Begini Cara Membersihkan Sepatu yang Benar

sepatu siapa hayooo



Bagaimana cara merawat sepatu wanita? Apakah sama dengan merawat sneakers pada umumnya? Yuk, kita cari tahu!

Sepatu telah salah satu bagian terpenting dari sebuah penampilan. Bayangkan saja bila kita tidak memakai sepatu, kaki kita bisa saja kotor terkena tanah atau pasir. Selain itu, jika tidak memakai sepatu, kaki kita bisa saja menginjak benda tajam.

Selain dapat melindungi kaki, sepatu juga menjadi salah satu penunjang penampilan. Penampilanmu akan terlihat menarik jika sepatumu juga menarik. Namun, bagaimana bila sepatu kita kotor? Apakah penampilan kita juga akan menurun?


Meskipun sepatu kodratnya untuk menginjak tanah, namun sepatu tidak bisa dibiarkan kotor terus-menerus. Bukan hanya akan menjadi sarang bakteri saja, tetapi kotoran yang mengendap di sepatu tersebut bisa merusak sepatu itu sendiri. Lalu, bagaimana sih cara membersihkan sepatu yang benar? Yuk, cari tahu cara membersihkan sepatu yang benar!

Bersihkan Flat Shoes Sesuai Bahannya


Flat shoes yang cantik juga harus selalu bersih. Namun, terkadang saking keseringan kamu menggunakannya, kamu sampai lupa untuk mencucinya. Benar, kan?

Nah, untuk mencuci sepatu jenis ini, kamu harus menyesuaikannya dengan bahan dasar yang digunakan sepatu tersebut. Jika flat shoes-mu berbahan kain atau kanvas, kamu bisa menyikat bagian yang kotor dengan sikat gigi dan detergen. Jika kamu tidak mau menggunakan detergen, kamu juga bisa menggunakan baking soda agar warna sepatumu tidak mudah luntur.

Setelah kamu menyikat seluruh permukaan sepatumu, bilas dengan sedikit air. Lalu, beri gumpalan kertas koran dan jemur di tempat yang sejuk. Ingat, jangan di tempat yang langsung terpapar sinar matahari, ya!

Untuk flat shoes yang berbahan dasar kulit, kamu bisa membersihkan bagian yang kotornya menggunakan sikat yang berbulu halus. Kali ini kamu tidak perlu menggunakan detergen atau baking soda lagi.

Sikatlah area yang kotor ke arah yang berlawanan dengan arah permukaan kulit. Jika noda sudah hilang, kamu bisa mengelap seluruh permukaan sepatu dengan lap yang kering.

Untuk flat shoes yang berbahan suede, sebaiknya jangan sampai sepatumu terkena air. kamu hanya perlu menyikat bagian yang kotor dengan suede brush khusus dan terakhir, bersihkan sepatu menggunakan penghapus karet. Kamu juga tidak perlu menggunakan detergen untuk membersihkan jenis sepatu ini.

Sebisa mungkin jangan kena dengan air. Bagian yang kotor, disikat dengan suede brush khusus, tanpa detergen, dan di-finishing dengan menggunakan penghapus karet.

Kalau dibersihkan dengan tepat, kamu bisa terus tampil cantik deh dengan flat shoes-mu.


cara membersihkan sepatu olahraga
sepatu siapa ini



Sepatu Olahraga Juga Perlu Dibersihkan


Selain flat shoes yang biasa kamu gunakan sehari-sehari, sepatu olahraga juga penting untuk dibersihkan. Karena aktivitas yang dilakukan, sepatu ini menjadi sepatu yang paling mudah kotor.

Sepatu yang nyaman dipakai dalam kegiatan outdoor ini memang paling mudah terkena kotoran dari tanah, lumpur, dan pasir. Jika sudah begitu, sepatu harus segera kamu cuci. Kamu tidak perlu khawatir karena membersihkannya gampang, kok.

Pertama, lepaskan tali sepatu. Setelah itu, rendam sepatu ke dalam larutan detergen selama 10 menit. Kedua, siapkan sikat gigi bekas dan detergen bubuk. Larutkan deterjen bubuk tersebut ke dalam air. Detergennya tidak perlu banyak, secukupnya saja. Ketiga, sikat bagian sepatu yang kotor secara perlahan dengan sikat gigi saja. Jangan menggunakan deterjen dulu. Setelah noda mulai pudar, barulah celupkan sikat gigi ke dalam larutan deterjen, kemudian sikat kembali bagian yang kotor tadi hingga nodanya benar-benar hilang.

Langkah keempat, angkat rendaman tali sepatu tadi, kemudian kucek tali secara perlahan agar noda menghilang. Terakhir, bilas sepatu dan tali yang sebelumnya sudah dibersihkan menggunakan air bersih hingga busanya hilang.

Untuk menjemurnya, kamu perlu mengeluarkan bagian lidah sepatu, kemudian masukkan segumpal kertas koran bekas, dan jemur sepatu hingga kering. Tapi ingat, jangan menjemur sepatu di tempat yang langsung terpapar panas matahari karena malah akan merusak sepatu.

Baca di sini juga mengenai tujuh rekomendasi sepatu yang wajib kamu koleksi.

Related Posts:

0 Response to "Begini Cara Membersihkan Sepatu yang Benar"

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)