Solusi Mudah dan Cepat Untuk Backup Data Smartphone

cara cepat dan mudah backup data smartphone


Saya hanya bisa melongo ketika mendengar kehilangan smartphone milik saudara saya saat beberapa bulan yang lalu, kecopetan katanya. Banyak foto kenangan dan data penting di smartphone tersebut. Diapun sempat curhat, kalau boleh milih, ambil aja ponselnya tapi kembalikan foto dan folder-folder penting ke pemiliknya. Entah, sekarang bagaimana nasi smartphone kesayangan.

Lain halnya dengan kejadian yang saya alami, susah untuk install aplikasi maupun update aplikasi tertentu, karena menerima notif ruang memori penuh, disuruh untuk menghapus beberapa file agar ruangan memori tercukupi, tapi kan #DibuangSayang untuk menghapus dan juga melelahkan untuk memilah mana yang dihapus.

Oiya, saya menggunakan smartphone untuk memotret produk khususnya kecantikan maupun produk perawatan, karena sering mengulasnya di blog, sudah menjadi suatu pekerjaan. Selain itu, sering ikut bersama mbak ke pernikahan untuk merias. Tak lupa saya mendokumentasikan hasil riasan, proses akad hingga resepsi dalam satu ponsel, sekarang kamera smartphone sudah canggih dengan hasil foto yang cantik.

Satu lagi, selain foto dan file penting, saya suka donwload aplikasi editing foto maupun video. Sudah menjadi hal yang lumrah, sebelum foto ataupun video di-upload di media sosial, edit sana-sini agar semakin sedap dipandang.

Pentingnya Backup Data Smartphone.


Dari dua kejadian tersebut, kehilangan serta penuhnya memori ponsel. Penting untuk backup data smartphone, bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan atau karena kelalaian pengguna yang tidak melakukan backup data.

cara backup data
hasil studi


Saya membaca hasil studi yag dilakukan oleh Western Digital Corp tentang “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar.

Hasilnya, sebanyak 97% persen responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian. Kamera merupakn fitur yang sering digunakan, sebayak 93% responden yang mengiyakan. Jadi, tidak heran jika sebanyak 98% data di dalam smartphone yang paling banyak adalah foto.

Iya banget! Bagi saya, pekerjaan yang mngandakan visual memang foto yag paling bayak menghabiskan ruang memori smartphone.

Kemudahan pekerjaan dengan ponsel tidak dapat dipisahkan dengan masalah yang megikutinya yaitu permasalahan kehilangan data. Sebanyak 67% responden pernah mengalami kehilangan data dan sebayak 51% masalah kehilangan data berupa mnghapus data untuk menghemat memori smartphone.

Saya merasa tidak sendiri jika dilihat dari hasil studi yag saya baca. Tidak hanya memahami permasalahan yang dihadapi, namun harus mencari solusinya, agar tidak menghaus foto yang penting untuk pekerjaan.

penelitian tentang survey
hasil lengkapnya



USB OTG SanDisk, Solusi Penyimpanan Data dengan Cepat dan Mudah.



Masih ingat jelas, waktu itu ada teman yang mengirim tautan flash sale di salah satu market place, harga SanDisk OTG lagi harga miring, langsung klik dan membaca spesifikasinya, dari sekian purnama, eh tidak terlalu lama untuk berpikir dan membeli USB OTG SanDisk. Kelebihan dari SanDisk yang membuat saya nyaman menggunakannya :

1.Merek yang sudah terkenal dan terjamin kualitasnya.

2.Mobile, USB OTG sesuai untuk Smartphone maupun tablet.

3.Memiliki kapasitas memori yang besar, 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB.

4.Dapat mengosongkan memori dengan mudah pada ponsel.

5.Kemampuan transfer data yang cepat, hingga 150MB/s (untuk kapasitas memori 32GB-128GB).

6.Otomatis terdeteksi ketika terhubung ke ponsel.


review sandisk otg
mengapa memilih USB OTG SanDisk?



Dengan backup data dari smartphone ke USB OTG SanDisk, berarti semakin banyak ruang kosong memori pada ponsel, sehingga mempermudah saya untuk memotret kembali foto-foto sebagai penunjang pekerjaan saya sebagai perias maupun dokumentasi untuk acara pernikahan.

Produk SanDisk mudah untuk dibeli, offline maupun online store dan sudah tersebar di banyak negara. #SanDiskAPAC atau bisa disebut Asia Pasifik dapat ditemui di beberapa negara. Jika ke luar negeri, dan lupa bawa USB OTG SanDisk bisa beli juga di negara yang teman-teman singgahi, seperti Australia, China, Hongkong (China), India, Indonesia, Japan, Jordan, Korea, Macau (China), Malaysia, Maldives, Myanmar, Nepal, New Zealand, Oman, Philipines, Senegal, Singapore, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Vietnam.

sandisk indonesia
tak perlu khawatir jika smartphone butuh ruangan yang besar


Sebarkan kebaikan melalui SanDisk.


Saya yakin jika banyak orang yang mengalami permasalahan yang sama seperti saya, bikin sedih atau malah bikin bingung karena memori smartphone penuh dan harus menghapus beberapa foto, aplikasi atau data lainnya.

Karena sudah menemukan solusinya. Saya mulai memberitahukan pentingnya melakukan backup data, pertamanya saya menyarankan kepada Bapak yang sering menerima kiriman foto dan video cucu kesayangan lewat messenger, lama kelamaan galeri foto dan video menumpuk, tidak mungkin untuk menghapus beberapa foto, bukan sekedar fotonya melainkan kenangannya yang sayang jika dihapus, orang tua bahkan kakek neneknya, terasa berat menghapus momen keluarga yang berharga.

Langsung saja memberikan SanDisk USB OTG pada Bapak, daripada bingung hapus foto, lebih baik disimpan dan sewaktu-waktu dapat dilihat lagi, atau dicetak langsung.

Posting Komentar

0 Komentar