5 Hal Yang Harus Dimiliki Oleh Pebisnis Pemula

bisnis untuk pemula
berdiskusi dan berkolaborasi


Dalam era digital ini, setidaknya setiap orang memiliki satu akun sosial media ataupun memiliki satu aplikasi messenger. Banyak kemudahan yang kita dapatkan, dan sayang sekali jika teknologi yang serba tanpa batas ini tidak dimanfaatkan dalam hal kebaikan.

Bisnis, satu kata yang terlintas di pikiran saya saat membaca tema-tema tentang teknologi, hal sederhana yang dulu saya lakukan adalah berjualan di facebook, setiap hari setiap waktu posting statu dagangan.

Dari tahun ke tahun, dunia digital semakin berkembang, mempermudah semua orang untuk berinteraksi dan berkarya. Karena teman-teman saya banyak yang berkecimpung di dunia digital dan memang sudah paham dengan pemanfaatan teknologi. Saya penasaran dengan lingkungan yang lebih luas, para perempuan yang masih kesulitan untuk Go Digital untuk memajukan usahanya.

Sister UKM Go Online


Melalui event yang diselenggarakan oleh Sisternet, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Bloggercrony Community (BCC) Surabaya menggelar pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan perempuan Jawa Timur, mengambil tema “Sister UKM Go Online”.

Saya duduk bersebelahan dengan para perempuan yang bisa dikatakan lintas generasi, satunya seorang mahasiswi dan yang satu lagi distributor kaos kaki di salah satu kota di Jawa Timur. Akrab dengan berbagi pengalaman merintis sebuah bisnis, manajemen waktu, membagi tugas jadi seorang ibu dan juga mengurus bisnis, membicarakan kesulitan yang dihadapi ketika ingin fokus untuk berjualan secara digital, beliau juga pernah dituduh atau diragukan oleh calon konsumennya, dikira nipu karena toko di marketplacenya kurang ramai. Beliau hadir di acara agar dapat masukan atau tips dan trik agar lebih bisa melebarkan sayap.

kumpulan wanita pebisnis surabaya


Perempuan dengan segala permasalahannya tetap kuat dan tidak kenal putus asa untuk selalu belajar agar lebih baik lagi. Meskipun sudah merintis bisnis beberapa tahun yang lalu, masih banyak yang hadir untuk belajar lagi.

Tidak menutup mata, jika di luar sana masih banyak yang mengalami kesulitan untuk Go Digital, entah karena bingung untuk optimasi, bingung membagi waktu, gaptek maupun permasalahan lainnya.

Sisternet hadir sebagai rumah digital perempuan Indonesia, bisa berbagi maupun berdiskusi pengalaman seputar dunia teknologi, dan teknolgi itupun bukan identik dengan coding atau hal-hal yang bikin pusing duluan. Tema yang diangkat merupakan tema yang sering ditemui dalam keseharian, seperti digital parenting, financial, literasi digital dan masih banyak lagi.

Pengambilan tema seperti di atas, memiliki tujuan agar pelatihan ini mengajarkan perempuan atau sister-sister yang hadir dapat mengetahui bagaimana melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital untuk memacu produktifitas usaha kecil menengah. Pelatihan diselenggarakan di Hotel Batiqa Darmo Surabaya.

Tak hanya melalui pelatihan secara offline, sisternet juga memberikan kemudahan untuk akses di web sisternet, di situ ada modul pintar, bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja. Modul pintar berisi informasi dan inspirasi untuk perempuan Indonesia.

Ada 4 kategori yang bisa dipelajari, yaitu Ibu dan anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya (beragam kategori yang termasuk lifestyle). berisi video singkat yang banyak sekali tips maupun informasi yang menambah wawasan.

Manfaat Bisnis Go Digital


Pemateri pertama, yaitu Sister Riski Hapsari yang merupakan owner dari Koleksikikie, membawakan materi dengan tema “Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk UKM”, meski sudah siang, tapi mbak Kiki membawakan materi dengan renyah dan memberikan contoh sangat relate dengan permasalahan pebisnis pemula.

pebisnis kreatif surabaya
Riski Hapsari


Untuk pebisnis pemula ataupun yang sudah memiliki bisnis namun masih offline atau hanya dijual sekitar tetangga atau teman saja. Mulailah memasarkan secara digital karena banyak manfaat yang akan dirasakan, seperti :


Lebih luas menjangkau konsumen.
Jika sebelumnya hanya berjualan di kalangan ibu-ibu PKK, melalui pemasaran digital dapat memasarkan seluruh Indonesia bahkan bisa ke mancanegara.


