggaan :))))

      Hapus