Belajar Menggambar Dengan Faber Castell Soft Pastel Art

faber castell soft pastel


Sejak peresmian kantor cabang Faber Castell Surabaya, sudah banyak kegiatan berupa workshop maupun pameran seni. Seperti di postingan ini, beruntung bisa belajar menggambar dengan Faber Castell soft pastel art.

Kalau dilihat dari perjalanan hidup *cieleh*, kayaknya nggak ada nih aktivitas yang mengandung unsur seni, kecuali saat sekolah, kalau sekarang sih paling banter ya suka mewarnai di colouring book untuk dewasa  itupun sekadar hobi atau untuk mengisi waktu luang. Sekarang mencoba hal baru yang tidak seperti biasanya, yaitu belajar menggambar, sudah kebayang gimana senengnya, karena dalam seni nggak ada yang salah ataupun benar, berkaitan dengan ekspresi diri.

Soft pastel ini merupakan produk terbaru dari Faber Castell. Teman-teman punya berapa produk Faber Castell? Kalau saya nih, punya pensil warnanya yang isi 10 atau 24, punya connector pen dan cukup banyak juga punya alat tulisnya, empuk dan gak nggak patah.

sebagian para peserta


Sebelum memulai belajarnya, peserta yang terdiri dari blogger, influencer, dan anak-anak, diberikan penjelasan dulu tentang produk secara umum. Ternyata, produk Faber Castell memiliki kategori sesuai dengan usianya, untuk anak-anak memiliki warna produk dominan merah, produknya memiliki fungsi untuk Playing and Learning. Kemudian untuk usia remaja dan dewasa kemasan produknya lebih dominan biru ataupun hijau, bedanya kalau biru untuk seniman pemula, sedangkan yang hijau untuk seniman profesional, tentu berbeda kebutuhannya. Kalau seniman memang tujuannya adalah komersil, untuk dijual, jadi butuh produk yang tidak gampang pudar, produk yang awet sampai bertahun-tahun.

Semua produk Faber Castell berkualitas hanya saja disesuaikan dengan penggunaannya. Nggak mungkin dong seniman pakai produk untuk anak-anak, nanti kalau karyanya laku, eh beberapa bulan kemudian karyanya sudah pudar, kredibiltas seniman diragukan kalau hasil karyanya gampang pudar, mengecewakan. Produk dengan kategori untuk profesional memiliki pigmen yang tinggi, sehingga tidak gampang pudar.

Ada lagi nih, untuk Faber Castell premium juga ada seperti graf von, yang alat tulis dominan warna abu-abu, untuk marking juga ada, memiliki warna dominan kuning. Semua disesuaikan dengan kebutuhannya.

sudah punya produk Faber Castell yang mana?


Ada yang tahu nggak kalau menggambar itu bukan sekadar mengisi waktu luang? Sini aku ceritakan, waktu pembukaan cabang Faber Castell Surabaya yang alamatnya di jalan Mejoyo, stress healing. Menceritakan pengalaman tim Faber Castell juga turun ke lokasi pengungsian untuk memberikan hiburan anak-anak korban bencana alam, anak-anak yang mengalami stress, berpisah dengan orang terkasih, rumah hancur, saat menggambar mengeluarkan air mata, mengekspresikan perasaan yang tidak bisa diungkapkan secara gamblang.

Bagi teman-teman yang mengalami padatnya rutinitas, mari menggambar! Jangan bilang nggak bisa gambar, banyak bertebaran isnpirasi di depan mata, atau tonton aja youtube channel Faber Castell. Kali ini menggambar dengan Soft Pastel Art Strater Kit yang di dalamnya terdiri dari 7 pieces :

1.Pastel art paper (8pcs, 15x15cm, 5,7x15cm).
2.Stencil.
3.Kneadable Eraser in plastic box.
4.Eraser.
5.Eraser Pencil Perfection 7058 B with brush latex-free.
6.Creative studio soft pastels mini cardboard box of 24.
7.Transparent casing.

Terlebih dahulu diperlihatkan sebuah video tentang turioal menggambar soft pastel, caranya unik banget, soft pastel bisa langsung digunakan kayak pensil warna atau crayon, atau cara penggunaannya dikikir dulu jadi butiran-butiran, nantinya diblend di atas art paper dengan tangan, agar nampak lebih bagus, blending dengan warna lain.




Kalau dilihat dari videonya sih gampang ya, dan hasilnya cantik banget, sederhana tapi bikin berlama-lama untuk melihat. Oke, saatnya praktik!

soft pastel stater kit
soft pastel stater kit


Karena masih pemula, nggak langsung di art paper, tapi susun warna yang akan digunakan di kertas HVS, dikikir dulu yang nantinya diblend di art paper. Menyusun juga ada tekniknya, komposisi warna terang (lebih muda) ke warna yang lebih gelap, sesuai selera juga, palet warnanya ada 24, pilih saja sesuai keinginan.

workshop menggambar
yuk mulai!


Kali ini diajari yang mudah dulu, diawali dengan ngeblend dasarnya, yaitu warna rerumputan, warna langit, bulat-bulat (yang ternyata bakalan jadi pohon dan domba), diajarin juga untuk menambahkan ornaem yang ada di stensil, ada ornamen bintang, bulan, dll. Jadi saat selesai menggambar warna dasar langit, bikin ornamen bintang, caranya pakai eraser pensil dan stencil.

workshop menggambar surabaya
anak-anak dan imajinasinya


Meskipun arahannya menggambar alam, pohon dan ada dombanya tapi tak menyurutkan niat anak-anak untuk eksplor sesuai imajinasinya, seneng kalau lihat anak-anak yang out of the box, warna-warnanya terserah mereka yang penting happy.

sebuah maha karya dari Sari widiarti


Jangan lupa kalau sudah selesai langsung di semprot/spray biar warnanya semakin menonjol, bisa di gugling untuk produknya spary soft pastel. Sesi terakhir pamer karya dong, harus percaya diri dengan karya yang dihasilkan.

Kebetulan saat belajar bareng, hasil karya soft pastel dari tim Faber Castell dipajang di Lobby, macam-macam gambarnya, berupa pemandangan hingga galaksi. Oiya, hasil karyanya bisa digunakan untuk post card, disesuaikan saja ukuran paper art untuk kartu pos.

Posting Komentar

0 Komentar