Chocotrenz Trending Demo 2019 Hadir Di Kota Surabaya


launching buku colatta


Jam menunjukkan pukul 09.15 WIB saat saya tiba di lokasi acara yaitu di Ballroom, Hotel Grand Dafam Signature Surabaya. Ternyata sudah dipenuhi dengan antrian para #FoodCreator yang telah hadir di acara Chocotrenz Trending Demo 2019. registrasi dimulai pada pukul 08.30 WIB. Tidak hanya Food creator yang berasal dari Surabaya, banyak juga dari luar kota seperti Madiun, cukup jauh juga ya. Salut nih sama semangatnya.

registrasi


setelah registrai, dapat goodiebag


Acara Chocotrenz merupakan kegiatan tahunan dari brand Colatta, Haan, dan Bendico. Tahun ini mengusung tema Colourbration sebagai tren Pastry & Bakery. Filosofi dari tema ini disesuaikan dengan tagline yaitu Fun, Bold dan Elegant.

Fun : Inspirasi kreasi cokelat dan pastry dengan menggabungkan keceriaan warna-warni.

Bold : Perpaduan warna yang berani.

Elegant : Dikreasikan dengan Elegant dan modern dalam keberagaman bentuk geometris.


“Tema Colourbration diharapkan dapat menjadi tren food ke depannya, yaitu dengan memadukan kemeriahan warna-warni yang berani. Saat ini perkembangan bisnis F&B sangat pesat, para food creator yang bergerak di bidang pastry, bakery, dan industri kuliner lainnya dituntut semakin kreatif dalam berkreasi jika ingin menjadi trendsetter di dunia F&B,” Ramdan Budiawan, Sales Deputi General Manager PT Gandum Mas Kencana.



Saat Open Gate, pandangan saya langsung menyebar ke sudut-sudut lokasi acara, luas banget, meriah, konsep yang matang. Karena event yang berlangsung pada tanggal 21 November 2019 ini menghadirkan konsep Mini Exhibition. Tidak hanya berpusat di main stage aja yang nantinya bakalan ada demo masak, para food creator juga dapat menjelajahi zona - zona seru yang jaraknya tidak jauh dari main stage.

resep kreasi cokelat
beragam aplikasi


Di main stage sudah siap tsesi baking demo dengan Technical Advisor Colatta, yaitu chef Dino dan chef Darmawan, sebelum memulai baking demo, kedua chef tersebut bersama MC mengawali dengan talkshow tentang trend baking dan pastry, nggak menutup mata kalau sekarang ini perkembangan pastry dan cake sangat cepat, acara Chocotrenz ini akan memberikan inspirasi bagi Food creator agar lebih mengekplor karyanya, apalagi produk dari Colatta, Haan dan Bendico lebih bervariatif sesuai dengan kebutuhan.

talk show


baking demo

Lanjut nih, kedua Chef langsung persiapan baking demo, ternyata sebelum memulai aksinya, masih sempat loh bikin pantun, unik dan menghibur nih. Saat sesi baking demo, para food creator banyak juga yang antusias untuk menanyakan seputar resep, dan saya pun jadi bertambah kosakatanya tentang dunia baking dan pastry. Nggak ketinggalan semua yang hadir dapat mencicipi hasil dari baking demo, saya sih menjagokan “Chocolate Tiramisu Tart”, resepnya bisa dibaca di buku “Colourbration”. Tart ini menonjolkan citarasa manis tiramisu manisnya nggak terlalu berlebihan, rasa tiramisunya juga dominan di mulut, kulit tartnya juga crunchy.

boleh diicip-icip


Selain bisa mengikuti baking demo, menikmati juga 4 zona unik yang dapat dikunjungi, keempat zona ini melibatkan interaksi antara food creator dengan para chef.


1. Fun Zone : Area fun photo booth.

Zona yang langsung rame sesaat setelah open gate, banyak yang berfoto rame-rame dengan satu komunitas, para sahabat bahkan satu keluarga.

Eksis dulu



2. Experience Zone (Mini Demo) : Di zona ini dapat berinteraksi seperti tanya jawab langsung dengan Technical Advisor Colatta terkait produk dan aplikasi dalam kegiatan Mini Demo.

Saya termasuk yang antusias saat mengunjungi Experience Zone, melihat secara langsung membuat menu-menu yang sederhana namun cantik dan bisa menjadi ide bisnis. Seperti saat mencicipi onde-onde, teman-teman sudah tahu dong dengan jajanan satu ini ini, jajanan pasar yang murah meriah. Saat Mini Demo berlangsung, membuat onde-onde dengan tampilan yang berbeda, lebih berwarna dengan isian yang beragam, salah satu inovasi yang mudah untuk diikuti.

Mini Demo


Interaksi yang sering saya lihat, banyak yang tanya resep, cara membuat, apakah salah satu bahan bisa diganti, dan produk Colatta yang dipakai. Sangking antusiasnya, cemilan yang baru saja matang, langsung ludes dilahap, saya pun tidak ingin ketinggalan untuk mencicipi. Selain jajanan, ada juga minuman yang lagi hitz nih, Colatta drinking chocolate dengan tapioca balls (boba) dan gula aren, cocok dinikmati ketika cuaca panas, segar manisnya pas dan nggak bikin eneg.


3. Colatta Pop Up Caffe : Di zona ini dapat mencicipi berbagai kreasi makanan dan minuman yang dibuat dari produk - produk Colatta, Haan, Bendico dan La Kreiva.

