12 Macam Sayuran dan Buah – buahan Lokal yang Bagus untuk Kesehatan

buah-dan-sayur-lokal-untuk-kesehatan
sudah makan sayur hari ini?


Gaya hidup modern seringkali mendapatkan tuntutan pekerjaan yang menyita waktu hingga membuat stress atau merasa tertekan. Untuk mengimbangi pekerjaan dan performa tubuh yang maksimal dibutuhkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolah raga dan makan makanan yang bergizi. Tidak susah untuk mendapatkan bahan pangan yang bermanfaat untuk kesehatan, misalnya : wortel, pisang, tomat dan masih banyak lagi.

Sempatkan waktu untuk berolahraga secara rutin, menghindari minuman berakohol dan kebiasaan meroko, dan juga beralih dari makanan yang berlemak ke makanan yang sehat, seperti membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Tak perlu pusing untuk menentukan daftar sayuran atau buah – buahan untuk dikonsumsi setiap harinya, karena banyak buah dan sayuran lokal yang mudah dijumpai di pasar maupun di supermarket, harga buah dan sayuran lokal juga terjangkau, tidak ada kata mahal untuk memulai gaya hidup sehat.


Banyak sekali sayuran dan buah – buahan lokal yang dijumpai, mengelolanyapun sangat mudah, sebagai bahan sayuran, bisa juga dikonsumsi dalam bentuk jus, puding dan sebagainya. Namun, kali ini, akan mengerucutkan macam – macam sayuran dan buah – buahan yang sering dikonsumsi dan bagus juga untuk kesehatan.

Berikut 12 Macam Sayuran dan Buah – buahan Lokal yang Bagus untuk Kesehatan


1. Wortel


Siapa yang tak kenal sayuran yang berwarna oranye ini, salah satu bahan sebagai pelengkap sayur sop, ternyata tak hanya diolah menjadi sayur, wortel juga dapat disajikan menjadi jus, biasanya dicampur dengan madu atau buahn – buahan lainnya.

Seperti yang diketahui, wortel memiliki banyak sekali manfaat, khususnya bermanfaat untuk kesehatan mata. Tak hanya itu, wortel juga memiliki kandungan biotin yang memiliki untuk metabolisme lemak dan protein. Wortel juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan.


2. Tomat.


Penggunaan tomat ada dua pilihan tergantung jenisnya, ada yang dibuat sayur atau tomat buah yang hanya dimakan langsung, sudah enak, manis dan asam menjadi sensasi tersendiri.

manfaat-tomat-merah
kraaauuuk


Tahukah kamu, selain wortel, tomat juga baik untuk kesehatan mata karena di dalam tomat juga terkandung vitamin A (betakaroten). Untuk yang sedang diet, tomat juga bagus sebagai pilihan menu diet kamu karena banyak terkandung air dan serat.

Selain sebagai bahan makanan, tomat juga bagus sebagai bahan masker, tomat dipercayai mampu untuk mengatasi masalah kulit, seperti kulit berminyak dan berjerawat. Cukup dengan mengiris buah tomat, kemudian tempelkan pada kulit wajah dan tunggu beberapa menit, dan bilas wajah dengan air bersih.


3. Kangkung


Kangsung merupakan sayur hijau yang murah meriah karena tidak sulit untuk menanam sayur dengan daun yang panjang dan ramping ini. Pada umumnya memasak kangkung dengan cara ditumis, cara ini praktis dan lezat untuk dinikmati, asalkan jangan terlalu lama untuk memasak sayuran agar nutrisi di dalam sayuran tetap terjaga.

Siapa sangka, sayuran yang murah meriah ini memiliki segudang nutrisi, terkandung vitamin A, protein, karbohidrat, serat vitamin C, mineral, kalsium dan masih banyak lagi. sayuran ini termasuk sayuran yang rendah kalori.


4. Sawi.


Kini sawi tak hanya menjadi pelengkap dalam bahan sayuran atau tumisan, sawi lebih dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami pada makanan, seperti membuat warna hijau pada mi, tak hanya mengenyangkan namun juga sehat.

Di dalam sawi banyak mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin A, vitamin B, kalsium dan masih banyak lagi. memang, mengkonsumsi sayuran baik untuk kesehatan dan juga yang sedang diet, rutin mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan serat dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


5. Bayam


Sayuran favorite kartun pelaut ini memang sangat popular karena mengolahnya mudah sekali dan bayam inilah sayuran pertama yang saya suka, rasanya manis dan mudah untuk dikunyah, lebih tepatnya sayuran yang lebih lembut.

