8 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Traffic ke Website

cara meningkatkan traffic blog


Website merupakan salah satu marketing tools yang dapat menjangkau lebih banyak pembaca ataupun calon pelanggan. Setiap hari, masyarakat terbiasa mencari informasi lewat mesin pencarian, di situlah pentingnya sebuah portal web. Ibaratnya, website merupakan “wajah” dari sebuah brand. Setiap informasi yang dibutuhkan pembaca ada di halaman web.

Tak hanya digunakan untuk perusahaan besar, sekarang ini banyak para pemilik bisnis, perusahaan nirlaba, organisasi, bahkan tokoh masyarakat memiliki sebuah web. Tujuan pembuatannya berbeda-beda tergantung kebutuhan dari pemiliknya. Misalnya memiliki tujuan untuk menghasilkan penjualan, personal branding, campaign, event dan masih banyak lagi. Setelah memiliki web, apa langkah selanjutnya?

Agar pengunjung nyaman saat mengunjungi sebuah website, sangat penting untuk memperhatikan beberapa fitur atau elemen penting dalam sebuah halaman web atau bisa diartikan sebagai user friendly, karena web tak sekedar berupa sekumpulan teks yang berisi informasi, namun pengunjung ingin mencari sebuah experience yang menghibur, mengedukasi, bisa jual menginspirasi.

Web yang user friendly tidak hanya mengutamakan loading page yang cepat. Namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu ; Mobile friendly. Akses mengunjungi sebuah laman dapat dilakukan di gadget yang memiliki ukuran layar yang berbeda, perlu juga diperhatikan besar kecilnya font. Kedalaman sebuah informasi yang disajikan, apalagi bagi pemilik bisnis tidak hanya melakukan hard selling, sajikan informasi terkait dengan produk secara jelas dan mendalam.

Selanjutnya, navigasi ataupun layout yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang dibutuhkan, seperti kontak seller, keranjang belanja, dll yang memudahkan pengunjung untuk klik. Perhatikan juga warna tema tema web atau infograsi di sebuah laman, warna senada yang membuat mata pengunjung nyaman untuk mengakses web.

Jangan lupa untuk melakukan maintenance secara berkala, banyaknya pengunjung yang datang membutuhkan upgrade agar web semakin berkualitas. Upgrade hosting juga perlu untuk menangani lonjakan traffic. Dibutuhkan Hosting Indonesia yang terpercaya dan berkualitas seperti Qwords. Jika telah melakukan beberapa langkah yang telah disebutkan, libatkan pengunjung agar website menjadi lebih baik, membuat survey tentang pengalaman mengakses halaman web.

Jika website telah siap, hal yang menunjang web dikunjungi banyak orang adalah traffic yang banyak. Mengapa website membutuhkan traffic? Bisa dilihat dari contoh, seorang pebisnis membuka toko di pinggir jalan, pastinya memiliki jalan yang ramai di kunjungi orang, banyak cara untuk menarik perhatian agar banyak pengunjung untuk ke toko dan melakukan pembelian, misalnya memasang banner, menyebarkan selebaran dan masih banyak lagi, itu contoh sederhananya jika traffic itu penting untuk website.

Dari bahan bacaan yang sering dijadikan rujukan, yaitu moz.com. Cara untuk meningkatkan traffic ke website dapat dilakukan dengan cara organik atau menggunakan tools yang berbayar. Dalam postingan ini akan membahas cara organik serta mudah untuk dilakukan siapa saja yang ingin traffic meningkat.


mendapatkan traffic blog yang banyak


Berikut 8 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Traffic ke Website :


1. Riset keyword : Langkah awal untuk membuat konten adalah melakukan riset keyword. Bagaimana jika “bermain” dengan keyword yang tingkat persaingannya terlalu tinggi? Beberapa langkah mudahnya adalah dengan memasang iklan dalam mesin pencarian atau memasang konten bersponsor ke web atau blog yang memiliki peringkat bagus di mesin pencarian dengan keywords yang diinginkan.

2. Konten harus up to date dan related. Meskipun kebanyakan web bersifat static dengan informasi sebuah perusahaan atau personal branding, akan lebih menarik pengunjung jika up to date, misalnya menginformasikan liputan event yang telah berlangsung, kegiatan sosial yang telah dijalankan, calendar event setiap bulannya, promo, launching produk, konten berupa tips yang terus up to date, konten yang beragam tidak hanya berupa tulisan bisa disisipkan video.

3. Konten kontroversi : Cari tema yang sedang populer di media sosial dan masih related dengan website yang dikelola. Berikan argumen yang kontra dari tema yang ingin dibahas. Lakukan riset untuk meperkuat argumen, bisa juga ditambahkan dengan hasil penelitian atau diperkuat oleh argumen dari para ahli di bidangnya. Agar penyampaiannya bisa menyebar di kalangan netizen, rekrut juga influencer yang mampu menggiring pengikutnya untuk membahas dan membuka tautan website tentang pembahasannya.

4. Guest post : Keberagaman konten sangat disukai oleh pengunjung, guest post salah satunya cara agar traffic dapat meningkat, carilah seseorang yang expert dalam bidangnya yang akan membahas suatu tema yang sedang trend. Pemabahasan dilakukan secara mendalam. Atau menjadi guest di blog para influencer membahas tentang product knowledge yang ingin disampaikan ke masyarakat luas.

5. Mengambil keuntungan Dari Penutupan Toko : Meskipun cara ini digunakan pada moment tertentu, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Saat ada informasi akan ada penutupan toko (lakukan tips ini jika toko tersebut terkenal dan ramai di kota yang besar), orang-orang akan mencari segala informasi tentang penutupan toko tersebut, kesempatan ini dapat digunakan untuk menmbuat konten berupa “Pengganti (substitusi) barang dari toko tersebut”. jika toko yang akan tutup memiliki banyak pelanggan, pasti para pelanggan akan mencari produk pengganti. Jangan membuat konten tentang tema produk pengganti di website sendiri, melainkan lewat web media atau blog para influencer dengan konten yang soft selling.

6. Menggandeng event lokal. Cari event lokal yang diminati di kota tertentu. Bekerjasama bisa dalam hal website untuk pembelian tiket atau berikan promo dengan syarat harus registrasi sebagai member di web.

7. Mengadakan lomba. Keuntungannya tak hanya mendapatkan traffic tapi juga mendapatkan brand awareness. Lomba yang dapat dilaksanakan, lomba blog, lomba SEO atau lomba review produk.

8. Penawaran secara berkala. Mendapatkan traffic tinggi merupakan tujuan yang paling dasar, setelah mendapatkan pengnjung agar semakin “terikat” berikan penawaran menarik yang membuat pengunjung ingin menjadi member atau langsung melakukan penjualan. Penawaran bisa berupa beli 1 gratis 1, diskon member yang baru bergabung, atau berikan e-book secara gratis jika web yang dikelola merupakan web pelatihan atau personal.

Semoga tips 8 cara mudah untuk meningkatkan traffic ke website bermanfaat untuk pengusaha pemula atau yang sedang kesulitan untuk meningkatkan traffic.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Menarik jug nih sol konten kontroversi dan informasi menjelang ditutupnya suatu tempat terkenal, ya

    BalasHapus
  2. No 6 belum pernah saya lakukan,
    Menggandeng event lokal bahkan bary terpikirkan. Terima kasih. Sangat bermanfaat 💃

    BalasHapus
  3. Wah tulisan informatif yang saya cari

    Terimakasih ya

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)