Kantor Cabang Faber-Castell di Surabaya Menyediakan Fasilitas Galeri Seni dan Ruang Workshop

faber castell Surabaya
Kantor Cabang Faber-Castell Surabaya


Dengan mengusung konsep “Art Center”, PT Faber-Castell International Indonesia pada tanggal 22 Oktober 2019 meresmikan Kantor Cabang di Surabaya. Tidak hanya me-display beragam produk Faber-Castell, namun lebih dari itu, karena kantor cabang Surabaya hadir sebagai pusat bisnis dan seni untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.


Seni itu tidak ada yang benar maupun salah, seni itu tentang ekspresi jiwa.


Begitu kira-kira ucapan Bapak Andri selaku Public Relation Manager, si sela-sela waktu saat saya menunggu teman di ruangannya konferensi press, memang saat itu saya sengaja untuk berangkat lebih awal, karena kantor baru, deg-degan juga kalau keliru alamatnya. Selain itu, saya ingin mengintip-intip lebih awal bagaimana ruangannya.

faber castell soft pastel
hasil karyaku :)))

Meskipun cuaca di Surabaya cukup terik, namun sudah banyak yang hadir, karyawan, para seniman, para undangan dan masih banyak lagi, sudah hadir di lokasi. Ternyata setelah saya registrasi. Langsung dipersilakan untuk langsung menuju ke lantai 4 untuk ke ruangan konferensi press, ternyata belum bisa intip sedikit nih, makin penasaran, karena di luar gedung juga terhampar kain merah yang menutupi sebagian gedung, akan dibuka saat ceremonial berlangsung.

Sembari menunggu, tersedia selembar kertas dan beberapa pilihan produk Faber- Castell untuk mewarnai gambar yang tersedia. Kalau zaman saya masih sekolah, mengenal Faber-Castell hanya alat tulis menulis. Sekarang semakin bervariasi, tidak hanya untuk kebutuhan anak-anak, melainkan untuk orang dewasa hingga profesional, seperti seorang seniman yang memamerkan karya seninya di sebuah galeri. Semua ada.




Art center.


Bapak Yandramin Halim selaku Presiden Direktur PT Faber-Castell Internatisonal Indonesia, menjelaskan alasan mengapa mengusung konsep Art Center. 

Galeri seni di surabaya
Bapak Halim (tengah), perwakilan Pemkot Surabaya (kiri)


Beliau menjelaskan latar belakangnya, bahwa seni untuk mengekspresikan diri. Seseorang harus mampu untuk berekspresi, jika memiliki karya, jangan hanya untuk diri sendiri, melainkan harus mampu menunjukkannya kepada orang lain, seperti halnya seseorang yang memiliki mimpi harus mampu mengkespresikannya kepada orang lain, agar tahu apa mimpi yang ingin diraih, apa saja karya yang kita mampu ciptakan.

Masih tentang berkespresi, ternyata mampu untuk mengurangi stress. Jika merasa banyak pikiran, ekspresikan beberapa saat untuk menggambar, melukis, mewarnai, dengan mengeluarkan semua yang mengganjal di hati ataupun pikiran, bisa mengurangi stress, atau bisa disebut dengan proses healing, membuka hambatan-hambatan pikiran.

Ada cerita menarik dari Beliau, Faber-Castell pernah terjun ke pengungsian korban bencana alam Gunung Sinabung, membantu anak-anak untuk healing dari trauma yang dialami. Anak-anak saat melakukan merwarnai maupun menggambar, banyak yang mengeluarkan air mata, meluapkan emosi yang masih menghambat di pikirannya.

Dari banyaknya manfaat seni yang salah satunya adalah untuk mengekspresikan diri, terlihat dari kantor cabang yang berada di Surabaya. Dari depan jalan raya, nampak unik, kantor yang sangat unik dan nampak terlihat seninya yang berwarna-warni.

kantor faber castell di surabaya
pencil ceiling bisa dilihat di Lobby


Gedung ini memiliki 5 lantai, di lobby utama terlihat dua unit pencil ceiling yang dibuat dari pensil warna Polychromos Faber Castell, selain itu gedung ini dirancang untuk menjalankan misi Group Faber Castell untuk menciptakan pengalaman kreatif yang menginspirasi ekspresi diri.

