Lokasi yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Di Tegal

alun-alun-tegal
liburan kemana (alun - alun)


Jika merencanakan liburan, lebih sering memilih tujuan yang sudah sering dikunjungi, apalagi kalau liburan bersama keluarga, paling sering kalau liburan sekaligus silaturahmi. Meskipun keluarga banyak yang dari Jawa Timur, namun ada juga keluarga yang jauh, paling sering ke Tegal, Jawa Tengah.

Banyak pemudik maupun pelancong yang singgah sejenak ke Tegal kemudian mereka melanjutkan perjalanan. Sayang sekali kalau hanya sebentar menikmati kota Tegal, meskipun sekarang semakin modern, banyak kafe dan mall yang semakin memanjakan mata. Saya biasanya mencari suatu hal yang sederhana, baik itu kuliner ataupun lokasi yang bisa melepas penat.


Tegal laka – laka. Bagi saya, Tegal selalu memberikan kenangan manis dan bernostalgia masa kecil, nggak pernah bosan. Ada apa aja sih, kalau hanya punya sedikit waktu untuk liburan di Tegal, lokasi mana saja yang wajib dikunjungi :

Alun – alun Tegal.


Jika memiliki waktu yang singkat untuk singgah di Tegal, langsung saja ke Alun – alun Tegal, lokasi di pusat kota, nggak jauh dari stasiun. Di sini serba ada, apalagi yang pengin berburu kuliner, mulai dari cemilan maupun makanan berat. Jika memiliki waktu yang lebih lama, dapat juga menikmati suasana alun – alun Tegal saat malam hari. Banyak persewaan mobil gowes dengan bermacam bentuk yang dihiasi banyak lampu, membuat suasana malam semakin semarak.

sauto-tegal
mari makan (sauto)


Alun - alun Tegal memang gudangnya makanan tradisional, sering bertemu dengan pendatang, dari luar Tegal. Katanya, kalau di alun - alun untuk melepas rindu kampung halaman, banyak datang dari kota - kota sekitar maupun luar pulau Jawa. Melepas rindu dengan menikmati kuliner asli, kupat glabed dengan sate kerang, sate ayam khas Tegal dan masih banyak lagi, harganyapun murah meriah.

suasana-malam-hari
suasana malam hari


Banyak juga tempat bermain untuk anak - anak, sembari menikmati cemilan tahu aci, persewaan sepeda listrik, bermain pancing ikan, bermain pasir sintetis dan masih banyak lagi. Seluruh anggota keluarga dapat menikmati semalaman dengan suasana alun - alun Tegal yang bersahabat.

Pantai Alam Indah.


Nggak kalah menarik, Pantai Alam Indah masih menjadi primadona dan jujukan untuk menikmati pantai, nggak heran dong kalau pantainya selalu ramai, karena memang Tegal merupakan daerah yang berada di jalur pantai utara.

main pasir yuk!


Pantai Alam Indah (PAI) itu sendiri beberapa kali "mempercantik diri" untuk mengaet pengunjung, untuk ke PAI. Pantainya bukan berpasir putih, melainkan pasir dan memiliki ombak yang lumayan sedang lah, ada batasan untuk berenang.

Memang luas PAI ini, namun pengunjungnya seringkali membludak pada hari tertentu, jadinya, kurang puas kalau main, tapi cukup senang bermain di pinggir pantai. Banyak masyarakat yang memanfaatkan untuk piknik, dengan menggelar tikar dan makan bekal dari rumah, anginnya sejuk meski cuaca yang aduhai panasnya.

Jalan Kartini


Jika ingin kulineran khas langsung meluncur ke alun - alun, lain halnya jika ingin kuliner yang lebih kekinian, anak muda ataupun kuliner yang hits. Jalan Kartini merupakan lokasi sekolahan, jadi banyak tukang jualan maupun warung, kafe dan sejenisnya.