Kandungan yang terdapat di bayam adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin E, zat besi, serat, antioksidan, asam folat dan masih banyak lagi. bayam juga terkenal dengan manfaatnya untuk mencegah anemia karena merupakan sumber zat besi yang baik.


6. Kecambah


Kecambah merupakan salah satu sumber protein, selain itu juga terkandung enzim, serat dan masih banyak lagi. kandungan enzim diperlukan tubuh sebagai memecah dan mencerna gula (mengontrol kandungan gula pada tubuh).


7. Daun singkong


Sudah pernah mencoba rasa dari daun singkong? Jika diolah dengan benar, daun singkong tidak terlalu pait, dan biasanya sebagai campuran urap – urap. Tidak banyak yang menyukai daun singkong, namun di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral. Diantaranya : vitamin A, vitamin C, vitamin B17, kalsium, fosfor, juga terkandung asam amino esensial yan bermanfaat sebagai kekebalan tubuh.



8. Pisang


Banyak sekali jenis pisang yang ada di Indonesia, seperti cavendish, pisang tanduk, pisang susu hingga pisang kapok dengan beragam bentuk. Jika saat setelah memakan pisang, perut sudah terasa kenyang, hal ini memang wajar karena pisang mengandung karbohidrat.


manfaat-buah-pisang
sudah makan pisang hari ini?


Siapa sangka, di dalam pisang juga terkandung vitamin C, serat, potassium, serat, kalori yang penting untuk tubuh. Banyak sekali inpirasi untuk mengolah pisang, dari yang sederhana yaitu konsumsi secara langsung, hingga sebagai bahan untuk membuah cake.


9. Pepaya 


Buah yang banyak ditemui di pasar dengan harga yang sangat terjangkau, biasanya buah papaya juga sebagai pendamping MPASI, dan memang buah yang disukai semua umur karena teksturnya yang lembut. Diolah maupun dimakan langsung, rasanya tetap enak.

Manfaat papaya yang popular adalah mampu untuk mengatasi sembelit, karena kaya akan serat. Papaya juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E, vitamin K, kalsium dan masih banyak lagi. baik untuk mata, sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




10. Terong


Terong merupakan bahan pelengkap favorite untuk sambal. Banyak juga jenis terong yang dapat ditemui, namun paling sering adalah terong dengan warna ungu dengan bentuk lonjong ataupun bulat.

Apa saja kandungan yang terdapat di terong? Terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang terlihat pada warna kulit terong. Terong juga memiliki kandungan potassium dan vitamin K. tentu saja manfaat terong tidak akan nampak jika dicampur dengan santan yang banyak.


11. Timun


Bisa dibilang, timu merupakan sayuran yang multifungsi, dapat diolah menjadi pelengkap sambal, lalapan, bahan sayuran, es hingga dapat digunakan sebagai masker wajah. memang, timun bermanfaat juga untuk kulit wajah karena mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium dan lainya.



12. Semangka


Buah yang paling popular di kala musim panas, buah semangka pada umumnya sebagai bahan minuman atau yang paling mudah adalah diolah menjadi jus. Buah semangka menjadi pilihan utama sebagai pencuci mulut, dari anak – anak hingga dewasa menyukai buah yang memiliki dua jenis warna ini karena teksturnya yang renyah, memiliki kandungan air yang melimpah dan rasanya yang manis.

manfaat-buah-semangka


Buah semangka memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi sehingga bermanfaat sebagai daya tahan tubuh. Kandungan lainnya yang terdapat di semangka adalah vitamin A, vitamin B6, fosfor dan masih banyak lagi.





Bagaimana, adakah sayuran atau buah – buahan kesukaan kamu? Atau tidak ada dalam daftar di di atas, share yuk di kolom komentar dan tulis juga manfaatnya bagi kesehatan.

Selain memilih bahan untuk dikonsumsi, perlu diperhaikan untuk mengolah bahan makanan. Pada dasarnya, sayur dan buah memang baik untuk tubuh, tapi yang perlu diperhatikan adalah bahan tambahannya yang menjadikan sayuran atau buah – buahan kurang maksimal untuk memberikan khasiatnya pada tubuh. Misalnya, buah dicampur dengan gula untuk diolah menjadi jus, padahal setiap buah mengandung gula yang alami. Tetap semangat untuk menjalani gaya hidup sehat.

2 comments

  1. Saya paling suka tomat. Enak dimakan langsung. Kalau yang masih hijau enak dijadiin lalap.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)