Di lantai 4, sebagai fasilitas untuk workshop, setiap minggunya akan ada kegiatan workshop yang beragam, untuk anak-anak hingga dewasa. Di lantai 5, terdapat ruang galeri untuk memberikan pentas terutama bagi seniman muda ataupun seniman. Di ruang pameran ini tidak hanya untuk menikmati hasil karya para seniman, bisa langsung membelinya, dan seluruh uang hasil pembelian, untuk seniman tidak dikenakan potongan.

galeri seni faber castell surabaya
galeri seni di lantai 5


Kantor cabang Surabaya yang terletak di Tenggilis Mejoyo-Surabaya ini juga untuk mempercepat proses bisnis dan distribusi untuk melayani pasa Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Selain itu untuk melengkapi dan memperkuat jaringan bisnis Faber-Castell di seluruh Indonesia, yang kini sudah berada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makasar dan Samarinda. Menyusul nantinya pabrik dan kantor di Semarang.


Art for All


Diharapkan kegiatan menggambar maupun mewarnai sebagai jembatan untuk mengakrabkan para orang tua ataupun kakek/nenek dengan anak-anak. Generasi muda akrab dengan gadget, sedangkan para orang tua ataupun kakek/neneknya tidak sedikit yang gaptek, kegiatan inilah yang lintas generasi, semua orang bisa menggambar maupun mewarnai dengan sesuka hati, kegiatan positif yang mempererat komunikasi antar anggota keluarga.

lukisan potret pak habibi
karya salah satu seniman, lukisan wajah Pak Habibie
Sesuai dengan campaign yang telah dilakukan oleh Faber Castell yaitu Art for All (#Art4All). Faber-Castell telah bekerjasama dengan berbagai sekolah di Indonesia untuk mengadakan program Teacher Workshop. Peserta yang mengikuti event ini sekitar 100-150 peserta. Tema yang diambil dalam workshop ini merupakan tema yang sederhana, seperti gambar dasar menggunakan connector pen, dooling dengan Connector Pen, gambar kreatif dengan oil pastel, watercolor pencil dan finger printing, Art and craft connector pen, connector pen craft dan tema paper craft. Workshop ini mengasah kreatfitas agar nantinya para guru lebih bervariasi untuk memberikan pelajaran tentang menggambar ataupun mewarnai.

Selain itu, Faber-Castell juga mengadakan kegiatan lomba, yaitu Family Art Competition 2, yang diikuti oleh adik-adik TK maupun SD. Lomba ini berhadiah jalan-jalan ke Hongkong Disneyland. Pesertanya (SD) sekitar 39202, peserta tersebut berasal dari 35 kota di Indonesia. Di level anak PAUD hingga TK, pesertanya 79330. peserta tersebut berasal dari 70 kota di Indonesia.


yang punya blog eksis nih :))


Tidak hanya acara untuk anak-anak, Faber-Castell juga menggelar acara untuk orang dewasa, diantaranya “Art Exhibition” yang menghadirkan 3 seniman muda. Acara ini berlangsung di Plaza Senayan Indonesia. Acara ini juga sebagai memperingati 111 tahun Polychromos Faber Castell. Para seniman diberikan kebebasan untuk melukis dengan produk Polychromos.


Tahukah kamu…

Faber-Castell menumbuhkan sekitar 20 m3 kayu setiap jamnya, setara dengan sekitar 1 beban truk.

Untuk produksi pensilnya sendiri, Faber-Castell hanya menggunakan kayu dari hutan yang dikelola secara lestari.

faber castell surabaya
Lobby


Faber-Castell meraih prestasi Top Brand For Kids & Teens. Mendapatkan 7 Top Brand Awards for Kids dan 3 Top Brand Awards for Teens. Penghargaan yang diterima setiap tahunnya, dalam kurun waktu 2009-sekarang.

Top Brand for Kids : Pensil warna, Pensil Hitam, Pensil Mekanik, Penghapus, Cat Air, Krayon, Spidol Warna.

Top Brand for Teens : Cat Air, Pensil Mekanik, Ballpoint.

Faber-Castell juga meraih Indonesia Corporate Image Award untuk kategori Produsen alat tulis. 2016 - 2019 (berturut-turut).

Penghargaan yang lainnya di tahun 2019, Faber-Castell meraih Digital Popular Brand Award. Untuk produk Pensil Mekanik, Crayon, Penghapus, Cat Air, Pensil Hitam, Pensil warna. Penghargaan ini telah diraih selama 3 tahun berturut-turut (2017-2019).

Lokasi galery seni dan workshop semakin mudah dijangkau, sekarang kitanya aja nih yang harus memanfaat event yang akan digelar di Kantor Cabang Faber-Castell Surabaya.

Posting Komentar

0 Komentar