Peran Orangtua Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan

festival-bunda-sgm-di-surabaya
festival bunda generasi maju

Melihat beberapa teman yang sedang menantikan buah hatinya, secara otomatis ikutan senang, tak sedikit, teman – teman saya merasakan kehamilan pertamanya, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Sekarang akses informasi untuk mengetahui perkembangan janin, dan seluk – beluk informasi kehamilan mudah untuk diakses. Namun, alangkah baiknya untuk menyaring segala informasi yang beredar, tidak sedikit mitos – mitos yang berkembang, jadinya was – was apalagi untuk kehamilan pertama. Nah, perlu banget untuk para Bunda selalu aktif berkonsultasi, ngobrol ringan dengan keluarga maupun sabahat dan mendatangi acara seputar kehamilan.


SGM memahami akan kebutuhan nutrisi pada ibu hamil, terutama nutrisi makro dan mikro, apalagi di saat masa kehamilan, Bunda merasa mual, jaga asupan agar pertumbuhan dan kesehatan janin dapat optimal, begitu juga dengan kesehatan Bunda yang perlu untuk dijaga agar tetap sehat dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

cemilan untuk ibu hamil
area bunda jajan


SGM Bunda dengan formula COMPLINUTRI, bantu penuhi kebutuhan nutrisi Bunda di masa hamil dan menyusui :

- Mengandung minyak ikan : untuk mendukung perkembangan saraf dan otak janin.

- Tinggi Zat Besi : untuk mendukung pencegahan anemia pada Bunda.

- Tinggi Asam Folat : untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

- Tinggi Kalsium dan Vitamin D : Untuk membantu pembentukan tulang janin.



SGM Bunda juga memberikan edukasi kehamilan secara online (digital) maupun secara offline, seperti Festival SGM Bunda Generasi Maju yang diselenggarakan di 4 kota, yaitu :


Surabaya, 21 April 2019 di Grand city Mall, Surabaya.

Jogjakarta, 28 April 2019 di Jogja Expo Center.

Jakarta, 21 Juli 2019 di Park & Ride Thamrin Lot 10, Jakarta.

Bandung, 28 Juli 2019 di Taman GOR Sapansa, Bandung.



Di acara ini, saya mendapatkan informasi tentang kehamilan dengan cara fun dan interaktif. Di Festival ini terdapat 4 Area yang dapat dinikmati, apa saja? Intip yuk :

Area Bunda Jajan : Jadi ibu hamil jangan dijadikan beban, boleh loh ngemil – ngemil cantik, selain ngemil, dapat juga menikmati SGM Bunda secara gratis, biasanya nih bawa cemilan untuk dinikmati saat talkshow.

Area Bunda Sehat : Di area ini dapat konsultasi kehamilan dan periksa USG dengan tenaga medis, ada yang cek darah juga loh. Yuk Bunda jangan lupa untuk pemeriksaan kehamilan secara berkala agar terhindar dari anemia.

Area Bunda Santai : Siapa yang merasakan pegal – pegal atau suka moody saat hamil? Bunda juga butuh relaksasi agar Bunda dan janin terasa santai, dan kuat untuk menjalani aktivitas sehari – hari dalam keadaan hamil. Di area ini, Bunda akan dipijat dengan 3 area pilihan, totok wajah, pemijatan area kepala atau pemijatan area kaki.

Area Bunda Cerdas : Di area ini terdapat games interaktif seputar fakta atau mitos tentang kehamilan, tidak menutup kemungkinan jika selama proses hamil, sering dong was –was dengan mitos yang beredar dalam masyarakat, yuk cari tahu tentang faktanya dan informasi sebanyak – banyaknya.

yoga-untuk-ibu-hamil
yoga untuk ibu hamil


Selain keempat Area yang dapat dikunjungi, masih banyak yang dapat dinikmati di Festival ini, seperti couple yoga, melakukan yoga bersama ayah. Manfaat yoga ini bermanfaat untuk memperlancar proses kehamilan dan dapat mengurangi rasa depresi pada saat hamil.

Selanjutnya cooking demo. SGM mengerti jika Bunda saat hamil sering mual dan sensitif dengan aroma tertentu, maka dari itu SGM memberikan inovasi berupa rasa susu yang beragam, jadi Bunda dapat menikmati dengan nyaman, selain dapat diminum langsung, SGM Bunda juga dapat dinikmati dengan berbagai kreasi minuman atau dijadikan puding, disajikan dingin atau hangat.

Chef memberikan resep praktis untuk olahan minuman SGM Bunda, yaitu : Puding pelangi (SGM Bunda rasa orange), Jus stroberi sirsak (SGM Bunda rasa stroberi), Jus alpukat lapis coklat (SGM Bunda rasa coklat), ada 3 Bunda yang beruntung nih untuk mencicipi kreasi minuman dari chef, enak dan segar.

resep-praktis-untuk-ibu-hamil
cooking demo


Bunda, saat hamil masih nggak untuk berdandan? Atau malah males karena setiap hari capek dan mual. Eh, jangan salah, Bunda juga harus memperhatikan penampilan, jangan karena hamil lantas muka kusam atau kucel, jika alasannya karena Bunda takut dengan kandungan yang terdapat di produk perawatan atau kosmetik, aman atau tidak untuk ibu hamil, hindari 2 bahan yang berbahaya, seperti merkuri dan hidroquinon, untuk lebih lengkap dan jelasnya, boleh bertanya atau konsultasi dengan dokter yang berkompetensi.