Melakukan pemasaran digital dengan strategi yang tepat dapat menarget calon konsumen yang tepat.
Tidak hanya berjualan, tapi berjualan di berbagai platform media sosial, para pebisnis bisa melihat data atau statistik pengunjung atau colon konsumen, sebaran wilayah mana saja yang beli di toko, yang paling banyak beli perempuan atau laki-laki, jam berapa yang paling ramai toko dikunjungi.


Lebih hemat waktu dan biaya jika dibanding dengan konsep pemasaran secara langsung.
Sarana chat saat ini banyak yang memberikan kemudahan, misalnya fitur balasan otomatis, menjual barang tidak butuh sewa lapak, membayar iklan di media sosial lebih praktis daripada iklan cetak baliho, brosur atau media offline lainnya.


Jenisnya juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan tipe bisnis yang kita jalani.
Tak hanya berjualan di media sosial, bisa memanfaatkan grup chat, youtube dan masih banyak lagi.



5 Hal Yang Harus Dimiliki Oleh Pebisnis Pemula


Mengetahui lebih dalam produk yang dijual
Mbak Kiki menjelaskan, sebelum berjualan, kenali dulu produk yang akan dijual. Meskipun berawal dari reseller, pahami apa manfaat atau kelebihan dari produk yang dijual.

Persaiangan bisnis itu wajar, namun kita sebagai pebisnis harus tahu keunikan dari produk yang dijual, fokus juga dengan kelebihan produk, gali dan pelajari lagi produk jika ingin berinovasi dalam beberapa bulan ke depan.


Ketahui siapa pelanggan potensial kita.

Setiap produk memiliki pasarnya sendiri. Pentingnya data konsumen yang kita miliki karena akan berkaitan dengan promo apa yang tepat dan akan mendatangkan banyak penjualan.


Berikan kebermanfaatan.
Pebisnis sering kali lupa jika calon konsumen kadang nggak suka kalau langsung diprospek, bosen lihat akun jualan yang terlalu hard selling. Mbak Kiki memberikan tips, kalau posting jangan melulu jualan, berikan kebermanfaatan, mengapa sih harus beli di toko saya daripada beli di lain, posting yang bermanfaat dan personal. Misalnya lagi mengadakan event bakti sosial, berikan tips-tips seputar produk, dan kalau di grup chat harus membaur dengan anggota lainnya, jangan cuma muncul saat gelar lapak aja.


Optimasi akun

Mbak kiki memiliki dua akun yang terpisah, personal dan akun bisnis. Akun personal untuk meningkatkan personal image atau personal branding, posting seputar kegiatan KoleksiKikie maupun yang bersifat personal, kehidupan sehari-hari. Akun bisnis seputar produk, jualan secara hard selling dan seputar tips bros Koleksikikie atau bahan-bahannya.

Memiliki satu ataupun dua akun tergantung ke diri masing-masing, jika belum bisa menghandle dua akun, pakai saja akun bisnis dan diselipin postingan yang nggak melulu jualan.


Konsisten.
Kadang nih, ibu-ibu rumah tangga maupun pekerja suka bingung mengatur waktu, anara keluarga dan bisnis. Nggak masalah loh posting di media sosial hanya seminggu satu atau dua kali saja, yang penting konsisten, dan diimbangi juga dengan messeger, atau jualan di media lainnya jadi menyebar saat melakukan promosinya.

Lebih baik memiliki jadwal untuk promosi dan kegiatan lainnya agar bisa jalan beriringan. Jika memiliki dana lebih, bisa merekrut tim, jadi owner bisa fokus ke cek kualitas produksi atau manajemennya.



Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk UMKM


Materinya padat dan daging banget, kalau bisa sih, pertemuan selanjutnya bisa full seharian, full praktik dengan materi yang berbeda. Nggak terasa loh 30menit lebih dikit, pemateri menjelaskan secara terperinci dan relate banget bagi pebisnis yang masih pemula ataupun yang ingin Go Digital.