Waktu itu diajak oleh sepupu, katanya sih pengin jajan seblak, dan ternyata saat malam hari di Jalan Kartini, waaah.. surga kuliner di sini. Harga murah banget, lebih banyak cemilan dan minuman kekinian. Coba deh cemilan olos, seperti cilok tapi renyah dan ada isian kubis dan cabe rawit.


Taman Poci.


Taman ini banyak dimanfaatkan oleh warga sebagai lokasi olahraga pada pagi hari. Taman Poci ini rimbun banget, jadi memang tepat kalau ingin berolahraga atau bersantai di sini. Jaraknya juga dekat dengan Stasiun Tegal.

Jika menunggu Kereta masih terlalu lama, bisa mampir dulu ke Taman Poci, di sini juga ada WiFinya, bisa dimanfaatkan untuk menikmati waktu senggang. Tamannya sudah cantik, jangan lupa untuk menjaga kebersihan taman, banyak kok tempat sampah yang bisa dijumpai

taman-poci-tegal
taman poci

Untuk akomodasi, saya menggunakan kereta api, untuk perjalanan jauh memang lebih sering dan lebih nyaman menggunakan kereta api, bebas macet dan tetap nyaman menikmati perjalanan. Untuk beli tiket kereta api online , saya menggunakan aplikasi pegipegi. Langsung download di Google playstore

Mengapa menggunakan Pegipegi?


> Navigasi di aplikasi pegipegi sangat mudah, bagian Home langsung tertera beberapa opsi diantaranya pembelian tiket kereta api.

> Untuk pesan tiket kereta api melalui Pegipegi bisa langsung pesan tiket pulang pergi. Namun, saya terbiasa jika untuk liburan bersama keluarga, hanya pesan tiket pergi saja, pengin menikmati liburan ke kampung halaman lebih lama.

aplikasi-pesan-tiket-kereta-api
pegipegi


> Rute perjalanan kereta api yang ada di Pegipegi tidak hanya untuk rute jauh, untuk rute dekat juga tersedia, seperti Sidoarjo malang juga tersedia, lengkap deh pokoknya.

> Tak hanya pesan kereta api di Pegipegi, biasanya selain akomodasi, pesan hotel juga di Pegipegi, karena sering pesan hotel di Pegigi akan mendapatkan PepePoin semakin banyak! PepePoin merupakan loyalty progam dari Pegipegi, dan jika poin telah terkumpul, bisa digunakan untuk pesan hotel.

> Pembayaran untuk pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan dengan berbagai macam metode : 

  • Bank transfer (BCA, Mandiri, BNI, BRI)
  • ATM transfer (ATM Bersama, Prima, ALTO, Bank Permata)
  • Kartu kredit
  • Pembayaran di swalayan
  • Virtual account BCA
  • KlikBCA
  • CIMB Clicks

> Dengan menggunakan aplikasi Pegipegi selalu dapat notif untuk info atau promosi terbaru, nggak perlu takut ketinggalan promo karena cukup klik “inbox” di aplikasi. Sering dapat promo diskon kereta api nih, terimakasih Pegipegi.

pesan-tiket-pesawat
pesan tiket kereta api


> Proses reservasi tiket kereta api di aplikasi Pegipegi terbilang mudah, mulai dari memilih asal dan kota tujuan, pembayaran hingga mendapatkan kode booking. Untuk cek setiap reservasi, dapat dicek di email maupun di aplikasi yaitu di kolom “pesemsanan” (mendapatkan e-ticket).

> Aplikasi Pegipegi tidak hanya melayani tiket kereta api, pesawat dan hotel saja, ada yang menarik nih yaitu berupa info travel, berisikan tips – tips bagi teman – teman yang ingin liburan atau melakukan perjalanan bisnis. Tips tentang lokasi wisata, info kuliner, rekomendasi dari Pegipegi, Event dan Festival, Review dari pengguna lainnya,Berita dan masih banyak lagi.


Dan, kali ini mau mempersiapkan liburan lagi nih, enaknya kemana ya? Ada rekomendasi tujuan wisata?

Related Posts:

0 Response to "Lokasi yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Di Tegal"

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)