Manfaat Pijat Bayi dan Hal - Hal yang Harus Diperhatikan

manfaat-pijat-bayi
Johnson's sentuhan cinta


1000 hari pertama kehidupan atau biasa disebut dengan golden period merupakan masa di mana bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, maka dibutuhkan stimulasi untuk mencapai perkembangan optimal, bahkan sejak bayi dalam kandungan.

Setiap ibu mengingkan yang terbaik untuk buah hatinya, harus diperhatikan asupan nutrisi hingga stimulasi sensorik. Untuk ibu harus diperhatikan grafik tumbuh kembang anak yang tertera pada Kartu Menjuju Sehat, dan juga rutin melakukan pemeriksaan anak di Posyandu.



Pijat bayi dengan sentuhan cinta


Golden period dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan sentuhan ibu, karena ritual mandi bayi dan juga pijat bayi terdapat sentuhan cinta dari ibu. Mungkin, banyak dari ibu yang masih pertama kali memiliki bayi merupakan pengalaman yang mendebarkan, ada perasaan takut atau was – was saat memegang bayi yang baru lahir.

Perlu proses belajar untuk memberanikan diri memandikan bayi dan melakukan pemijatan, karena pijat bayi merupakan salah satu cara sedehrana untuk stimulasi.

Stimulasi dilakukan sedini mungkin, yaitu skin to skin contact, saat bayi masih dalam kandungan, perlu juga dilakukan stimulasi, dengan cara mengelus perut dan memulai mengajak bicara pada bayi, cara ini dapat meningkatkan ikatan erat ibu dengan anak (bonding).

Inisiasi menyusu dini (IMD) aatau dalam pengertiannya merupakan proses menyusu segera yang dilakukan dalam satu jam pertama setelah bayi lahir. IMD ini merupakan stimulasi pertama kali yang dilakukan ibu saat bayi lahir, terjadi yang namanya stimulasi taktil atau perabaan tentunya dengan sentuhan cinta ibu.

Dalam praktinya masih banyak ibu - ibu yang mempercayakan pijat bayi kepada dukun atau mbah - mbah untuk memijat bayi mereka. Justru sentuhan ibulah yang paling penting dalam proses pemijatan. Selain untuk memperkuat ikatan ibu dan anak, dalam proses tersebut akan terjadi pelepasan hormon endorfin, yaitu hormon yang membuat rasa senang. Ibu dan anak merasakan rileks, nyaman dan happy.

yang-perlu-diperhatikan-saat-pijat-bayi
yuuk pijat bayiii


Manfaat pijat bayi.


Terdapat beberapa teknik pijat bayi, Johnson’s telah melakukan studi dan telah merumuskan teknik pijat bayi yang telah terakreditasi oleh Ikatan Dokter Indonesia. Terdapat banyak manfaat saat melakukan pijat bayi, yaitu :

• Memperlancar aliran darah

• Masa tulang bayi lebih padat

• Pencernaan bayi lebih baik

• Bayi merasa rileks, happy

• Saat melakukan ritual mandi dan pijat pada bayi dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.

• Meningkatkan kesehatan psikologis bayi (ibu dan bayi saling berinteraksi melalui percakapan)

• Membangun ikatan ibu dan anak, bayi merasa nyaman, dicintai. Salah satu cara meningkatkan bonding dengan anak.

• Manfaat juga dirasakan ibu yaitu dapat mengenal bahasa nonverbal bayi, kapan bayi menangis karena lapar atau kapan bayi menangis karena BAB dan sebagainya.

• Perkembangan fisik dapat optimal, yaitu dimulainya dengan kecerdasan pertama, bayi dapat meraih sesuatu (tangan ibu atau anggota tubuh bayi). Gerakan tangan seperti meraih sesuatu (pada saat usia 6 bulan)


cara-pijat-bayi
memperhatikan dengan seksama




Stimulasi yg baik adalah multi sensori, meliputi panca indera bayi. Stimulasi yg baik saat mandi atau pijat bayi dilakukan dengan sentuhan lembut yang penuh cinta oleh ibu, lakukan kontak mata, tersenyum dan berbicara ramah kepada bayi.

Namun, dalam lingkungan masyarakat, terdapat pendapat jika terjadi Over stimulation, nantinya anak akan menjadi manja.Dalam penelitian, tidak ada pengaruh signifikan anak manja karena over stimulation. Dapat dilihat di kartu menuju sehat, ada indikator kemandirian anak. Kadang bukan anak yang tidak mandiri, mungkin ibunya sendiri yang memang berat hati ketika anaknya tumbuh menjadi dewasa.