Colatta Pop Up Caffe


Untuk menikmati special menu di Pop Up Caffe ini, dengan melakukan pembelian dengan jumlah tertentu di Food Creator Zone. Ada 4 spesial menu yang dapat dipilih dan dinikmati, yaitu :

  • Coconut cream drinking chocolate.
  • Spicy drinking chocolate.
  • Donut glaze (free topping).
  • Colourbration creation :
          →Hexalemona.
          →Mango jelly cheseecake.
          →Monochrome cake.
          →Sugar berry pudding.


Deretan #Colourbration creation cake dapat dilihat di depan main stage, beneran deh cakenya cakep banet, kekinian, bentuk geometris yang berbeda serta memanjakan mata. Nah, jika ingin mencoba rasanya, bisa langsung meluncur ke Colatta Pop Up Caffe. Asyik dong.

colourbration creation


Saya mencoba yang Hexalemona, rasa manis dan segar perpaduan antara banana caramel dan lemon, tampilan semakin elegan dengan Colatta Glaze. Tekstur Hexalemona juga lembut dan ringan dimulut. Selain itu mencoba Donut glaze, kalau ini gratis, dengan cara menukarkan kupon yang diberikan saat registrasi.


mau cobain?


Ngobrolin tentang kupon, setiap Food creator yang hadir di #Chocotrenz Trending Demo 2019 akan mendapatkan goodie bag yang di dalamnya ada kupon yang berisi potongan harga, stamp dan free donut / waffle. Cara untuk mendapatkan stamp, dengan mengunjungi setiap zona, jika stamp sudah lengkap, akan mendapatkan nomer dorprize tambahan.


4. Food creator store : Di zona ini dapat berbelanja berbagai produk Colatta, Haan, Bendico, serta merchandise ekslusif “Food creator” yang hanya dijual saat acara berlangsung. Dengan berbelanja nominal tertentu akan mendapatkan special menu secara gratis di zona Colatta Pop Up Caffe.  Banyak food creator yang berbondong-bondong membeli produk Colatta, Haan dan Bendico, karena harga yang bersahabat, selain itu bisa tanya-tanya info produk, bisa borong nih, yang menariknya, nggak sedikit yang tertarik untuk membeli apron eksklusif yang hanya dijual saat acara. Apron ini juga dipakai oleh para chef yang hadir loh.

Food creator store




Launching Buku "Spectacolour".



Kemeriahan acara berlanjut saat launching launching “Spectacolour Book”. PT. Gandum Mas Kencana sebagai produsen cokelat Colatta meluncurkan buku Spectacolour yang berisi seputar kreasi food, dessert, dan pastry. Buku ini salah satu cara GMK untuk menginpirasi para pelaku bisnis bakery, Horeca, Pastry Chefs, Executive chefs, Foodpreneurs Start Up, Online Bakery hingga food enthusiat yang mencintai keragaman food & pastry creation.

Buku ini merupakan kolaborasi  12 food creator yang memiliki berbagai latar belakang berbeda dan menekuni bidang pastry (Praktisi, pengajar, public figure, hingga chef mudah yang berbakat). Nama-nama chef yang sudah tidak asing lagi dan memiliki jam terbang yang tinggi, turut berkontribusi di buku ini, seperti Chef Chandra Yudasswara, Chef Nina Bertha, Chef Riady Halim, Chef Gerald A. Maridet dan Chef Diana Cahya.

launching buku Spectacolour


Saat launching buku “Spectacolour” turut hadir Chef Nina Bertha dan Brand Manager PT Gandum Mas Kencana (GMK), Tia Harini. 

talk show buku Spectacolour

Bu Tia Harini mengungkapkan jika trend pastry sekarang ini lebih ke colourfull, warna-warni yang berani, dengan hadirnya Spectacolour book bertujuan untuk memberikan inpirasi bagi para Food creator untuk terus berinovasi, jangan takut untuk bereksperimen, mengeksplor kelebihan diri, yang terpenting adalah menjadi diri sendiri. Di buku ini juga diberikan tips dan trik, apalagi untuk tujuan berbisnis, harus menciptakan sesuatu yang baru, agar bisa menjadi trendsetter. Buku resep Colourbration dan Spectacolour bisa didapatkan secara online di Haan Official Store (Tokopedia/ Bukalapak/ JD.ID).

Chef Nina Bertha juga menceritakan tentang kebahagiaan bisa menjadi salah satu kontributor di buku ini, apalagi bisa kolaborasi dengan para Chef yang ternama. Tak lupa menceritakan awal menjalani karir sebagai Chef yang khusus di dunia baking dan pastry, Mbak Nina bercerita terjun di dunia ini karena memang kepepat, membutuhkan duit, lama-kelamaan Chef Nina menemukan kebahagiaan di bidang tersebut. Bagi yang ingin tahu resep dari Chef Nina, bisa dibaca di buku Spectacolour.

Baking demo bersama Chef Nina Bertha


Chef Nina Bertha juga memberikan baking demo yang bertema “Spectacolour”, tidak hanya menyajikan resep yang lezat, Chef Nina juga memilih dua diantara para Food creator yang hadir untuk mencoba mempercantik salah satu cake yang cantik banget tampilannya, yaitu La cascade (The Waterfall), kedua Food creator yang beruntung menunjukkan kebolehannya nih untuk menghias cake seperti waterfall atau air terjun dengan gradasi warna yang apik.

La cascade (The waterfall)


salah satu Food creator yang beruntung

Di sela-sela menuju akhir acara, MC juga melakukan games seru dan dorprize berupa buku Spectacolour dan produk-produk dari Colatta. Datang ke acara Chocotrenz Trending Demo 2019 penuh banget barang belanjaan, penuh sama ilmu dan penuh sama makanan, pulangnya langsung happy. Ketemu lagi nantinya di tahun depan dengan tema dan konsep yang lebih menarik!

Posting Komentar

0 Komentar