Materi yang kedua, disampaikan oleh Mbak Wawa, founder Blogger Crony, menjelaskan tentang “Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKM”. Sudah tahu belum kalau karakteristik setiap platform media sosial itu berbeda?

acara blogger surabaya
Kak Wawa



Jika ingin berjualan di instagram harus menonjolkan visual yang menarik, foto, video, infografis yang bikin mata tertarik dan betah berlama-lama kemudian order produk. Lain halnya jika ingin berjualan di facebook, media sosial ini lebih menonjolkan story telling. Menceritakan sesuatu meskipun ujung-ujungnya jualan tapi yang membaca nggak merasa diprospek. Ujung-ujungnya malah kita yang membaca jadi tertarik dan transfer.

Nggak hanya materi yang disampaikan tapi ada tugas yang diberikan, yang pertama adalah melengkapi bio di setiap media sosial yang dimiliki. Bio harus jelas, siapa ownernya, jam berapa toko buka, cara pesannya bagaimana, lokasinya di mana, harus terperinci.

Banyak tugas yang diberikan, paling seru nih tugas on the spot, yang hadir disuruh menulis tentang bisnisnya, apapun yang terlintas dipikiran dan nggak boleh dihapus, kalau salah, dicoret saja. Hal ini melatih bagi para pebisnis untuk kreatif dalam membuat caption. Dilatih terus, nanti juga terbiasa.

Kedua pemateri saling melengkapi, dan sama-sama memberikan masukan positif, apalagi memberikan wejangan, hati-hati dengan personal branding, jangan suka nyinyir ataupun menggiring sentimen negatif pada diri sendiri, nanti berakibat ke bisnis, karena permasalahan kepercayaan tuh mahal harganya.

sisternet surabaya
horeee... seruuu


Dan nggak ketinggalan, meski banyak saingan di dunis bisnis, akan lebih keren jika saling kolaborasi dengan rekan sesama bisnis atau kolaborasi dengan anggota keluarga seperti Mbak Kiki yang kolaborasi dengan anaknya. Banyak masukan yang diterima untuk merangkul pasar milenial, Mbak Kiki mendapat masukan agar lebih aktif untuk membuat konten video, karena anak-anak milenial lebih suka visual.

Banyak nih PR yang harus dirunut dan dipraktikan satupersatu, kalau ingin bisnisnya ingin tetap eksis dan maju, harus mau belajar dan upgrade ilmu. Alhamdulillah banyak belajar dan nyaman menerima materi karena berada di salah satu meeting room yang merupakan salah satu fasilitas di Batiqa Hotel Surabaya.

Bukan sekali ini di Batiqa Hotel, yang menarik view dari rooftopnya yang menyajikan pemandangan Surabaya yang berbeda. Di sudut rooftop juga tersedia mini bar, menu unggulan adalah steak, namun banyak menu nusantara yang bisa kamu nikmati. Di bulan Oktober, ada promo seru yang wajib diserbu. Snack platter dibandrol dengan harga 45ribu rupiah, bermacam-macam snack yang menggoyang lidah. Jika ingin makanan yang berat atau menu utamanya, coba saja menu sego besek seharga 30ribu rupiah perbesek dengan macam-macam lauk, ikan asin, tempe goreng, dan masih banyak lagi yang bikin perut kenyang.

batiqa hotel surabaya
rooftop


Kurang lengkap kalau belum mengulik tipe kamar yang ada di sini. Ada 3 tipe kamar yang bisa di booking, yaitu Superior room, Suite dan Family room, cocok untuk semua kebutuhan, dari para traveler langsung cobain tipe superior atau sedang jalan-jalan bersama keluarga dan ingin privasi saat menginap, pilih saja tipe family room, karena kamar anak terpisah meskipun masih dalam satu ruangan yang sama.

rooftop hotel batiqa
pemandangan dari rooftop, malam lebih romantis


Selain rooftop yang menjadi fasilitas idola, masih banyak loh fasilitas yang bisa dimanfaatkan, yaitu: gym and fitness yang berada di lantai 2, internet corner dan cafe yang berada di lantai 2. Langsung cek aja di IG @batiqahotelsurabaya untuk info dan promo menarik di sana.


Posting Komentar

0 Komentar