Hal – hal yang diperhatikan saat melakukan pijat bayi.


Memang tak sembarangan untuk melakukan pijat bayi, selain teknik yang harus diperhatikan, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu.

1. Suasana saat pemijatan harus tenang, tidak berisik.

2. Pemijatan jangan dilakukan saat bayi tidur karena akan mengganggu rutinitas tidur bayi, sebaiknya ibu memiliki jadwal untuk pemijatan.

3. Dilakukan ruangan yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.

4. Saat dilakukan pijat bayi, dan bayi menangis, segera hentikan pemijatan karena bayi merasa tidak nyama.

5. Jangan melakukan pemijatan saat bayi dalam keadaan sakit.

6. Jangan memijat saat setelah bayi makan.

7. Saat memijat, kuku jangan panjang, tangan bersih, jangan pakai perhiasan, saat pemijatan dapat menggunakan baby oil atau baby lotion

Kapan pijat bayi dapat dilakukan? Pijat bayi dapat dilakukan saat bayi baru lahir, dilakukan dengan lembut dan pada posisi tertentu, bayi dapat telungkup di dada ibu.

Bagaimana dengan peran ayah? Tak hanya ibu, Ayah juga dapat melakukan pijat bayi, sekarang ini banyak tenaga pijat bayi profesional yang merupakan seorang ayah, ikatan orangtua kepada anak tidak sebatas ikatan ibu – anak, ayah juga perlu membangun ikatan atau bonding kepada anak.





Kampanye Sentuhan Cinta


Johnson’s sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistic anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.

Johnson’s mengajak para ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk;

Setiap pembelian produk Johnson’s di Alfamart dan Shopee senilai minimum 25.000

Setiap pembelian Johnson’s oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.

dukungan-pembangunan-posyandu


Dari transaksi tersebut, para ibu secara otomatis dapat menyumbangkan Rp500 guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Johnson’s juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijay bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnson’s untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.





Instagram : @JohnsonsBaby_id 

Facebook @JohnsonsBabyIndonesia

Related Posts:

8 Responses to "Manfaat Pijat Bayi dan Hal - Hal yang Harus Diperhatikan"

  1. Hai Kak, salam kenal...

    Wah, lengkap banget informasinya. Artikelnya bermanfaat untuk para ibu lho menurut saya.

    Oh ya, pemijatan bayi memang dibutuhkan. Baik secara modern maupun tradisional. Orang tua zaman dulu juga sudah melakukan pijat bayi. Tapi, kalau secara tradisional di kampungku, bayi dipijat sampai nangis. Jadinya nggak tega. :(
    Padahal kalau di artikel sini kalau bayi nangis, harus dihentikan pijatannya.

    Semoga banyak para ibu yang mampir ke sini.

    BalasHapus
  2. Iya anakku kalau abis di pijat bayi tidurnya pules.. Emang manjur ini

    BalasHapus
  3. Bayi itu sama kayak kita juga ya, butuh pijatan utk merelaksasikan otot2nya agar kembali bugar. .

    BalasHapus
  4. Seru ini acaranya sy pernah ikutan, jadi dapat ilmu baru, ternyata memijat bayi ada teknik khusus efeknya TDK hanya untuk sang bayi to jg bs mempererat hubungan ibu dan y

    BalasHapus
  5. Aku ngerasa banget kalo pijat bayi banyak manfaat nya mbak. Selain meningkatkan bonding bisa untuk metode penyembuhan juga. Si ghazy sepulang dr rs krn infeksi paru di terapi ama pijatan lembut untuk melegakan pernafasannya

    BalasHapus
  6. Kok tiba-tiba saya jadi pengen punya bayi lagi ya..hihi.. kangen masa-maaa tiap pagi mijit bayi sebelum dimandiin, wkwk

    BalasHapus
  7. Emang penting banget ini. Anakku sampe sekarang kalo pas siangnya aktif banget, sebelum tidurnya tak pijet mbak. Alhamdulillah jadi anteng trus nyenyak tidurnya

    BalasHapus
  8. Bayi aja butuh dipijat ya kak hehe. Tapi tentunya harus hati-hati juga dalam memijatnya. Thanks kak sharingnya

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)