Wardah memberikan beauty class, make up untuk ibu hamil, cukup sederhana make upnya dengan hasil flawless. Wardah sebagai pelopor kosmetik halal, tak perlu ragu untuk mencoba kosmetik maupun perawatan untuk Bunda yang sedang hamil.

Acara yang tak boleh ditinggalkan, yaitu talkshow tentang nutrisi sebenarnya talkshow ini berada pada sesi awal, karena pembahasannya lebih panjang, saya ulas setelah beragam acara yang telah dinikmati.


tips-make-up-untuk-ibu-hamil
tips make up untuk ibu hamil


1000 Hari Pertama Kehidupan.


Jujur saja, saya cukup sering mendapatkan materi tentang 1000 hari pertama di acara parenting secara offline, kalau secara online dapat dibaca di facebook page SGM Bunda, informasi yang lebih beragam.

Saya menyadari jika golden period memang harus diperhatikan secara serius karena dalam periode ini, tumbuh kembang janin sedang dipuncaknya (berlangsung perkembangan optimal), ini berkaitan dengan masa depan si kecil, masa ini para orangtua harus memberikan asupan nutrisi secara lengkap dan juga pemberian stimulasi yang lain. Jika orangtua tidak memperhatikan hal ini, Bunda maupun si kecil dapat berpengaruh, seperti kelahiran prematur atau si kecil akan mengalami stunting.

edukasi-untuk-ibu-hamil
sesi talkshow



Asupan apa saja yang harus diperhatikan oleh ibu hamil?


Cakupan zat gizi Makro ; Karbohidrat, protein,dan lemak, fungsinya adalah membentuk sel atau organ – organ penting dalam tubuh

Cakupan zat gizi Mikro : Zat besi, asam folat, kalsium, vitamin B1, vitamin B12, vitamin D, fungsi dari zat gizi mikro ini untuk menunjang dari perkembangan organ dan sistem – sistem dari janin selama kehamilan.


Pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil, dampak dari anemia, antara lain:


- Bayi lahir prematur.

- Berat badan bayi lahir rendah.

- Kematian bayi dalam kandungan.


Anemia disebabkan karena kekurangan nutrisi terutama makanan yang mengandung zat besi dan asam folat selama kehamilan, kebutuhan zat besi ketika belum hamil kemudian saat hamil, berlipat. Jadi, asupannya ditingkatkan. Asam folat berfungsi juga untuk mencegah anemia.

kreasi-minuman-SGM-Bunda
kreasi resep SGM Bunda


1 dari 2 ibu hamil terkena anemia, biasanya disebabkan dengan asupannya makanannya kurang berkualitas, kurangnya nutrisi pada makanan yang diperlukan, tidak memperhatikan suplemen pendamping saat prenatal yang berfungsi untuk menambah asupan. Karena kadang kadar asupan pada makanan sehari – hari masih kurang untuk ibu hamil, jadinya dibutuhkan suplemen untuk pelengkap.

Trisemester pertama jika Bunda mengalami anemia : Gejalanya sering kram perut, ada flek saat awal kehamilan,

Trisemester kedua hingga trisemester ketiga ; ada resiko bayi lahir prematur, bayi gagal jantung karena pada trisemester pertama gagal untuk pembentukan organ jantung kurang sempurna, kematian janin pada kandungan, pendarahan pada saat persalinan, kelainan plasenta (plasenta lepas dari rahim).

Untuk setiap harinya, Bunda harus memenuhi asupan nutrisi dengan makanan gizi seimbang, jika dilihat dari porsinya, kandungan nutrisi makro dan mkiro, sebanding, atau 50:50. Makanan pokok juga jangan lupa untuk makan sayuran, buah, susu.

Jika kekurangan energi dapat berisiko untuk rentan terhadap penyakit, berat badan turun hingga badan menjadi lemas dan aktivitas terganggu.

Jika kekurangan protein, imunitas akan menurun, pertumbuhan jaringan atau sel terganggu pada janin.

Jika kekurangan lemak, secara emosional, Bunda mudah depresi.

Jika kekurangan vitamin, perkembangan otak janin kurang optimal.

Jika kekurangan zat besi ataupun nutrisi lainnya, tidak hanya berdampak saat masa kehamilan, namun berdampak pada tahapan selanjutnya, pertumbuhan anak tidak optimal, bertubuh kecil.

talkshow-parenting-di-surabaya
suasana di Festival SGM Bunda Generasi Maju


Lantas, bagaimana ketika Bunda mersa mual pada makanan tertentu? Memang ya ada yang makannya pemilih, maunya makan daging aja, kalau makan nasi atau sayur terasa mual, jika hal tersebut terjadi, harus konsultasi ke dokter kandungan, biasanya diberikan suplemen prenatal agar asupan nutrisi tetap terjaga. Susu formula pada ibu hamil membantu untuk mencukupi asupan makanan bergizi agar ibu tetap sehat, begitu pula dengan perkembangan dan pertumbuhan janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Related Posts:

0 Response to "Peran Orangtua Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan"

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)